×


“OMONG KOSONG!”, Studio Game Ternama Angkat Bicara Atas Asumsi Grafis Sebagai Tahap Paling Awal Dalam Pengembangan Video Game!

Pasca bocornya gameplay GTA VI dari Rockstar, developer game buka suara atas kritik publik mengenai grafis dalam tahap pengembangan video game. Beberapa developer ini bergantian mengunggah cuplikan tahap pengembangan dari studio besar seperti Santa Monica dan Guerilla Games. Mereka menanggapi kritik publik yang berpendapat bahwa grafis adalah tahap awal pengembangan video game, setelah fans GTA VI merasa tidak puas dengan grafis pada cuplikan yang dibocorkan oleh hacker beberapa waktu silam.

Cian Maher jurnalis video game menanggapi asumsi publik mengenai ‘grafis sebagai tahap awal’ dengan mengunggah build awal dari Horizon Zero Dawn yang menunjukkan gameplay dari “Thunderjaw”. Gameplay yang diunggah Maher tampak fungsional meski aset-asetnya masih berbentuk blok digital. Unggahan ini merupakan rebuttal dari asumsi bahwa dalam produksi game, grafis adalah proses yang selalu merupakan pengembangan tahap awal. Maher juga turut mengunggah prototype dari game God of War (2019) yang menunjukkan bahwa grafis justru bisa lebih mudah dimodifikasi ketimbang mekanisme bermain. Pada unggahan God of War tersebut juga tampak beberapa aset yang digunakan merupakan ‘reusable assets’ yang sebelumnya pernah dipakai developer yang sama.

Selain Maher, Kevin Choteau, developer A Plague Tale: Requiem juga mengunggah build awal game tersebut. Masih dengan semangat yang sama, begitu pula developer-developer dari game Control, Afterburn, Grounded, dan masih banyak lagi. Aksi ini secara tidak langsung merupakan dukungan juga kepada Rockstar Games yang baru saja mengalami kasus peretasan terbesar di dunia game beberapa waktu terakhir.




Share this article

Rate this article



Live Chat