×

L O A D I N G

PENTINGNYA MENJAGA KEBUGARAN JASMANI DAN ROHANI ATLET ESPORTS - IESF BALI 14th WORLD ESPORTS CHAMPIONSHIP

Esports adalah cabang olahraga prestasi yang diselenggarakan dengan perangkat elektronik dan menggunakan video game. Namun demikian, tidak berarti atlet Esports tidak membutuhkan dukungan kebugaran diri yang berbeda dengan atlet olahraga lainnya. PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) kini semakin memperhatikan kebugaran serta kesehatan fisik dan mental para atlet Esports Tanah Air. Kampanye meningkatkan kesadaran atas pentingnya healthy lifestyle bagi pegiat Esports juga disuarakan dengan marak pada Indonesia Esports Summit, IESF Bali 14th World Esports Championship 2022.

FITGMR - Fitness and Wellness for Gamers and Esports Athletes, dari South California, Amerika Serikat, menjadi salah satu ahensi yang turut diundang ke IESF WEC 2022. FITGMR yang dibawahi oleh organisasi Esports CLOUD9, setiap paginya mengadakan kelas kebugaran seperti yoga dan senam yang dapat dihadiri atlet Esports di IESF WEC 2022. Mike Anderson, selaku salah satu coach kebugaran FITGMR menyatakan bahwa olahraga pagi bagi para atlet dapat meningkatkan fokus mereka. "We believe what we're doing here (yoga), will help increase the performance of (Esports) athletes that are competing in this event" ujar Mike.

David Gunawan dan Andromeda Manuputty sebagai ahli nutrisi dan mental coach dari Akademi Garudaku, turut menyalurkan informasi dan diskusi perihal pentingnya aspek kesehatan bagi gamers dan atlet Esports. Diskusi ini berlangsung di Water Stage, Kamis, 8 Desember lalu. Diskusi ini secara mendalam membahas secara rinci kebutuhan apa saja yang perlu didukung untuk menciptakan ekosistem industri game menjadi lebih sehat. David dan Andromeda yang juga merupakan gamers merasa bahwa sebelumnya masih kurang perhatian akan pentingnya gaya hidup sehat di kalangan pemain game. "Gamers itu tidak hanya butuh protein saja ya (untik sehat), mereka butuh asupan lengkap ya … bahkan lemak!" Ungkap David Gunawan. Di lain sisi, tidak hanya nutrisi sempurna yang penting untuk kesehatan, mental atau rohani pegiat game pun wajib diperhatikan. "Kalau bertemu toxic player, yang utama kita harus (punya pendirian) damai agar dapat menyaring yang toxic itu sendiri … anggap toxic itu virus, kalau daya tahan tubuh kita kuat, mental kita kuat, kita tidak terpengaruh" terang Andromeda ketika ditanya bagaimana cara menanggapi hal-hal yang toxic untuk gamers.

Semakin banyak dan semakin saksama perhatian terhadap kesehatan dan kebugaran atlet Esports, maka semakin baik pula ekosistem Esports Tanah Air. Upaya memperkenalkan gaya hidup sehat ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran pegiat game dan Esports ke depannya.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat