×

L O A D I N G

Designer-designer Indonesia dengan karya Etniknya

Selain terkenal dengan kekayaan alam serta budayanya, Indonesia juga memiliki pakaian-pakaian adat yang biasa digunakan dalam hari-hari besar ataupun acara tertentu, seperti Hari Kemerdekaan yang identik dengan kain etnik Indonesia. Dimasa sekarang kain etnik bukan lagi kain yang tidak trendy bahkan para Gen Z dan Millenials tidak segan menggunakan kebaya atau kain etnik beramai-ramai. Diikuti oleh para designer Indonesia, melihat adanya peluang dalam mengangkat kain Etnik Indonesia, mereka ikut membuat desain dengan tema tersebut dan masuk ke rancah internasional. Berikut daftar perancang busana Indonesia yang menggunakan tema etnik Indonesia:


1. ANNE AVANTIE


Seorang perancang busana tanah air yang tidak asing dan melekat dengan kata “kebaya”. Namanya terkenal di kalangan para pecinta fesyen, artis hingga pejabat dengan konsistensinya dalam merilis berbagai model kebaya, mulai dari yang bersifat tradisional, modern, anggun, mewah bahkan hingga nyentrik.

Karya-karya Anne Avantie sudah banyak dipakai oleh para artis dan pejabat, seperti Agnes Mo dalam video musiknya yang berjudul “Long As I Get Paid”, Bunga Citra Lestari, Sandra Dewi, Catriona Gray (Miss Universe 2018), serta Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019). 

Tahun ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI, Anne mendesain 17 kebaya serta busana pria yang digunakan pegawai frontline PT KAI saat fashion show dengan tema “Merdeka Indonesiaku Wastra” yang digelar di Stasiun Tawang Semarang.

Kamu sudah pernah lihat salah satu kebaya Anne Avantie?


2. BIYAN WANAATMADJA


Beraliran feminin serta bertabur kemewahan penuh bordir dan detail yang cantik dengan unsur dekoratif yang rata-rata dipengaruhi oleh budaya Indonesia. Perancang busana yang kerap disapa Biyan ini selalu berhasil menjadikan pemakainya anggun dan berkelas, maka dari itu tak heran banyak yang menyukai karyanya atau bahkan mengandalkan koleksinya untuk tampil semaksimal mungkin.

Tak hanya Raisa yang mengandalkan karya Biyan di hari pernikahannya, ada pula nama-nama besar lainnya yang mengandalkan koleksi kebaya Biyan untuk tampil maksimal, di antaranya yaitu Marsha Timothy, Kahiang Ayu, Ibu Negara Republik Indonesia Hj. Iriana Joko Widodo hingga anak dari Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump ikut mengenakan karya Biyan saat melakukan kunjungan kenegaraan.


3. DIDIET MAULANA


Didiet Maulana juga menjadi salah satu perancang kebaya terkenal di Indonesia. Designer serta founder IKAT ini mendedikasikan labelnya untuk mengikat Indonesia dalam seni tenun, busana serta pengembangan kulturnya. Konsistensinya dalam mengenalkan serta melestarikan keindahan kain tenun khas Indonesia ke publik menjadikan nama Didiet melekat dengan etnik di Indonesia.

Ia tidak hanya fokus pada kebaya serta baju pengantin, namun Didiet juga memproduksi pakaian-pakaian ready-to-wear untuk pria maupun wanita dalam labelnya IKAT. Berikut deretan nama-nama artis yang mengenakan karya Didiet; Nikita Willy, Isyana Sarasvati, Vidi Aldiano dan masih banyak nama terkenal lainnya sampai artis korea Song Kang ikut menggunakan karya IKAT dari Didiet saat melakukan kontrak iklan dengan produk Indonesia. 


4. SAPTO DJOJOKARTIKO


Sapto Djojokartiko sangat berbakat dalam membuat pola serta pattern. Ia menghasilkan banyak pattern yang sangat rapi sekaligus menjadi ciri khas karyanya yang membuatnya memenangkan penghargaan Best Pattern Maker di sekolahnya. Dalam menciptakan karyanya dalam mengapresiasi seni estetika budaya Indonesia, Sapto Djojokartiko tidak hanya mengambil dari kain tradisional namun cerita rakyat, legenda hingga arsitektur. Karyanya didominasi sentuhan warna lembut nan cerah serta potongan i-line dan a-line dengan oversize cutting juga menjadi ciri khas karya Sapto. Selain digunakan untuk prewedding, kebaya modern karya designer Indonesia yang satu ini juga sering dipakai di hari pernikahan. 


5. GHEA PANGGABEAN


Diawali dari koleksi pertamanya yang mengangkat kain lurik serta kecintaannya terhadap tekstil dan ragam motif Nusantara menjadikan label Ghea Panggabean menjadi salah satu label pakaian yang kental akan budaya Indonesia. Ia berhasil mengangkat kain tradisional menjadi pakaian yang wearable dan modern serta inovasinya akan kain jumputan yang menjadi ciri khasnya hingga disebut Ratu Jumputan. Setiap koleksi kebaya rancangan sang designer, Ghea Panggabean, tak lepas dari sentuhan indahnya motif-motif khas Tanah Air ataupun motif-motif pengaruh budaya lain seperti Cina ikut menghiasi indahnya busana karya Ghea Panggabean.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat