×

L O A D I N G

Kilau Elegansi Jakarta Fashion Week 2023

Memasuki tahun ke-15, acara Jakarta Fashion Week 2023 (JFW 2023) hadir membawa semangat reformasi fashion. Karya anak bangsa yang ditunggu-tunggu dalam Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2022 telah mencapai ujungnya.

Penampilan koleksi karya 10 finalis di panggung JFW 2023 dipilih para juri yang terdiri dari Rinaldy A. Yunardi (maestro perancang aksesori), Mardyana Ulva (editor majalah Dewi), dan Lisa Malonda (perwakilan Istituto Marangoni, pemilik Atlas Education & Representative of Istituto Marangoni in Indonesia). Para juri menilai karya-karya kreatif dengan gaya berbeda dan keunikan masing-masing dengan menitikberatkan pada pemilihan bahan dan krativitas mengolahannya dan mengutamakan aspek keberlanjutan sustainability. Mereka memilih tiga pemenang yaitu Dyandra Mairavda sebagai Juara 1 dengan karyanya berjudul “Lembang Sari”, Veronica Ajeng sebagai Juara 2 dengan karyanya berjudul “Kelingan”, dan Ratih Swastika sebagai juara 3 dengan karyanya berjudul “Prameswari”.

Diperagaan LPA 2022, hadir juga designer Jonatan Digo dengan brandnya bernama Digo Design yang sama-sama memperlihatkan sustainability. Dengan penampilkan 16 koleksi baru dari sisa bahan dan old stock fabrics yang kemudian dirancang untuk siap dipakai dengan warna-warna bernuansa tegas dan kombinasi keindahan kain-kain nusantara.

JFW 2023 yang mengusung tema “Fashion Reformation” menjadi harapan baru dan suka cita menyambut kehidupan normal kembali dalam tantangan baru yang penuh kreativitas. Ada empat merk dari Maima, NUC.ID, Ederra dan Heaven Lights yang menampilkan koleksi bertajuk “Fashion on The Next Normal”. Maima membuka show dengan koleksi modest wear yang terispirasi dari bunga-bunga musim semi dalam warna nude dan pastel manis, dengan siluet yang feminism-romantis. NUC.ID menyusul setelahnya, dengan presentasi busana pria kasual yang mengangkat tema pewayangan Mahabharata dalam gaya kekinian. Selanjutnya ada Ederra dengan pilihan busana bermotif floral dan warna-warni pastel untuk memudahkan tiap wanita untuk memadupadankan busana di berbagai acara. Sementara, Heaven Lights merancang koleksi pakaian sehari-hari yang mengangkat motif flowery yang feminine dan motif geometris yang menggunakan berbagai unsur garis, dalam siluet dengan teknik pleats yang chic, dan elegan. Koleksi keempatnya dipastikan memengaruhi tren ke depan.

Penutupan JFW 2023 di hari ketiga, menampilkan koleksi baru karya dari Nagita Slavina, Aesthetic Pleasure dan Rinda Salmun di satu runway dengan tema “The Alpha Female”. Mereka konsisten menciptakan busana-busana wanita yang dapat dikenakan untuk setiap kesempatan, dari siang hingga malam, kasual hingga formal, chic sampai yang bergaya elegansi. Koleksi Nagita Slavina melalui NAGITASLAVINA menghadirkan warna-warna cerah dengan tajuk “Paradiso” yang menghiasi resort wear bergaya minimalis yang terinspirasi dari pengalaman dan business trip Nagita ke berbagai daerah tropis. Brand lokal, Aesthetic Pleasure yang dikenal koleksinya yang serba feminin mempersembahkan simple workwear dengan cutting sederhana, namun menggambarkan rough dan chic dengan warna monokrom hitam putih. Sedangkan Rinda Salmun menunjukan koleksi bertajuk “Voyage” yang menjadi sangat berarti secara pribadi bagi designer Rinda Salmun. Rancangannya terinspirasi dari renungannya akan dampak lingkungan yang memburuk terhadap kehidupan lautan yang sudah tercemar. Koleksi dengan tema kehidupan pelaut ini dipersiapkan Rinda Salmun dari mengolah berbagai jenis limbah yang cocok untuk dijadikan pakaian, sehingga menjadikan persiapan koleksinya sebagai perjalanan berkarya.

Saksikan peragaan Jakarta Fashion Week 2023 lainnya yang diikuti 116 desainer dan 34 shows hanya di DensLifeStyle.


Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat