×

L O A D I N G

Basmati Rice, Beras Sehat Pengganti Nasi Putih

Chef Ayu Wardojo di Taste Good, sempat menjelaskan karbohidrat apa yang cocok untuk disantap dengan ikan Salmon yang ia buat di episode Perfect Salmon For Christmas. Salah satu rekomendasinya yaitu menggunakan basmati rice.

Basmati rice atau nasi basmati bila dibandingkan dengan nasi putih, ukurannya lebih panjang dan ramping. Nasi basmati berasal dari Timur Tengah dan India ini menjadi bahan dasar nasi briyani. Dimasa lalu, nasi basmati hanya dikonsumsi oleh para bangsawan, karena di produksi dan dikembangkan secara khusus sehingga tidak mampu dikonsumsi oleh rakyat.

Dibalik rasa yang lembut, nasi basmati memiliki kandungan gizi dan bermanfaat untuk kesehatan, antara lain baik untuk pengidap diabetes bila dikonsumsi dalam porsi yang sedikit, dapat menjaga kadar gula darah agar tidak cepat naik, mengurangi risiko kanker, dan mengoptimalkan kerja otak dengan mengkonsumsi 100 gram nasi basmati sama dengan setidaknya 22% mencukupi kebutuhan vitamin B1 harian.

Beras basmati mempunyai dua jenis, yaitu beras basmati putih dan cokelat. Keduanya sama-sama tidak lengket saat dimasak. Bedanya beras basmati putih lebih empuk dan rasanya lebih hambar, sedangkan beras basmati cokelat mengandung lebih banyak serat sehingga termasuk makanan sehat.

Nonton Taste Good di link ini!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat