×

L O A D I N G

The Girl Fest Special Edition International Women's Day

Menyambut International Women’s Day, The Girl Fest sukses menggelar festival bertema Girls in Real Life selama tiga hari mulai dari tanggal 3-5 Maret 2023 yang lalu. Festival yang berlangsung di taman Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat ini diselenggarakan oleh Rahasia Gadis dan RANS Entertainment.

The Girl Fest mampu menghadirkan berbagai rangkaian acara yang menarik untuk dikunjungi, seperti Beauty & Fashion Bazaar, berbagai Food Bazaar dan Game Show. Selain itu, kita juga bisa Piknik sekaligus Karaoke bareng di Live Music Performance yang dimeriahkan oleh para musisi ternama seperti Tiara Andini, Naura Ayu, Isyana Sarasvati, Nolja Gang dan masih banyak lagi yang lainnya. Eitss… Tidak sampai disitu saja, The Girl Fest juga menghadirkan sederet talkshow menarik yang relate banget di kalangan perempuan dengan menghadirkan berbagai narasumber yang hebat penuh inspiratif, seperti Nagita Slavina, Chelsea Islan, Maudy Ayunda, Chef Arnold, Luna Maya, Erina Gudono, Cinta Laura dan masih banyak lagi yang lainnya yang gak kalah menariknya.

Seperti di hari kedua pelaksanaan The Girl Fest, meskipun sempat diguyur hujan akan tetapi tidak menyurutkan antusias pengunjung untuk hadir mendengar setiap talkshow yang ada. Salah satunya sesi talkshow pada hari kedua yang mengangkat tema “Let’s Keep Your Standards High, Girls!” yang dibahas oleh Sarra Tobing dan Christie. Dalam salah satu pembahasannya mereka membicarakan bagaimana pengalaman yang mereka temukan mengenai stereotip akan laki-laki yang lebih cerdas secara emosional dibandingkan dengan perempuan. Dalam pembahasan ini Sarra Tobing menjelaskan bagaimana pandangan tersebut membuat perempuan membutuhkan usaha yang lebih keras ketika ingin memimpin suatu hal dibandingkan dengan laki-laki. Christie pun ikut membagikan pengalamannya ketika ia bekerja pada salah satu perusahaan sebelum menjadi penyanyi, Christie mendapatkan pengalaman direndahkan oleh rekan kerjanya hanya karena ia perempuan. Dalam hal ini Christie menegaskan, mungkin seringkali sebagai perempuan kita mendapat tekanan untuk selalu bersikap manis. Akan tetapi jika dalam momen tertentu kita tidak dihargai maka kita harus berani untuk membela diri kita sendiri dengan tegas.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow yang mengangkat tema “Can We Things The Same?” yang dibahas oleh Cinta Laura dan juga Chef Arnold. Melalui talkshow ini mereka memainkan game agree or disagree untuk menyampaikan pendapat mereka akan setiap topik yang diangkat.

Dalam permainan ini Cinta Laura menjelaskan, “Hari ini kita ingin menunjukkan, walaupun cowo dan cewe ada perbedaan kita sebenarnya banyak kesamaan biar kita semua punya potensi untuk menjadi sosok yang kita inginkan. Jadi harusnya kita saling support bukan saling menuduh, bukan saling menyudutkan karena jika kita ingin sukses dan ingin negara kita lebih maju kita harus kerja sama.

Pada sesi ini banyak sekali saran dan masukan yang diberikan oleh Cinta dan Chef Arnold, meskipun terkadang sering kali banyak perbedaan pendapat diantara mereka. Akan tetapi satu pesan yang ingin mereka sampaikan kepada kita, kalau kita bisa mencapai apapun yang kalian inginkan baik kalian laki-laki atau perempuan karena kita semua layak memiliki kesempatan yang sama.

Menurut Chef Arnold, “Kita harus memiliki kesamaan bagaimana perasaan itu tidak mengenal Gender.

Untuk sesi talkshow ketiga yang akan dibahas oleh Maudy Ayunda ini mengangkat tema “5 Things I Wish I Knew In My Early 20s”. Sesi ini banyak sekali menjelaskan terkait hal-hal yang harus diketahui oleh seorang yang berumur 20 tahun. Maudy pun menjelaskan terkait hal tersebut mulai dari rasa percaya diri yang timbul ketika kita berani untuk melangkah dalam setiap kesempatan yang ada, jangan takut untuk menolak tawaran dari orang lain, mempunyai teman dekat yang bisa support kita, mau menerima kondisi ketika mengalami ketidakpastian dalam hidup atau quarter life crisis hingga menanamkan mindset yang mau belajar dari kesalahan. Adapun quote yang Maudy berikan pada sesi ini yang mungkin bisa menjadi pengingat untuk kita kedepannya, “Surround yourself with the dreamers and the doers, the believers and thinkers, but most of all, surround yourself with those who see greatness within you even when you don't see it yourself."

Selanjutnya, dalam sesi talkshow terakhir yang dibahas oleh Erina Gudono dan Chelsea Islan mengangkat tema “What’s Next After Marriage?”. Sesi ini mungkin akan relate untuk setiap orang yang mungkin sering kali diberikan pertanyaan terkait kapan harus menikah. Dalam hal ini keduanya memberi tanggapan bagaimana diri kita bisa memberikan penjelasan pelan-pelan kepada orang terdekat kita karena sebelum menjalani pernikahan kita harus yakin terlebih dahulu tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak lain dan kita akan mengetahui kalau kita siap ketika kita telah menemukan pasangan yang tepat.

Pastinya ada mimpi masing-masing dan kedepannya masih menjalani hidup sebelum menikah. Jadi menikah lebih dari sekedar komitmen.”, jelas Chelsea

Dalam pernikahan yang jalani mungkin akan ada ketakutan yang kita rasakan tetapi selama kita percaya dengan diri kita dan saling support satu sama lain semuanya pasti dapat terlewati. Selain itu, mereka juga turut membagikan rencana yang mereka miliki setelah menikah.

Erina mengatakan, “Jadi aku pengen setelah menikah aku bisa banyak belajar seperti belajar mengenal pasanganku lagi, belajar mengenal problem solving dalam rumah tangga dan rencana studi lebih lanjut. Harapannya ketika sudah dikaruniakan anak pun, anakku banyak belajar baik dari ibunya ataupun sekolahnya.

Tidak sampai disitu saja, acara ini dilanjutkan dengan penampilan mengesankan dari V1RST dan UN1TY yang kemudian ditutup dengan penampilan Nolja Gang yang menambah keseruan dari festival ini.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat