×

L O A D I N G

Inilah Sederet Musisi Jazz Yang Paling Berpengaruh

Pada tahun 2011, United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi menetapkan tanggal 30 April sebagai Hari Jazz Internasional. Peringatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam komunitas internasional akan manfaat positif musik jazz sebagai sarana dalam keragaman ekspresi budaya. Musik jazz sendiri merupakan salah satu aliran musik yang awalnya terbentuk dalam komunitas Afrika-Amerika di kota New Orleans pada abad ke-20. Aliran musik ini dipengaruhi oleh struktur musik blues dan musik ragtime yang dikembangkan oleh Buddy Bolden pada zaman itu. Sepanjang perkembangannya, banyak tokoh yang terlibat dan memiliki peran penting dalam perkembangan musik jazz.


Seperti halnya Louis Armstrong, pria yang tumbuh besar di New Orleans ini merupakan salah satu musisi yang berhasil melakukan improvisasi gaya musik jazz melalui permainan not-not tinggi yang impresif bagi para peniup cornet. Hal ini membuat Louis Armstrong dikenal sebagai sang pionir aliran musik swing yang kemudian menjadi dasar musik jazz dan R&B. Melalui musik jazz, Louis sukses melahirkan lagu populer “What a Wonderful World” yang tidak lekang oleh zaman. Bahkan ia berhasil mendobrak batasan warna kulit yang masih jadi isu sensitif di masa itu dengan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang membawakan acara radio.


Selain itu, terdapat juga Miles Davis yang mempelopori munculnya aliran musik hard bop. Miles Davis merupakan seorang musisi yang tanpa henti menciptakan inovasi baru dalam gaya musik jazz. Dalam inovasinya Davis kembali berhasil mempelopori munculnya era jazz-rock dan fusion. Tidak hanya itu saja, albumnya “Kind of Blue” juga berhasil menjadi album terlaris yang disukai oleh banyak orang, baik itu penggemar musik jazz maupun yang bukan. Hal ini tentu membuat musik jazz semakin dikenal oleh banyak orang.


Kemudian dilanjutkan oleh Charlie Parker yang dikenal sebagai salah satu musisi jazz legendaris berkat kemampuannya dalam memainkan saksofon. Sebagai pemain saksofon dan komposer, pengaruh Charlie Parker terhadap musik jazz sangatlah besar. Mengingat inovasinya yang senantiasa hadir dalam mengembangkan musik jazz hingga melahirkan aliran jazz bebop dengan gaya permainan yang cenderung cepat dan rumit.


Di indonesia sendiri perkembangan musik jazz tidak lepas dari pengaruh pianis dan komposer Bubi Chen. Dengan kemampuannya dalam mengaransemen dan berimprovisasi, Bubi sukses menghasilkan karakter yang kuat pada setiap karyanya. Salah satu karyanya yang berjudul “Virtuoso” bahkan menawarkan komposisi lounge-jazz yang memikat banyak orang. Keberhasilannya dalam musik jazz menjadikan Bubi Chen masuk dalam jajaran 10 pianis jazz berpengaruh di dunia versi majalah Down Beat AS, bersanding dengan pianis hebat lainnya.


Tidak hanya itu saja, Jack Lesmana dan Benny Likumahuwa pun turut terlibat dalam perkembangan jazz di Indonesia berkat keterampilannya dalam musik jazz. Mulai dari kolaborasi Jack Lesmana bersama seorang peniup clarinet jazz AS, Tony Scott, pada album “Djanger” yang disebut sebagai salah satu album jazz terbaik Indonesia. Hingga Benny Likumahuwa yang mendirikan sekolah musik guna mengajarkan teori musik jazz yang berhasil mencetak lulusan musisi jazz terkenal lainnya.


Di samping itu semua, masih banyak tokoh lainnya yang turut andil berperan dalam perkembangannya, sehingga musik jazz dapat dengan mudah dinikmati oleh semua orang melalui berbagai pertunjukan musik. Salah satunya seperti pertunjukan musik Java Jazz Festival yang akan digelar pada tanggal 2-4 Juni 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Kamu juga bisa menikmati alunan musik jazz setiap hari Minggu di DensShowBiz lho!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat