×

L O A D I N G

Baklava

By: The Cooking Foodie

Bahan :

24 lembar puff pastry / phyllo


225 g kenari


225 g kacang pistachio


200 g mentega. Lelehkan


1 1/2 sdt bubuk kayu manis


Bahan untuk sirup:

250 g gula


90 g madu


2 sdm jus lemon


1 1/2 sdt air mawar


1 gelas air mineral


Source : bit.ly/BaklavaTurki

Cara Memasak :

  1. Untuk isi Baklava, masukan kacang pistachio, kenari, dan bubuk kayu manis ke dalam mixer
  2. Untuk membuat sirup, masukan gula, air mineral, madu, air mawar, dan perasan lemon. Panaskan hingga mendidih. Agar gula larut, panaskan hingga 4-5 menit. Kemudian biarkan sirup dingin di suhu ruangan.
  3. Potong tumpukan lembar puff pastry sesuai dengan ukuran loyang kaca. Agar lembar puff pastry tidak kering, tutup dengan kain basah.
  4. Panaskan mentega, untuk disemirkan ke bagian bawah loyang kaca. Letakkan 1 lembar puff pastry. Oleskan kembali mentega di atas lembar puff pastry, baru letakkan 1 lembar puff pastry di atasnya. Ulangi hingga 8 lapis. Taburkan isi Baklava yang sudah di mixer tadi secara merata. Letakkan 1 lembar puff pastry di atasnya. Oleskan kembali mentega. Setiap meletakkan lembar puff pastry selalu oleskan mentega terlebih dahulu baru letakkan lembar puff pastry berikutnya. Ulangi ini hingga 6 lapis. Tabur isi Baklava secara merata. Lapisi dengan 8 lembar puff pastry.
  5. Potong diagonal atau kotak. Panggang dengan suhu 175oC (350oF) selama 35-40 menit hingga Baklava terlihat keemasan dan gurih. Setelah dikeluarkan dari oven, langsung siramkan sirup secara merata. Biarkan gula meresap selama 6 jam atau semalaman di luar ruangan, sebelum disantap.
Download PDF


Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat