×

L O A D I N G

FAZE UP? MORE LIKE FAZE DOWN.

Faze Clan merupakan salah satu nama paling terkenal di dunia Esports dan organisasi gaming yang ada di dunia. Dengan daftar nama dari mulai para artis, atlet olahraga terkenal, dan para selebriti memenuhi daftar anggotanya selain dari para gamers, organisasi ini memiliki fanbase lebih dari 500 juta orang dan telah membawa pulang berbagai macam piala dari berbagai macam lomba dan berbagai macam game. Ternyata di balik kesuksesan itu semua, organisasi ini mulai menuju akhir dari eranya. Mari simak kenapa.


Mereka telah melakukan banyak kesepakatan bisnis untuk membangun merek mereka, seperti menandatangani selebriti ke dalam organisasi, tampil di sampul Sports Illustrated, atau mengadakan pesta di markas besar mereka di Los Angeles. Namun, biaya untuk kesepakatan ini sangat mahal, seperti ketika mereka membayar Snoop Dogg sebesar $1,9 juta dalam saham, tempat di dewan direksi perusahaan, serta saham senilai $248.000 untuk putranya dan perusahaan yang dikendalikan oleh pasangannya dan manajernya.


Namun, beberapa anggota FaZe Clan telah mengkritik organisasi tersebut karena dianggap tidak lagi peduli pada para pembuat konten mereka. FaZe Rain mengklaim bahwa organisasi tersebut mengeksploitasi para pembuat konten mereka dan tidak membayar mereka dari kesepakatan merek yang mereka lakukan. Rain mengatakan bahwa ia tidak menerima satu dolar pun dari kesepakatan merek dan masih berhutang uang. Ia juga mengklaim bahwa bos FaZe Clan memeras merek dan penggemar mereka, yang mengira mereka mendukung pembuat konten favorit mereka, tetapi para pembuat konten tersebut tidak melihat keuntungan apapun.


Setelah Rain memposting video yang mengungkapkan praktik FaZe Clan, harga saham mereka turun secara signifikan, bahkan di bawah $1. Selain itu, pada 22 November, Ashtronova mengungkapkan bahwa ia telah mengalami pelecehan seksual oleh anggota FaZe Clan bernama Mew. Mew telah dikeluarkan dari Faze Clan dan ditangguhkan tanpa batas waktu selama investigasi atas tuduhan tersebut.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat