×

L O A D I N G

REVIEW GAME METAL SLUG: AWAKENING

INTRO

Metal Slug adalah rangkaian permainan arkade asal Jepang oleh Nazca Corporation sebelum bergabung dengan SNK pada tahun 1996.

Awalnya, Metal Slug dibuat untuk konsol Neo-Geo (MVS) dan Neo-Geo (AES). Permainan aslinya telah ditingkatkan untuk versi mobile dan konsol lain selama bertahun-tahun. Berbagai perangkat lain juga memiliki beberapa permainan Metal Slug untuk dimainkan.

Pengembang dan penerbit game asal Vietnam, VNG Game Studios resmi meluncurkan game "Metal Slug Awakening" untuk perangkat iOS dan Android pada Selasa (22/8/2023).

Game ini dapat dinikmati secara gratis (free-to-play), tetapi pemain bisa membeli item tertentu di dalam game (microtransactions).

Seperti namanya, "Metal Slug Awakening" mengadaptasi waralaba (franchise) legendaris di konsol PlayStation 1 (PS1), yaitu "Metal Slug".

Permainan ini mengusung mekanisme gameplay "run n gun", yang mana pemain bakal terus bergerak dan menembaki musuh. KompasTekno merangkum panduan singkat bagi Anda yang ingin main "Metal Slug Awakening".

SPESIFIKASI MINIMAL BERMAIN METAL SLUG AWAKENING

Spesifikasi Metal Slug: Awakening iOS:

iPhone 6S atau terbaru

Versi iOS 10.0 atau lebih tinggi

Spesifikasi Metal Slug: Awakening Android:

Rekomendasi:

Versi Android: Android 8.0 atau lebih tinggi

CPU: Qualcomm 778G/ MediaTek Dimensity 1000+/ Kirin 990 atau lebih tinggi

Minimum: Versi Android: Android 6.0 atau lebih tinggi

CPU: Qualcomm 439/ MediaTek MT6765/ Kirin 665 atau lebih tinggi

Informasi tambahan spesifikasi Metal Slug: Awakening di HP Android adalah RAM minimal 3 GB atau lebih tinggi untuk memastikan pengalaman bermain yang stabil.

GAMEPLAY

Setelah proses download selesain, langkah berikutnya adalah membuka game itu. Pemain mesti memiliki koneksi internet untuk bisa memainkan "Metal Slug Awakening".

Pemain dapat melakukan proses login secara instan, dengan menggunakan akun Facebook atau Google atau apple id. Berikutnya, baca ketentuan privasi game tersebut kemudian ketuk konfirmasi bahwa pemain sudah membaca ketentuan itu.

Server akan dipilih secara otomatis, tetapi pemain bisa menggantinya dengan mengetuk tombol dua garis di sebelah kanan rincian server. Karena berada di Indonesia, pengguna bermain di server Asia Tenggara (SEA).

Pemain bisa memilih server wilayah lain asalkan server tersebut masih memiliki kuota yang cukup. Namun, perlu diingat, semakin jauh wilayah server yang dipilih maka dibutuhkan koneksi internet yang lebih baik.

Perlu diketahui bahwa pemain tidak bisa menikmati mode multiplayer dalam game ini bersama gamers dari wilayah (region) yang berbeda.

Setelah proses registrasi selesai, langkah berikutnya adalah menekan tombol "Tap to Start" untuk memulai permainan.

Ada beberapa hero yang bisa dimainkan dalam game Metal Slug: Awakening ini dan memiliki karakteristik masing-masing. diantaranya adalah :

HERO

1.MARCO

2.ERI

3.TARMA

4.FIO

selain hero, ada juga senjata yang bisa kamu pilih. dengan atk power, load ammo, dps multiplier dan range yang berbeda kalian bisa mencocokan senjata dengan playstyle kalian sendiri, jenis senjatanya adalah:

SENJATA

1.RAGEWING

2.SKY RIPPER

3.MOLTOR

4.STAR SLAYER

5.ECIPSE

6.ICEBBOUND DEITY

7.HOWLER

8.PEACE SLAMMER

9.BLADE SAW LAUNCHER

lalu ada juga kendaraan, kendaraan ini bisa kalian pakai di semua stage dan juga kendaraan yang tersedia cukup bikin semangat kalian main game ini lebih dari biasanya, jenis kendaraannya adalah :

KENDARAAN

1. METAL SLUG

2. DRILL SLUG

3. HEAVY MECHA

4. SONIC ALPACA

5. METAL EXPRESS

6. SV-CAMEL

di game metal slug: awakening ini juga ada beberapa fitur utama seperti :

1. MAP BERVARIASI DAN STAGE MENANTANG

2. GAMEPLAY KLASIK SUPER ASIK

3. BERBAGAI CARA MENYELESAIKAN MISI

4. UNTUK 1 STAGE HANYA MEMBUTUHKAN WAKTU 2 MENIT

5. ANEKA KENDARAAN KUAT YANG TAK TERKALAHKAN

Dimulai dari tutorial

Pada awal permainan, pemain langsung disuguhkan tutorial lewat mode "World Adventure". Mode cerita singleplayer ini terbagi menjadi beberapa misi yang diakhiri dengan bertempur melawan boss.

Misi awal ini digunakan sebagai tutorial. Tutorial ini tidak bisa di-skip, dan harus dimainkan untuk membuka mode lain dan lobi multiplayer.

Dalam tutorial ini, pengguna bisa memilih apakah ingin menggunakan mode kontrol "Auto Aim" atau "Manual Aim".

"Auto Aim" memungkinkan pengguna untuk menembak ke arah musuh secara otomatis, sedangkan "Manual Aim" memberikan pengalaman yang lebih menantang karena pemain harus mengincar musuh secara manual. Mode kontrol ini bisa diubah lagi lewat pengaturan.

Adapun layout kontrol ini dibagi menjadi dua. Pada bagian kiri, terdapat tombol analog untuk berjalan ke depan, ke belakang, dan berjongkok.

Sementara itu pada bagian kanan, terdapat tombol untuk menembak. Pengguna bisa menarik tombol ini untuk melakukan aim secara manual.

Tombol-tombol lainnya mencakup tombol lompat (ketuk dua kali untuk double jump), tombol skill, ultimate, item, dan tombol mengganti karakter.

Nah, di game "Metal Slug Awakening" ini, pemain bisa menyalakan "ulti" melalui tombol yang tersedia. Nantinya, karakter akan mendapatkan kekuatan, kecepatan, serta damage yang lebih besar.

Biasanya ulti ini digunakan saat melawan musuh yang sulit dikalahkan atau ketika dalam kondisi terdesak.

Hanya ada beberapa tombol yang muncul di awal tutorial, sedangkan tombol lainnya akan diperkenalkan seiring berjalannya waktu.

Nah sepanjang permainan, pemain bakal berjalan terus ke kanan dan menumpaskan semua musuh, sekaligus menyelamatkan sandera. Begitu diselamatkan, sandera akan memberi hadiah senjata atau item healing yang hanya bisa digunakan di misi tersebut.

Tugas pemain adalah mengalahkan boss di setiap misi pada waktu yang ditentukan. Setiap boss memiliki darah yang tebal dan kemampuan (skill) yang unik.

Begitu mengalahkan bos, pemain bakal mendapatkan experience (EXP) untuk naik level, sejumlah item seperti "Token", "Fragment", "Military Card", dan koin. Level ini diperlukan untuk membuka mode lainnya.

Sepanjang permainan "Metal Slug Awakening", pemain akan mendapatkan berbagai karakter dan senjata yang unik. Ketiga hal ini bisa diperoleh dengan mengumpulkan "Token" untuk karakter, atau "Fragment" untuk senjata.

Token ini didapatkan dengan mengerjakan misi atau lewat sistem undian atau gacha yang dinamai "Treasure Dig". "Treasure Dig" dibagi menjadi "Character Dig" untuk mendapatkan karakter, "Weapon Dig" untuk senjata, dan "Custom Treasure Dig" untuk item kustom.

"Treasure Dig" bisa didapatkan dengan mengerjakan berbagai misi dalam game, atau melakukan pembelian dengan mata uang game tersebut, Sapphire dan Ruby.

Dalam "Treasure Dig", terdapat berbagai item yang dibagi berdasarkan tingkat kelangkaannya, misalnya "Common", "Excellent", "Rare", "Epic", dan yang paling bagus, "Legendary".

Untuk "Weapon Dig", pengguna dipastikan akan mendapatkan senjata "Rare" setiap 30 kali melakukan "dig", dan senjata "Epic" setiap 90 kali melakukan "dig". Di sisi lain, "Character Dig" menjamin karakter "Rare" setiap 60 kali melakukan "dig".

Berdasarkan pengalaman DensPlay, kami baru bisa mengakses lobi multiplayer setelah mencapai level 7 dan mengalahkan boss Konga di level 2-3. Perkiraannya, kami membutuhkan kurang lebih 2 hingga 3 jam untuk membuka lobi tersebut.

Nah ketika sudah membuka akses lobi, pengguna bakal bertemu dengan banyak pemain lainnya. Pengguna bisa berbincang dengan mengetuk tombol chat di bagian tengah bawa.

Ketuk karakter pengguna lain untuk menambah mereka sebagai teman. Alternatifnya, ketuk "Friends" di bagian kiri layar, pilih "Add Friends", dan tulis ID atau nama pemain tersebut. ID berupa nomor bisa dilihat di bagian kiri bawah layar ponsel.

Terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan pengguna di lobi ini. Selain bersosialisai dengan pengguna lain, pemain bisa melirik toko "Store" untuk melihat berbagai item yang dijual "Metal Slug Awakening".

Kemudian ada pula "Event" yang mencakup daftar event di game side-scroller tersebut, termasuk event login harian yang memberikan berbagai item kepada pengguna.

Selain itu, ada menu "Game Launch Celebration" yang memungkinkan gamers untuk mengerjakan berbagai misi untuk mendapatkan hadiah.

Pengguna bisa mengakses "Training Plan" untuk melihat misi-misi utama yang bisa dikerjakan dan "Game Modes" untuk mengakses berbagai mode di "Metal Slug Awakening".

Terdapat juga "Leaderboard" untuk melihat pemain terbaik di game tersebut, dan "Treasure Dig" untuk mengikuti undian karakter serta senjata.

Selain mode cerita "World Adventure", pemain juga bisa menjajal mode permainan lainnya yang dibagi menjadi "Daily", "Challenge", dan "Club Mode".

Ada enam mode "Daily" yang bisa dinikmati pengguna, yaitu "Arcade Carnival", "Hot Pursuit", "The Maze", "Joint Operation", "Ultimate Arena", dan "Prime Showdown". Setiap mode ini baru bisa dibuka setelah pemain mencapai level tertentu.

Salah satu mode yang menarik adalah "Joint Operation", karena bisa dimainkan oleh tiga pemain secara online. Dalam mode ini, pemain bisa menentukan peran masing-masing dalam misi.

Peran tersebut dibagi menjadi ofensif yang akan melakukan serangan, healer untuk menyembuhkan rekan, dan defensif untuk melindungi party.

Perlu dicatat, pemain harus meraih level 12 terlebih dahulu jika ingin menikmati mode "Joint Operation".

Selanjutnya, mode "Challenge" mencakup "Djinn Range", sedangkan "Club Mode" terdiri dari mode "Frenzy Showdown" dan "Shootout Challenge".

Untuk sejumlah mode di atas, pemain memerlukan stamina. Stamina bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang diperoleh dari misi, atau menggunakan mata uang Sapphire.

VISUAL

Untuk segi visual tidak perlu dikasih tau lagi karena memang di metal slug: awakening terbaru ini sudah sangat improve dari game metal slug pada awal mula game ini keluar. permainan dengan gaya klasik dan nostalgia masa lalu bisa jadi referensi game yang bisa kalian mainkan.

KELEBIHAN

walaupun ini game yang sudah ada sejak lama, namun untuk game metal slug: awakening ini banyak banget yang berubah dan juga fitur fitur yang disajikan bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. diantaranya:

Hero Lawas Metal Slug Comeback

Senjata Yang Lebih Inovatif

Fitur Kontrol Khas Game Arcade

Mode PvP Terbaru

Mode Hot Pursuit Terbaru

dan beberapa fitur yang bisa kalian lihat saat bermain game metal slug: awakening ini

KEKURANGAN

untuk kekurangan di game metal slug awakening ini hampir tidak ada, walaupun gamenya free to play, tapi kalian juga harus mengeluarkan duit agar bisa memperbagus karakter yang kalian mainkan. dan kalian harus fokus untuk menggerakan karakternya karena tidak bisa auto menggerakkannya.

KESIMPULAN

tentu berbeda dengan game metal slug pada awal mula game ini keluar dan juga banyak fitur yang lebih lengkap yang bisa melepas rasa kangen pada game di tahun 2000an ini. tak hanya itu, metal slug: awakening ini sudah bisa berinteraksi dengan player lain, membuat player yang main tidak akan bosen karena tentu dia bisa berinteraksi satu sama lain dengan dungeon bareng atau bergabung di clan yang sama. udah lengkap banget yang tersedia di game metal slug: awakening ini. untuk rating, game metal slug awakening ini diangka 8/10 karena memang sebagus dan se nostalgia itu. so kalo kalian ada saran game apa aja next yang bakal dimainin, komen dibawah juga ya dan jangan lupa follow sosmed kita di @densplay.channel untuk seputar keseruan keseruan seputar game dan esports lainnya, gw mooiii pamit babayy.




Share this article

Rate this article



Live Chat