×

L O A D I N G

AKADEMI GARUDAKU KOLABORASI DENGAN US CONSULATE UNTUK KEMBANGKAN ESPORTS INDONESIA

Pada tanggal 29 Agustus 2023, terjadi kolaborasi antara Konsulat Amerika Serikat dengan Akademi Garudaku, yang diinisiasi oleh NASEF atau Network of Academic and Scholastic Esports Federations, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2018 dengan tujuan memberdayakan siswa melalui esports. NASEF menyediakan program pendidikan, kompetisi, dan beasiswa terkait esports untuk siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi di seluruh Amerika Serikat.

Kerjasama ini akan melibatkan pengembangan dan kolaborasi esports di Indonesia, khususnya di 9 American Corner atau kampus di Indonesia. Kerjasama ini dimulai setelah pembicaraan dan komunikasi yang berlangsung saat World Cup Esports di Bali pada tahun 2022, sebuah acara yang ternyata membuka peluang pengembangan esports lebih lanjut di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, Robertus Aditya Pratomo Putro S.Sos., M.H., M.Ikom., C.Ht., sebagai Kepala Akademi Garudaku, mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program Sports Visitor 2024, yaitu kunjungan studi ke dunia olahraga di Amerika Serikat, khususnya di Los Angeles dan Washington.

Program yang diberi judul Sports Visitor Program 2024 bertujuan membantu organisasi olahraga di Indonesia untuk mengembangkan kerjasama strategis dengan pihak terkait di Amerika Serikat dalam hal organisasi, manajemen, serta pembuatan liga olahraga dari skala amatir hingga universitas. Fokus utama dari perjalanan Akademi Garudaku dalam program ini adalah olahraga elektronik.

Diharapkan bahwa dengan kunjungan dan kolaborasi bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat, pengembangan komunitas dan ekosistem esports dapat berkembang lebih pesat. Selain itu, diharapkan juga adanya event esports yang positif dan edukatif sebagai upaya pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Robertus Aditya Pratomo Putro S.Sos., M.H., M.Ikom., C.Ht., selaku Kepala Akademi Garudaku, menyatakan, "Kolaborasi ini, jika berhasil, diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengembangan esports di Indonesia dan dapat menjadi sarana pertukaran budaya dan teknologi, bahkan membuka peluang bagi bakat Indonesia untuk berkarir di Amerika Serikat dan sebaliknya. Semoga ini menjadi langkah awal untuk program jangka panjang lainnya yang melibatkan Indonesia dan Amerika, serta menjadi patokan untuk kolaborasi dengan negara-negara lain terkait esports di masa depan."

Jika teman-teman ingin berdiskusi perihal ini, Anda bisa langsung tinggalkan komentar di bawah ini atau join ke http://www.dens.tv/densplay# di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat