×

L O A D I N G

5 GAME MODES DI MINECRAFT, MODE MANA YANG COCOK BUAT KAMU?

Minecraft menjadi salah satu game yang sangat populer karena game ini dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Minecraft adalah game sandbox yang dikembangkan oleh developer asal Swedia, Mojang Studios. Dalam game ini, pemain akan diarahkan untuk menjelajahi dunia 3D yang dibuat berbentuk kotak-kotak, berpiksel dengan medan virtual yang hampir tak terbatas. Game ini memiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia.

Sebagai salah satu game terpopuler, Minecraft memiliki beberapa game modes yang bisa dimainkan. Masing-masing permainan mode memiliki aturan dan tujuan yang berbeda-beda. Pemain bisa memilih game modes sesuai dengan keinginan. Minecraft memiliki total lima mode permainan yang dapat diakses yang terdiri dari survival mode, creative mode, adventure mode, spectator mode dan hardcover mode.

Survival Mode

Sebagian besar pemain pasti familiar dengan survival mode karena game mode ini dianggap sebagai mode utama dalam game Minecraft. Survival mode mengusung konsep bertahan hidup dan mengumpulkan sumber daya untuk membuat perlengkapan dan senjata. Dalam survival mode, pemain dapat menerima kerusakan dan mati. Pemain harus memperoleh sumber daya dengan cara mengumpulkannya. Selain itu, untuk mengumpulkan sumber daya ini, pemain memerlukan alat yang tepat dan setiap blok memerlukan waktu untuk dipanen.

Survival mode hadir dalam beberapa tantangan yang berbeda, seperti monster maupun cuaca buruk. Tujuan dari survival mode adalah untuk bertahan dan berkembang. Pemain muncul tanpa apa-apa dan harus membuat peralatan, memperoleh bahan dan membangun tempat berlindung.

Creative Mode

Creative mode di Minecraft memberi kebebasan penuh kepada para player dalam membuat dan merancang bangunan serta lingkungan. Dalam game mode ini, player memiliki sumber daya yang tidak terbatas. Pemain dapat menjangkau lebih jauh dalam menempatkan dan memecahkan balok. Pemain juga dapat memecahkan balok di mana pun hanya dengan memukulnya sekali.

Selain itu, player juga dapat terbang dengan bebas serta memiliki akses tak terbatas hampir ke setiap blok dan item dalam game. Di mode ini, player tidak perlu mengkhawatirkan ancaman dari monster atau keterbatasan sumber daya. Sebab, creative mode memberikan player kesempatan eksplorasi kreativitas tanpa batas. Hal ini menjadikan creative mode sebagai mode sempurna untuk membangun dan bereksperimen.

Adventure Mode

Seiring berkembangnya Minecraft selama bertahun-tahun, komunitas di sekitarnya juga berkembang hingga melahirkan berbagai peta petualangan. Untuk mendukung peta petualangan ini, Adventure Mode telah diterapkan ke dalam game, yang secara signifikan membatasi cara pemain berinteraksi dengan dunia di Minecraft.

Pemain tidak bisa membangun atau memecahkan sembarang balok seperti di survival mode atau creative mode. Saat berada dalam mode ini, pemain harus mematuhi batas peta petualangan dan tidak merusak peta. Beberapa objek, seperti tuas, tombol, dan peti masih dapat digunakan, namun tidak semua balok dapat dihancurkan. Adventure mode dapat diakses melalui perintah game mode adventure.

Spectator Mode

Dalam game Minecraft jika kamu hanya ingin mengamati saja, spectator mode adalah pilihan yang tepat. Spectator mode adalah mode permainan yang memungkinkan pemain untuk menjadi pengamat atau penonton saja di Minecraft. Dalam spectator mode, pemain tidak memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan game world atau mengubah objek dalam permainan. Tapi, pemain dapat terbang dan menembus balok. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat dunia atau proyek yang sedang player lain kerjakan dari perspektif baru sebagai penonton.

Tujuan dari spectator mode adalah untuk memungkinkan pemain untuk menonton permainan dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, player dapat melihat progres permainan di dalam game mode menggunakan spectator mode.

Hardcore Mode

Hardcore mode merupakan game modes pada tingkat kesulitan tertinggi pada permainan Minecraft. Mode ini mencegah pemain untuk muncul kembali setelah mereka mati. Sistem permainan di hardcore mode pada dasarnya sama seperti mode survival. Namun, level yang dihadapi lebih sulit dari mode survival biasanya.

Apabila player mati di mode ini, player tidak punya akses lagi ke game world yang ada dan harus menghapusnya secara manual. Mode ini diperuntukkan untuk player yang mencari challenge yang mendebarkan dan menantang.

Itulah tadi kelima game modes yang ada dalam game Minecraft. Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat