×

L O A D I N G

Wayang, Kesenian Yang Harus Tetap Dilestarikan!

Indonesia memiliki banyak ragam kesenian yang tersebar di seluruh daerah salah satunya yaitu wayang yang saat ini keberadaannya hampir tenggelam karena perkembangan zaman. Kita sebagai warga negara Indonesia harus ikut serta melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia yang menjadi aset budaya nasional ini.

Bahkan pemerintah Indonesia telah menetapkan Hari Wayang Nasional setiap tanggal 7 November sebagai momentum untuk menyadarkan masyarakat Indonesia dalam kecintaan, persatuan, mengembangkan dan melestarikan wayang dalam rangka untuk mewujudkan kebudayaan nasional yang modern. Untuk merayakan Hari Wayang Nasional sekaligus ikut serta melestarikannya, kamu bisa melakukan kegiatan berikut ini.

Menyaksikan Pagelaran Wayang

Pagelaran wayang bisa kamu temukan di berbagai acara seperti pentas kesenian atau hajatan. Saat menyaksikan pagelaran wayang kamu bisa mendapatkan pengalaman dengan mendengarkan cerita dari dalang menggunakan wayang dan dipadukan iringan musik tradisional yang selaras.

Berkunjung Ke Museum Tentang Wayang

Berkunjung ke museum tentang wayang bisa membuat kamu mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Di dalam museum kamu bisa melihat berbagai macam jenis wayang dari seluruh wilayah Indonesia yang jarang ditemui mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang orang, wayang beber, wayang potehi, dll.

Mengenalkan Kisah Pewayangan Pada Anak-Anak


Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus mengetahui sejarah dan budaya salah satunya kesenian wayang. Cara mengenalkan wayang pada anak-anak yaitu dengan menceritakan kisah pewayangan seperti cerita Rahwana, Shinta, Rama, Punakawan, dll.

Dengan mengikuti ketiga kegiatan di atas kamu sudah ikut serta melestarikan kesenian wayang. Selain itu wayang juga telah masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul "The Wayang Puppet Theater" tertanggal 4 November 2008.

Cari tahu lebih lengkap tentang sejarah, jenis-jenis hingga cara pembuatan wayang di DensLearning&Knowledge yang tayang di Hari Wayang Nasional tentunya hanya ada di Dens.TV.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat