×

L O A D I N G

Pertama Kali Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya berhasil mencetak sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia yang berlangsung di Qatar.

Oman tak beranjak dari posisi kelima klasemen mini peringkat tiga terbaik setelah hanya mengumpulkan 2 poin dengan selisih gol -1 dan cukup membuat timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar seusai bertahan di peringkat keempat klasemen mini. 

Timnas Indonesia mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan melawan Vietnam, Irak, dan Jepang. Sedangkan Oman hanya punya dua poin. Berkat Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1 pada laga terakhir Grup F Piala Asia 2023, timnas Indonesia lolos bersama tiga tim peringkat ketiga terbaik lainnya yakni Yordania, Palestina, dan Suriah.

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia

Pencapaian ke babak 16 besar menjadi yang pertama kali bagi timnas Indonesia setelah empat keikutsertaan sebelumnya di edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007

Selain itu, catatan sejarah juga kepada pelatih Shin-Tae-yong setelah sebelumnya ia menjadi satu-satunya pelatih yang mengantarkan tiga timnas Indonesia, U-20, U-23 dan senior ke putaran final Piala Asia.

Menurut pelatih timnas Indonesia, Shin-Tae-yong, bahwa level permainan timnas Indonesia di pertandingan Piala Asia 2023 Qatar tidak mencerminkan peringkat ranking FIFA. Indonesia saat ini menempati peringkat 146 dunia FIFA edisi terakhir per 21 Desember 2023. Peringkat ranking FIFA Indonesia adalah peringkat dua terendah dari 24 tim yang berlaga di Piala Asia 2023 bersama Hong Kong yang ada di peringkat 150 dunia.

Di babak 16 besar Piala Asia 2023, timnas akan berhadapan dengan Australia. Kedua tim ini akan bertemu kembali setelah terakhir bermain di kualifikasi Piala Asia di Brisbane 2010. Menurut media asing, Australian Associated Press (APP), Indonesia bisa menjadi lawan yang cukup menantang bagi Socceroos, julukan timnas Australia. Terlebih timnas Indonesia mampu menaklukan Vietnam yang merupakan salah satu tim terkuat di Asia Tenggara. Walaupun Australia sendiri menjadi juara Grup B setelah menang 2-0 atas India, 1-0 atas Suriah dan imbang 1-1 dengan Uzbekistan.


Ikuti informasi hiburan lainnya, seperti musik dan film di DensShowBiz.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat