×

L O A D I N G

6 Macam Saus Steak yang Populer di Dunia

Menikmati steak akan kurang nikmat jika tidak ditambah dengan bumbu-bumbu pelengkap seperti saus. Keberadaan saus steak akan menambah cita rasa dari aroma smoky daging steak yang tersaji di atas piring. Itulah sebabnya saus steak menjadi komponen wajib yang harus ada dalam seporsi steak yang kita nikmati. Setiap restoran steak memiliki ciri khas tersendiri untuk sajian saus pelengkapnya. Terdapat bermacam-macam saus steak yang populer di dunia!

Saus Chimichurri

Saus chimichurri merupakan saus hijau segar yang berasal dari Argentina. Saus chimichurri sering disajikan dengan steak atau daging panggang. Meskipun chimichurri adalah pelengkap klasik untuk steak, saus ini juga digunakan sebagai penyedap untuk hampir semua jenis hidangan daging di Argentina. Saus yang populer di daerah Amerika latin ini memiliki warna hijau dengan rasa gurih yang menyegarkan dengan rasa pedas yang nikmat.

Cara pembuatan saus chimichurri sangat sederhana karena tidak perlu dimasak sama sekali. Untuk membuat saus chimichurri hanya perlu menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, peterseli, oregano, minyak zaitun, cuka anggur merah, tomat dan paprika merah. Dengan mencampur semua bahan menjadi satu dan menunggu sekitar 30-50 menit, maka saus chimichurri sudah siap disajikan. Untuk tahu cara membuat saus chimichurri, nonton di VOD Meat and Great : Surf & Turf (Part 3), chef Rayhan menyajikan saus chimichurri di atas steak sirloinnya.

Saus Béarnaise


Saus béarnaise merupakan saus steak tradisional khas Prancis. Terbuat dari campuran kuning telur, mentega dan rempah-rempah. Saus Béarnaise memiliki tekstur lebih creamy dari saus steak lainnya. Saus Béarnaise termasuk ke dalam jajaran saus klasik Prancis.

Saus béarnaise pertama kali disajikan pada tahun 1836 saat pembukaan restoran bernama Le Pavillon Henri IV. Saus ini dianggap sebagai ‘anak’ dari saus induk Hollandaise, salah satu dari lima saus induk dalam masakan haute Prancis. Perbedaannya terletak pada sumber asam dan bumbunya: saus Béarnaise menggunakan cuka anggur putih yang kental, bawang merah, chervil, merica, tarragon sedangkan saus Hollandaise menggunakan jus lemon lalu dibumbui dengan garam, lada putih dan cabai rawit.

Saus Ponzu


Saus ponzu berasal dari Jepang dan sering terlihat sebagai pelengkap di berbagai kuliner Asia Timur. Saus ponzu sendiri banyak menjadi bumbu dasar makanan olahan daging khas Asia. Saus ponzu memiliki cita rasa asam dan beraroma tajam karena terbuat dari jus jeruk, tamari (jenis kecap asin Jepang), mirin, cuka beras, katsuobushi (serpihan ikan bonito) dan kombu atau rumput laut yang difermentasi selama 24 jam. Di Jepang menambahkan kombu atau rumput laut saat membuat saus ponzu dipercaya dapat menguatkan cita rasa saus tersebut.

Proses pembuatan saus ponzu dilakukan dengan mencampurkan semua bahan-bahan kemudian didiamkan semalaman di dalam lemari pendingin, kemudian disaring dan dicampurkan bersama jeruk Jepang yaitu yuzu. Saus ponzu memiliki rasa sangat khas mencakup rasa asin, pahit, manis dan asam sekaligus. Biasanya disajikan sebagai bumbu cocolan untuk steak, shabu-shabu, sashimi, gyoza dan lainnya.

Saus Diane

Saus klasik ala New York tahun 1930-an ini memberikan sensasi creamy di lidah saat disantap dengan steak. Saus diane mempunyai cita rasa kaya yang unik dan menarik karena terbuat dari paduan bawang merah, kaldu, jamur, mentega, mustard, dan krim. Saus ini sangat nikmat dicampur dengan steak panggang.

Saus diane selalu disajikan untuk menu steak yang klasik bernama steak diane. Hidangan steak diane merupakan steak daging yang dipelopori oleh sebuah restoran di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Sekarang, saus diane adalah salah satu saus steak retro yang populer di dunia karena cara pembuatan dan bahan utamanya mudah didapat.

Saus Demi-Glace


Saus demi-glace merupakan saus yang paling sering ditemui saat menyantap steak di Indonesia. Saus demi-glace dibuat dari rendaman kaldu tulang sapi. Warnanya coklat pekat dengan aroma yang lezat. Karena warnanya cokelat, demi-glace juga sering disebut dengan nama brown sauced. Saus demi-glace pertama kali dibuat di Prancis. Saus ini banyak digunakan dalam hidangan-hidangan daging di dunia.

Populer di seluruh penjuru dunia, saus demi-glace punya banyak versi cara pembuatan. Salah satu contohnya adalah resep demi-glace Prancis tradisional. Mereka membuatnya dengan bahan utama daging sapi muda dan kolagen tulang sapi. Dua bahan tersebut disatukan sehingga membuat saus demi-glace memiliki tekstur lebih kental, dengan warna lebih coklat, dan rasa yang lebih kompleks.

Saus Peppercorn


Saus peppercorn merupakan saus yang berasal dari Prancis yang terkenal di seluruh dunia sebagai saus yang enak untuk steak. Dengan bahan utama merica dan krim kental, saus peppercorn memiliki tekstur yang lunak dan lembut. Cocok disajikan dengan steak dengan tingkat kematangan medium karena teksturnya yang creamy akan membuat daging lebih juicy saat dikunyah di mulut.

Selain terbuat dari bahan utama nya merica dan krim kental, Saus peppercorn juga memakai bahan tambahan seperti mentega, anggur, bawang merah, Brandy, Cognac, dan bumbu pelengkap.

Dari saus steak yang bermacam-macam tentunya setiap saus memiliki tekstur dan cita rasa yang berbeda. Kira-kira saus steak mana nih yang cocok dengan selera kamu? Saksikan juga ”Meat and Great : Meat Platter” bersama chef Rayhan yang membuat saus barbeque dengan maple sauce untuk Korean Barbeque Style Steak. Nonton VOD nya di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat