×

L O A D I N G

10 Musisi Tampil di Grammy Awards 2024

Ajang penghargaan musik bergengsi, Grammy Awards diselenggarakan setiap tahun untuk memberikan apresiasi tertinggi terhadap musisi berprestasi. Grammy Awards diselenggarakan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences (NARAS) di Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan kepada para musisi, penulis lagu, produser dan teknisi rekaman yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam industri musik. Terdapat empat penghargaan utama diantaranya Record of the Year, Album of the Year, Song of the Year dan Best New Artist.

Grammy Awards akan kembali digelar tahun ini di Crypto.com Arena, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu, 4 Februari 2024 waktu setempat. Tak hanya memberikan penghargaan pada para musisi, Grammy Awards juga menyajikan penampilan musisi-musisi kelas atas. Menjelang puncak acara, Grammy Awards telah mengumumkan daftar musisi yang akan tampil di atas panggung megahnya. Berikut deretan musisi yang akan tampil pada Grammy Awards 2024.

SZA

Penyanyi asal Amerika Serikat, SZA dipastikan akan tampil pada ajang penghargaan musik bergengsi dunia, Grammy Awards 2024. SZA merupakan musisi dengan perolehan nominasi terbanyak dalam Grammy Awards 2024 yakni dengan sembilan nominasi. Berkat album “SOS” yang dirilis pada Desember 2022 lalu, SZA meraih nominasi utama Grammy, yakni Album of the Year. Sementara, single utamanya "Kill Bill" yang sangat populer itu dinominasikan dalam kategori Record of The Year dan Song of the Year.

Bahkan penyanyi R&B ini pertama kalinya masuk dalam nominasi Best Progressive R&B Album untuk SOS dan Best Traditional R&B Performance untuk lagu "Love Language". Tahun ini menjadi tahun kelima SZA masuk dalam nominasi ajang penghargaan Grammy Awards sejak tahun 2018 yang pertama kalinya. Selain itu, SZA telah memenangkan satu piala untuk Best Pop Duo/Group Performance pada tahun 2022 untuk lagu “Kiss Me More” duetnya bersama Doja Cat.

Billie Eilish


Billie Eilish juga dikabarkan akan tampil pada perhelatan Grammy Awards 2024. Pada Grammy Awards ke-66 ini, Billie Eilish berhasil masuk ke enam nominasi berkat lagunya yang bertajuk “What Was I Made For?” yang menjadi soundtrack Film “Barbie” 2023. Sebelumnya, lagu soundtrack “Barbie” tersebut juga berhasil membawa pulang piala Golden Globe Awards 2024 dalam kategori Best Song Motion Picture. Selain itu, lagu kolaborasi antara Labrinth dan dirinya yang bertajuk “Never Felt So Alone” juga berhasil masuk nominasi Best Pop Duo Group/Performance.

Pelantun lagu “Bad Guy” tersebut juga telah mencetak rekor luar biasa di Grammy Awards tahun 2020, Billie Eilish menjadi satu satunya musisi wanita yang berhasil memenangkan kategori Big Four dalam satu malam. Billie Eilish berhasil menyapu bersih 4 kategori utama Grammy Awards 2020 diantaranya Best New Artist, Record, Song dan Album of the Year.

Dua Lipa

Dua Lipa juga akan tampil memeriahkan panggung Grammy Awards 2024. Penyanyi asal Inggris ini turut masuk ke dua nominasi pada ajang penghargaan musik bergengsi itu dengan lagunya yang bertajuk “Dance The Night” yang juga merupakan soundtrack dari film “Barbie” 2023. Lagu tersebut berada dalam nominasi Song of the Year  dan Best Song Written For Visual Media.

Sebelumnya, Dua Lipa telah berhasil meraih penghargaan pada Grammy Awards 2021 dengan membawa pulang sebuah piala dari kategori Best Pop Vocal Album berkat album penuh keduanya yang bertajuk “Future Nostalgia”.

Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo menjadi salah satu musisi yang terdaftar akan tampil pada perhelatan Grammy Awards 2024. Penyanyi kelahiran tahun 2003 ini berhasil meraih enam nominasi pada Grammy Awards 2024 yakni berkat album terbarunya yang bertajuk “Guts” yang masuk dalam nominasi Album of the Year dan Best Pop Vocal Album. Sementara single populernya yang berjudul “Vampire” berhasil masuk pada tiga nominasi sekaligus diantaranya Song of the Year, Record of the Year, dan Best Pop Solo Performance. Serta lagunya yang berjudul “Ballad of a Homeschool Girl” berada pada nominasi Best Rock Song.

Sebelumnya, penyanyi asal California itu sukses membawa pulang tiga penghargaan sekaligus pada perhelatan Grammy Awards tahun 2022. Lewat single "Drivers License" dan album bertajuk “Sour” miliknya, Olivia Rodrigo berhasil memenangi kategori Best Pop Solo Performance, Best New Artist, dan Best Vocal Album.

Travis Scott

Travis Scott juga masuk dalam deretan musisi yang tampil pada Grammy Awards 2024. Rapper sekaligus penyanyi tersebut masuk dalam nominasi Best Rap Album pada Grammy Awards 2024 untuk album studio keempatnya yang bertajuk “Utopia” yang dirilis pada Juli 2023.

Sebelumnya, rapper asal Amerika ini juga telah dinominasikan dalam kategori yang sama untuk album studio sebelumnya yang bertajuk “Astroworld”.

Burna Boy


Burna Boy dikabarkan akan tampil pada ajang penghargaan Grammy Awards 2024. Penyanyi asal Nigeria ini berhasil dinominasikan untuk empat kategori, diantaranya Best Global Music Album untuk “I Told Them”, Best African Music Performance untuk “City Boys”, Best Global Music Performance untuk “Alone” dan Best Melodic Rap Performance untuk “Sittin’ On Top of the World”.

Pada Grammy Awards 2021, Burna Boy telah berhasil memenangkan Best Global Music Album untuk albumnya yang berjudul “Twice As Tall” sebagai penghargaan Grammy Awards yang pertama dalam karirnya. Album tersebut berhasil mengalahkan sederet nominasi pesaingnya diantaranya Antibalas, Bebel Gilberto, Anoushka Shankar dan Tinariwen.

Luke Combs


Luke Combs menjadi salah satu musisi yang akan tampil pada perhelatan Grammy Awards 2024. Selain itu, Luke Combs juga berhasil masuk nominasi Best Country Solo Performance untuk lagu covernya yang berjudul “Fast Car” milik Tracy Chapman pada Grammy Awards 2024.

Luke Combs akan tampil duet membawakan lagu “Fast Car” tersebut dengan Tracy Chapman yang sudah bertahun-tahun tidak tampil di depan umum. Luke Combs, yang sukses besar dengan versi cover “Fast Car” tahun lalu, telah diumumkan lebih dahulu sebagai penampil di acara tersebut. Kemunculan Tracy Chapman merupakan kejutan yang signifikan, karena ia hanya tampil di depan kamera sebanyak tiga kali sejak menyelesaikan tur terakhirnya pada tahun 2009.

Joni Mitchell


Untuk pertama kalinya dalam enam dekade kariernya, musisi Joni Mitchell akhirnya akan tampil di ajang Grammy Awards 2024. Musisi folk ikonik asal Kanada tersebut telah dikonfirmasi akan melakukan debutnya di panggung Grammy Awards 2024. Tahun ini Joni Mitchell dinominasikan dalam kategori Best Folk Album untuk album live 2023 “Joni Mitchell at Newport”.

Joni Mitchell telah memenangkan Grammy Awards sebanyak sembilan kali. Ia meraih penghargaan pertamanya pada tahun 1969 dengan Best Folk Performance untuk album “Clouds”. Kemenangan Grammy terbarunya terjadi pada tahun 2022 ketika album Joni Mitchell “Archives – Vol. 1: The Early Years (1963–1967)” dinobatkan sebagai Best Historical Album.

Billy Joel


Penyanyi dan penulis lagu Billy Joel akan tampil di panggung Grammy Awards 2024. Billy Joel dikabarkan akan membawakan lagu barunya yang berjudul “Turn The Lights Back On”.

Billy Joel adalah pemenang lima kali dan penerima Grammy Legend Award. Billy Joel telah menjadi pemain reguler di tangga lagu sejak 1977 dengan albumnya berjudul "The Stranger" serta memenangkan Grammy Awards untuk Album of the Year pada tahun 1978. Penyanyi asal Amerika itu telah dinominasikan untuk 23 Grammy Awards.

U2


U2 akan cetak sejarah tahun ini sebagai musisi pertama yang tampil dari Sphere di Las Vegas pada Grammy Awards 2024. Ini adalah pertunjukan siaran pertama dari Sphere, rumah dari band terkenal “U2:UV Achtung Baby Live at Sphere” itu.

Sebelumnya, U2 telah mengumpulkan sebanyak 22 nominasi Grammy Awards selama karir mereka, termasuk dua penghargaan di masing-masing tiga kategori utama yaitu Album of the Year, Record of the Year Song of the Year.

Grammy Awards menjadi penghargaan musik yang paling dihormati dan diakui di dunia. Saksikan juga momen para musisi dan selebriti menuju acara  Grammy Awards 2024 pada LIVE Red Carpet hari Senin, 5 Februari 2024, pukul 06.00 WIB dan tayangan ulangnya pada Senin, 5 Februari 2024, pukul 18.45 WIB di Rock Entertainment.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat