×

L O A D I N G

Resep Telur Teh, Sajian Khas Tionghoa Saat Perayaan Imlek

By: Omnivore’s Cookbook

Telur yang direbus dengan air saja tentunya sudah jadi sajian telur yang biasa. Resep telur teh menjadi salah satu olahan telur yang bisa dibilang unik. Resep telur teh merupakan makanan khas Tionghoa yang terbuat dari telur yang direbus menggunakan teh dan bahan-bahan lainnya sehingga menghasilkan rasa, aroma dan penampilan yang khas. Telur teh biasa disajikan saat periode Tahun Baru Imlek. Telur teh memiliki simbol kesuburan dan rezeki. Bagi siapa yang memakan telur teh saat perayaan Imlek, diyakini akan mendapatkan kesejahteraan dan berkelimpahan rezeki sepanjang tahun. Yuk simak resep telur teh selengkapnya!

Bahan :

12 butir Telur


4 sdm Kecap Asin


2 sdm Kecap Hitam


2 lembar Daun Salam


1 sdt Merica Sichuan


1 Adas Bintang


1 batang Kayu Manis kecil


2 sdt Gula


1 sdt Garam


2 kantong teh hitam atau 2 sdm daun teh hitam


2 ½ gelas Air

Source : https://bit.ly/ResepLunarNewYear22


Cara membuat:

  1. Untuk membuat bumbu rendaman telur, campur kecap asin, kecap hitam, daun salam, merica sichuan, adas bintang, kayu manis, gula, garam, kantong teh dan air secukupnya ke dalam panci kecil. Rebus hingga mendidih.
  2. Panaskan panci hingga mendidih. Rebus telur sesuai selera kematangan. Selama 5 menit untuk telur setengah matang, 7 menit untuk telur dengan kematangan sedang, atau 10 menit untuk telur matang sempurna.
  3. Rendam telur dengan es batu selama 2 hingga 3 menit untuk mendinginkan telur yang sudah direbus
  4. Pecahkan cangkang telur hingga retak. Pastikan cangkang telur retak sehingga bumbunya mudah meresap ke dalam, tanpa harus mengupas kulitnya.
  5. Pindahkan telur ke dalam wadah ziplock, lalu tuangkan bumbu rendaman untuk marinasi telur. Rendam telur selama 24 jam.
  6. Telur teh rebus siap disantap!

Seiring dengan berjalannya waktu, resep telur teh kemudian menjadi sajian wajib saat perayaan Tahun Baru Imlek. Resep telur teh juga menjadi simbol harapan di mana di tahun yang baru akan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Yuk cari tahu resep hidangan Imlek lainnya di Dens Food Channel.


Download PDF


Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat