×

L O A D I N G

5 Makanan Indonesia Pinggir Jalan Masuk Jajanan Terbaik Di Dunia

Eksistensi jajanan pinggir jalan banyak diminati masyarakat karena harga yang lebih bersahabat dan juga rasa yang bisa diadu dengan restoran-restoran bintang lima. Bahkan kuliner kelas dunia, TasteAtlas, merilis daftar Best Rated Street Food In The World. Dari 50 daftar ada lima jajanan pinggir jalan di Indonesia yang turut diakui oleh TasteAtlas lho.

Salah satunya, ada pisang goreng yang berada pada urutan ke-41 dengan mendapatkan rating 4,6. Cemilan yang terbuat dari pisang dengan balutan adonan tepung crispy yang manis dan gurih ini memang paling banyak disukai oleh masyarakat. Pasalnya, cemilan ini sangat cocok bila dimakan pada waktu senggang. Apalagi jika menikmatinya saat selagi panas sambil menyeruput segelas kopi atau teh di tengah cuaca dingin, dijamin akan menghasilkan kenikmatan yang tiada tara. Bahkan saking populernya, bentuk penyajian dari pisang goreng sudah banyak dikreasikan dengan penambahan aneka ragam topping yang semakin menambah kelezatan pisang goreng. Salah satu bentuk kreasinya seperti pisang goreng madu yang bisa kamu akses untuk melihat proses pembuatannya pada artikel Dens Life & Style.

Disusul dengan tempe mendoan di urutan ke-17 yang mendapatkan rating 4,7. Kata mendoan sendiri berasal dari kata ‘mendo’ yang dalam bahasa Banyumas berarti setengah matang atau lembek. Sesuai dengan namanya, hidangan yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah ini merupakan olahan dari bahan dasar tempe yang dimasak setengah matang. Walaupun hidangan ini hanya dimasak setengah matang, namun hal ini tidak menjadikannya sepi peminat lho. Tempe yang dipotong secara tipis dibalut bersama adonan tepung bumbu dengan irisan daun bawang di dalamnya ini akan nikmat jika dihidangkan selagi panas. Sajian tempe mendoan ini juga akan sangat cocok jika dicelupkan ke dalam cocolan sambal kecap atau dimakan bersamaan dengan cabai rawit yang mampu membuat kita tergila-gila akan sajian ini.

Selain cemilan, terdapat juga makan berat yang masuk ke dalam street food terenak di dunia. Nasi uduk yang sebelumnya pernah dibahas di channel DFC pada program Pecah Rasa ini berhasil menempati urutan ke-16 dengan mendapatkan rating sebesar 4,7. Biasanya, nasi uduk disajikan dengan berbagai lauk tambahan lainnya seperti, mie/bihun goreng, telur balado, tempe orek, gorengan, kerupuk dan jangan lupakan tambahan sambal kacangnya yang pedas. Berbeda dengan nasi biasa, nasi uduk memiliki rasa yang cukup gurih dari santan kelapa, belum lagi tambahan rempah-rempah lainnya seperti, serai, daun salam, dan cengkeh yang menghasilkan aroma khas dari nasi uduk. Hal ini yang membuat nasi uduk tetap enak jika disantap langsung sekalipun tanpa lauk pendamping.

Selanjutnya, terdapat Pempek pada urutan ke-14 dengan mendapatkan rating 4,7. Siapa sangka makanan tradisional yang berasal dari palembang ini tercipta berawal dari seorang warga palembang yang bosan akan olahan ikan. Dia pun memiliki ide untuk mengolah ikan tersebut melalui cara lainnya dengan menggiling ikan dan mencampurkannya bersama tepung tapioka, hingga pada akhirnya terciptalah sajikan baru dari olahan ikan. Saat ini cemilan Pempek sudah memiliki beragam variasi lainnya, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Pempek umumnya disajikan dengan potongan timun, mie kuning, dan siraman kuah cukanya yang segar. Perpaduan dari gurihnya pempek dengan cita rasa pedas, manis, dan asam dari cuka menjadikan cemilan pempek sukses memanjakan lidah tiap orang yang mencobanya.

Kemudian yang terakhir terdapat siomay yang berhasil menempati urutan ke-10 dengan perolehan rating 4,7. Meskipun siomay banyak ditemui di Indonesia, akan tetapi siomay bukanlah makanan asli dari Indonesia, akan tetapi siomay diperkirakan pertama kali dimakan dan dibuat oleh bangsa Mongolia. Pada umumnya di Indonesia makanan ini biasa dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri yang dalam pengolahannya dimasak dengan cara dikukus. Siomay dapat dinikmati dengan tambahan kondimen lainnya seperti, kol, tahu, pare, telur dan kentang. Jangan lupakan juga siraman saus kacangnya yang sedikit pedas dengan tambahan kecap manis dan perasan jeruk nipis yang memberikan sedikit rasa asam akan membuat para penikmat kuliner ketagihan dalam mencicipinya. Pantas saja sajian siomay ini selalu ramai pembeli dan memiliki banyak penggemarnya.

Nah, itulah kelima sajian makanan dari Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar 50 Best Rated Street Foods In The World versi TasteAtlas 2023. Diantara kelima street food di atas, adakah sajian street food favoritmu?



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat