×

L O A D I N G

Rekomendasi Hidangan Spesial Lebaran bersama Keluarga

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim usai berpuasa sebulan penuh. Banyak orang merayakan momen Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga sembari menikmati hidangan spesial. Pada perayaan Lebaran nanti, pilihan hidangan spesial yang disajikan tentu ada banyak dan beragam. Disanding bersama ketupat, berbagai hidangan spesial Lebaran akan terasa semakin nikmat dan menggugah selera apalagi disantap bersama keluarga. Simak rekomendasi hidangan spesial Lebaran yang bisa kamu sajikan di rumah!


Opor Ayam


Opor Ayam menjadi salah satu hidangan spesial Lebaran yang populer dan sudah jadi favorit banyak orang. Menu satu ini memang sudah identik dengan momen Lebaran sebagai sajian wajib saat berkumpul bersama keluarga. Seperti namanya, Opor ayam merupakan masakan ayam yang identik dengan kuah kuning berempah yang gurih dan lezat. Rasa gurih yang khas diperoleh dari santan kelapa kental yang akan menyatu sempurna dengan daging ayam yang bertekstur lembut. 


Bumbu yang meresap membuat cita rasa opor ayam semakin nikmat. Opor ayam biasanya disantap bersama dengan ketupat yang telah dipotong-potong dengan taburan bawang goreng yang gurih. Keduanya bahkan telah menjadi perpaduan yang wajib dikonsumsi saat Lebaran. Simak Resep Opor Ayam dan buat sendiri sebagai hidangan spesial yang wajib ada di meja makan mu saat Lebaran!


Gulai Ayam


Selain opor, ada juga gulai ayam sebagai hidangan spesial Lebaran yang bisa kamu sajikan. Gulai ayam merupakan masakan yang juga populer di Indonesia. Sajian ini berasal dari Padang dengan ciri khas kuah santan yang kental dan rasa rempah-rempah yang nendang. Rempah yang digunakan dalam pembuatan gulai ayam diantaranya kunyit, ketumbar, jahe, serai, jinten dan masih banyak lagi. Dari perpaduan bumbu dan rempah yang digunakan tersebut membuat gulai ayam memiliki cita rasa yang gurih. 


Gulai ayam terkenal dengan ciri khas kuahnya yang berwarna kuning mencolok yang berasal dari salah satu bumbu utamanya yaitu kunyit. Gulai ayam juga kerap disebut sebagai kari karena memiliki rupa dan rasa yang mirip. Bahkan di dunia kuliner Internasional makanan ini disebut sebagai kari ala Indonesia. Menu ini sangat cocok dipadukan dengan ketupat saat Lebaran tiba. Dijamin enak dan bikin ketagihan, yuk coba bikin gulai ayam sebagai hidangan spesial Lebaran. Simak Resep Gulai Ayam.


Kari Ayam India


Kari ayam India juga cocok disajikan sebagai hidangan spesial Lebaran. Hidangkan olahan daging ayam yang berbeda dari biasanya saat momen Lebaran tiba dengan membuat kari ayam India. Kari ayam India merupakan variasi olahan kari yang sedikit berbeda dengan kari khas Indonesia. Olahan kari ini tidak menggunakan santan tetapi kaya akan rempah di dalamnya. Kari ayam India menggunakan beberapa rempah khusus dari India seperti kapulaga India dan rempah lainnya. 


Dengan perpaduan bumbu rempah yang melimpah, membuat cita rasa kari ayam India semakin nikmat dan menggugah selera. Cocok disantap bersama roti jala, chapati, roti canai, nasi putih dan lainnya. Tidak perlu jauh-jauh datang ke negara asalnya. Kamu bisa menghidangkan kari ayam India sebagai hidangan spesial Lebaran di rumah. Simak Resep Kari Ayam India.


Bebek Kuah Rendang

Masakan rendang sepertinya sudah menjadi santapan wajib saat momen Lebaran tiba. Rendang merupakan kuliner khas asal Padang yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga biasanya menjadi salah satu makanan khas lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat. Tidak hanya dengan daging sapi saja, rendang juga bisa diolah dengan berbagai bahan lain, salah satunya daging bebek. 


Bebek kuah rendang menyajikan cita rasa baru dari olahan bumbu rendang dengan daging bebek yang gurih dan empuk. Penggunaan bebek tak kalah enak dari rendang yang menggunakan daging sapi. Perpaduan antara daging yang empuk ditambah dengan bumbu rendang yang khas dijamin akan membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. Simak Resep Bebek Kuah Rendang dan buat sendiri sebagai hidangan spesial Lebaran di rumah.


Itulah tadi rekomendasi hidangan spesial Lebaran yang bisa kamu sajikan di rumah. Yuk cari tahu resep hidangan lainnya di Dens Food Channel.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat