×

L O A D I N G

Resep Kari Ayam India dengan Roti Jala sebagai Menu Berbuka

By: Chef Nanda

Kari menjadi salah satu masakan yang cukup digemari di Indonesia. Perlu diketahui bahwa awalnya kari berasal dari Asia Selatan, tepatnya dari India. Kepopuleran kari kemudian menyebar dari India hingga ke berbagai penjuru dunia. Setiap negara mempunyai variasi resep kari yang berbeda-beda. Terutama dari negara asalnya yaitu resep kari ayam India yang populer. Ini adalah variasi olahan kari ayam yang sedikit berbeda dari kari khas nusantara. Perbedaannya ada pada rempah yang digunakan, yaitu kari ayam India menggunakan beberapa rempah khusus dari India. Dengan perpaduan bumbu rempah yang melimpah, resep kari ayam India dapat memanjakan lidah penikmatnya. Rasanya yang lezat akan cocok disantap bersama dengan roti jala. Resep kari ayam India dengan roti jala ini bisa dijadikan pilihan sebagai menu santapan saat momen berbuka puasa. Penasaran dengan cita rasa resep kari ayam India dengan roti jala? Berikut resep Indian Chicken Curry with Jala Bread dari live cooking Ngabuburit Yuk! Masak Asik Bareng Chef Nanda pada Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 14.00 WIB. Simak resep selengkapnya. Selamat mencoba!

Bahan:

Kari Ayam:

1 ekor Ayam. Potong 12 bagian.


800 ml Susu UHT


500 ml Susu Evaporasi


6 siung Bawang Putih. Iris


5 siung Bawang Merah. Iris


3 cm Kayu Manis


2 buah Bunga Lawang/Pekak


4 buah Cengkeh


4 buah Kapulaga India


2 tangkai Daun Kari

Bumbu Halus:

7 siung Bawang Merah


4 siung Bawang Putih


13 buah Cabai Merah Keriting


2 sdm Ketumbar. Sangrai


2 sdt Jintan. Sangrai


1 sdt Adas Manis. Sangrai


1 ruas Kunyit. Bakar


1 ruas Jahe. Bakar


1 sdm Kari Bubuk

Roti Jala:

250 gram Tepung Terigu


½ sdt Garam


2 butir Telur


500 ml Susu


1 sdm Mentega cair

Garnish:

Peterseli Segar


Tomat Cherry


Cara Membuat Kari Ayam:

  1. Siapkan blender. Haluskan semua bumbu halus.
  2. Bumbui ayam yang telah dibersihkan dengan garam dan lada secukupnya. Lalu peras sedikit jeruk nipis agar bau amis hilang. Taburkan bawang merah dan bawang putih. Aduk hingga tercampur.
  3. Panaskan wajan anti lengket. Masukkan sedikit minyak. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan hingga aromanya keluar. Tumis bumbu selama 5-10 menit. Tambahkan kapulaga, kayu manis, cengkeh dan pekak hingga harum dan matang.
  4. Sambil memasak bumbu. Panaskan wajan yang berbeda. Masukkan ayam. Masak hingga ayam berwarna kecoklatan pada bagian kulit di kedua sisi potongan ayam.
  5. Masukkan ayam kedalam bumbu tumis. Aduk. Masukkan susu UHT, gula dan garam. Aduk. Masukkan daun kari. Aduk hingga mengental. Masukkan susu evaporasi. Aduk. Masak menggunakan api sedang hingga bumbu mengental dan ayam matang.

Cara Membuat Roti Jala:

  1. Aduk semua bahan kering roti jala. Masukkan susu UHT sedikit demi sedikit hingga adonan licin. Masukkan telur dan mentega cair. Aduk rata dan pastikan tidak menggumpal.
  2. Panaskan wajan dan mentega. Masukkan larutan mentega ke dalam adonan. Aduk kembali.
  3. Siapkan kantong plastik segitiga. Masukkan adonan ke dalam plastik kemudian gunting ujung plastik.
  4. Panaskan wajan anti lengket. Tuangkan adonan dengan teknik memutar dan merenda hingga bentuknya seperti jaring. Matangkan dan gulung selagi panas. Sisihkan.
  5. Sajikan terpisah antara kari ayam dan juga roti jala.

Resep kari ayam India dengan roti jala dengan rasa khas perpaduan bumbu rempah yang beragam serta menggugah selera. Yuk lihat resep dari Chef Nanda yang lainnya di Dens Food Channel.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat