×

L O A D I N G

PRIA ASAL JEPANG, PERETAS GAME NINTENDO SWITCH DITANGKAP!

Yoshihiro Yamakawa, seorang pria asal Jepang peretas game Nintendo Switch berhasil ditangkap akibat perbuatannya memanipulasi secara ilegal data penyimpanan game Nintendo Switch Pokemon Scarlet dan Violet. Data ini kemudian digunakan untuk membuat karakter monster khusus yang kemudian dijual di pasar game online.

Merupakan seorang dekorator interior di Kota Uji, Prefektur Kyoto, Jepang, pelaku diduga berhasil mengumpulkan jutaan yen atau sekitar ratusan juta rupiah. Pria berusia 36 tahun ini ditangkap pada 9 April lalu setelah petugas patroli siber memergokinya menjual karakter tersebut secara online.

Dalam aksinya, Yoshihiro Yamakawa menggunakan alat online untuk mengubah data penyimpanan game dan ditangkap karena diduga melanggar Undang-Undang Pencegahan Persaingan Tidak Sehat.

Menurut laporan polisi, patroli siber polisi Jepang menangkap Yoshihiro Yamakawa saat sedang menerima pesanan. Yamakawa kedapatan menawarkan monster yang sulit dilatih dan langka pada game Nintendo Switch dengan menjual “6 pokemon hanya dengan $30 (setara Rp 487.000) di platform online yang menjual aset dan karakter game.

Dalam pengakuannya, Yamakawa mengatakan kepada petugas bahwa dirinya melakukan peretasan tersebut karena untuk mencari nafkah. Polisi menduga total keuntungan Yamakawa mencapai jutaan yen atau setara dengan ratusan juta rupiah. Dan hingga kini penyelidikan pun masih berlangsung.

Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat