×

L O A D I N G

INDIA TELAH RILIS MOBA LEGENDS, GAME TIRUAN MOBILE LEGENDS

Perilisan Moba Legends pada 19 April 2024 kemarin menjadi perhatian lantaran disebut-sebut sebagai game tiruan Mobile Legends: Bang Bang. Hal ini pertama kalinya disorot oleh salah satu tokoh komunitas game terkemuka di platform X, akun Subzidite2, bahwa desain dan mekanisme game tersebut sangat mirip dengan MLBB. Bahkan penggunaan bahasanya juga memakai bahasa Hindi sendiri.

Seperti diketahui, sebelumnya Mobile Legends sempat dilarang di India pada tahun 2020 lalu. Mulai dari kalangan gamers hingga industri berasumsi bahwa kemungkinan adanya Moba Legends adalah versi lain MLBB yang telah diganti mereknya, dan dirancang khusus untuk India.

Menurut daftar Google Play Store, Moba Legends dirilis oleh Vizta Games. Sebelumnya, developer ini telah menerbitkan beberapa game, seperti Mobile Party, Watcher of Realms -AP di pasar India. Pada halaman Play Store, mereka hanya menuliskan “Moba Legends: 5v5”. Namun pada E-mail Support tidak menggunakan domain Moonton atau pun Vizta Games, melainkan domain konsumen biasa.

Saat dihubungi salah satu media, Moonton Games mengungkapkan bahwa mereka tidak dapat memberi tanggapan terkait masalah tersebut.

Game tiruan yang dirilis India bukanlah yang pertama kalinya. Serupa dengan Mobile Legends, ada PUBG: Mobile yang juga dilarang bersamaan dengan MLBB pada Juni 2020, namun dihadirkan lagi dengan PUBG versi India. Larangan ini merupakan tindakan tegas dari pemerintah India dengan alasan kekhawatiran keamanan nasional atas privasi data yang mengekspos informasi pribadi.

Kendati demikian, India tetap menjadi pasar yang penting dalam industri game global. Dengan mengenalkan Moba Legends yang mirip MLBB, mereka meraih keuntungan banyak. Para pengamat dan pelaku industri ingin melihat bagaimana game ini berjalan dengan pasar yang waspada terhadap privasi dan keamanan digital.

Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat