×

L O A D I N G

Pagelaran ON FIRE 3 Bonsai & Suiseki 2023

Menyemarakan kontes bonsai tingkat internasional yang diadakan oleh BCI (Bonsai Clubs International) yang bertemakan “BCI ON FIRE 3 BONSAI & SUISEKI CONVENTION EXHIBITION 2023”. Gelaran kontes bonsai ini diikuti oleh 9 negara diantaranya yaitu Indonesia, Taiwan, India, Malaysia, Filipina, Thailand, USA, China dan Jepang.


Meskipun bonsai dan suiseki sangat populer tapi belum banyak orang mengetahui apa itu bonsai dan suiseki. Bonsai merupakan pohon yang diperkecil ukurannya dan ditanam di dalam pot yang dangkal hal itu bertujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar. Bonsai menjadi seni tradisional Jepang dan diapresiasi dari keindahan bentuk dahan, daun, batang, akar pohon serta keseluruhan bentuk pohon itu sendiri.


Sedangkan suiseki atau batu air merupakan jenis batu yang memiliki bentuk unik secara alami tanpa dipahat kemudian batu tersebut dipasang pada balok kayu yang disebut suiseki daiza. Suiseki juga menjadi salah satu seni estetika tradisional Jepang yang biasa menghiasi rumah, kebun dan museum. Sebuah batu suiseki dinilai dari bentuknya yang menyerupai objek tertentu misalnya seperti bentuk air terjun, pegunungan dll

Acara ini digelar selama enam hari mulai dari tanggal 3 hingga 8 Agustus 2023 di Qbig BSD, Tangerang. Akan ada penilaian oleh juri dari bonsai-bonsai yang dipamerkan. Penilaian tersebut ditentukan oleh tujuh orang juri dari ahli-ahli bonsai dunia yakni Nigel Atkinson, Antony V. Gedang, Jose Luis Rodriguez Marcias, Limanto, Mike Siow, Roy Sito, dan Hiep Minh Huw. Penilaian yang diberikan oleh juri berdasarkan beberapa kriteria sebagai berikut:

Gaya dan Desain Bonsai

Dalam dunia seni bonsai terdapat berbagai jenis gaya yang dipertunjukan pada kontes seperti cascading, formal upright, informal upright, windswept, dll. Sedangkan secara desain bonsai memiliki prinsip desain estetika yaitu keseimbangan, harmoni dan aliran yang menjadi poin lebih dari penilaian.

Pot yang Digunakan


Selanjutnya yang menjadi penilaian dari bonsai adalah pot. Pemilihan pot yang tepat dapat membantu tampilan pada bonsai. Seperti pot yang digunakan harus cocok dengan gaya dan ukuran bonsai itu sendiri. 

Kesehatan Tanaman

Tanaman atau pohon bonsai yang diikutsertakan dalam kontes harus dalam keadaan sehat seperti terbebas dari hama, penyakit dan lain-lain. Hal yang perlu diperhatikan saat penilaian yaitu terlihat dari kesegaran dan warna daun pada pohon bonsai serta batangnya harus kuat dan akarnya terlihat sehat.

Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya jenis pohon bonsai yang sangat indah dan bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah seperti bonsai santigi, bonsai manohara, bonsai anting putri dan lain-lain. Alasan yang membuat tanaman bonsai dihargai sangat mahal selain bentuknya yang unik jenis tanaman ini juga bisa bertahan hidup sampai ratusan tahun jika dirawat dengan benar.

Merawat tanaman bonsai agar tetap hidup dan tidak cepat layu yaitu dengan meletakan tanaman bonsai dengan pencahayaan yang cukup tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit dan rutin memangkas batang, cabang, dan ranting. Kemudian pilih pot yang besar dan disiram secara teratur.



Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat