×

L O A D I N G

5 Game Populer Andalan Para Pro Player Saat Turnamen Esports

Turnamen esports saat ini sudah banyak diselenggarakan dan berkembang pesat baik di tingkat nasional hingga internasional. Ajang turnamen esports bisa dijadikan tempat bagi pemain game profesional untuk berkarir dan bersaing serta mengembangkan bakat mereka.

Dalam dunia esports suatu keberhasilan dalam berkompetisi di turnamen memberikan pengakuan seperti status selebriti pada para pro player dan nama tim mereka. Selain itu mereka akan dianggap sebagai pemain terbaik dalam game yang mereka menangi. Berikut beberapa game yang biasa dimainkan oleh para pro player mulai dari game terbaru hingga game jadul yang masih booming hingga saat ini.

Counter Strike: Global Offensive


Counter Strike: Global Offensive atau biasa dikenal dengan singkatan CS:GO merupakan game dengan genre FPS (First-person shooter) atau berfokus pada pertarungan menggunakan senjata api cara bermainnya dengan saling tembak menembak dan menyelesaikan misi. Game ini seperti tidak ada matinya karena sejak 1999 hingga sekarang Counter Strike masih banyak diminati hingga menjadi salah satu game esports tertua.

Di Counter Strike terdapat 12 peta yang bisa dieksplor yaitu ada Aztec, Cbble, Clan 1 mill, CPL mill, Dust, Dust II, Inferno, Nuke, Mirage, Prodigy, Train, Tuscan. Dari peta-peta tersebut ada yang dijadikan peta pokok pada turnamen Counter Strike, yaitu map Dust.

Peta Dust memiliki suasana Timur Tengah dengan medan yang berdebu dan terdapat landmark terkenal seperti Double Doors dan Long A yang dapat langsung dikenali oleh pemain. Selain itu, design yang digunakan dalam peta ini sangat sederhana sehingga dapat dimainkan oleh pemain baru.

Hal yang menjadi pembeda antara game FPS lainnya, yaitu terdapat ayam di peta Counter Strike yang membuat para pemain terbantu sekaligus terhibur dengan kehadirannya. Ayam yang ada game ini bukan hanya untuk hiasan saja, namun bisa digunakan untuk memberitahukan pemain jika ada musuh di sekitar mereka. Selain itu, peran ayam tersebut bisa sebagai pelindung dari tembakan musuh lho! Game ini bisa dimainkan pada Microsoft Windows, OS X, Xbox Live Arcade dan Playstation Network versi Amerika.

Dota 2

Game Dota 2 menjadi permainan paling populer di dunia esports hingga memiliki turnamen rutin tahunan yang diberi nama “The International”. Dota 2 merupakan permainan daring multiplayers yang dirilis pada tahun 2013 dan diciptakan oleh desainer bernama Eul.

Dota 2 ini memiliki genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang bermain dengan cara beradu antara 2 tim yang saling menghancurkan salah satu dari markas kedua tim tersebut. Tim pertama yang berhasil menghancurkan markas lawan adalah pemenangnya.

Game Dota 2 selalu diperbaharui secara rutin oleh Valve dengan menambahkan hero baru dan perubahan mekanika permainan dan pembaharuan grafis yang bertujuan untuk membuat game ini selalu menarik bagi para pemainnya.

PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds)


Setelah mengulik game PC kini terdapat game yang bisa dimainkan melalui mobile, yakni PUBG. Dirilis tahun 2017 game PUBG telah berkompetisi di 50 turnamen. Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan game yang satu ini karena menjadi salah satu game favorit di kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Game ini sejenis Battle Royale yang dimainkan secara individu dan tim yang berjumlah 2 hingga 4 orang dan dapat mengundang teman untuk bergabung menjadi satu tim. Cara bermainnya dengan saling tembak menembak antara tim musuh dan tim siapa yang mampu bertahan hidup akan menjadi pemenangnya.

Masing-masing peta dalam game PUBG ini memiliki karakteristik unik seperti cuaca, topografi dan ukuran yang berbeda. Hal unik dalam game ini adalah pemain bisa eksplore lokasi peta dan membidik musuh sambil mengendarai mobil, sepeda motor, perahu hingga pesawat. Kemudian pemain juga bisa menggunakan berbagai aksesoris seperti scope, pelindung tangan, dll.

StarCraft: Brood War

Game StarCraft: Brood War merupakan permainan dengan genre Real-Time Strategy (RTS) yaitu pemain mengendalikan pasukan secara real time dan tidak mencapai tujuan tertentu dalam permainan. Brood War melanjutkan cerita StarCraft asli, dengan fokus pada konflik antara tiga faksi utama: Terran (manusia), Zerg (alien), dan Protoss (makhluk yang paling kuat). Cerita ini adalah salah satu elemen yang paling dihargai dalam game ini.

Meskipun umur game ini terbilang cukup tua dirilis tahun 1998 namun kepopulerannya tidak pernah padam bahkan kompetisi esportsnya masih berlangsung hingga saat ini. Game StarCraft: Brood War ini menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya terhadap industri permainan video, terutama dalam bidang esports.

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends menjadi game favorit masyarakat Indonesia bahkan menjadi game online paling populer yang turnamennya banyak di helat di Indonesia. Game ini sama seperti Dota 2 yang jenisnya adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang membedakan antara kedua game ini adalah platform atau tempat bermainnya.

Mobile Legends bisa dimainkan di platform mobile, sedangkan Dota 2 dirancang hanya untuk PC saja karena game tersebut memiliki grafis yang rumit dan permainan yang memerlukan kontrol yang kompleks. Mobile Legend yang dirilis 2016 ini sangat sukses menarik para gamer karena aksesnya yang mudah bisa dimainkan dimana saja tanpa harus berada di depan PC.

Game Mobile Legend biasa dimainkan oleh 1 tim yang berisi 5 hingga 10 orang dan alur permainannya yaitu dengan menghancurkan markas musuh dengan 5 vs 5 serta mempertahankan markas mereka sendiri. Terdapat 100 hero yang beragam dan memiliki kemampuan yang unik membuat game ini semakin seru.


Itulah beberapa game populer yang biasa pro player mainkan di turnamen esports. Renaga mengundang seorang pro player Mobile Legends yaitu EVOS Clover yang akan menceritakan bagaimana suka dan duka menjadi pro player. Apakah selalu berjalan dengan lancar atau hambatan dan tantangan apa yang EVOS Clover rasakan selama menjadi seorang pro player?


Temukan jawabannya di Podcast CURIGA "Curhat Bareng Renaga" yang akan ada di Dens.TV pada hari Jumat, 15 September 2023, pukul 19.00 WIB. Dan jangan lewatkan VOD nya di sini.





Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat