×

L O A D I N G

Ungkapan Rasa Syukur, Mengulik Makna dan Resep Nasi Kuning

By: Chef Nanda Young

Nasi kuning menjadi salah satu menu makanan yang selalu ada diberbagai perayaan di Indonesia. Seperti perayaan ulang tahun, acara peresmian, festival serta tradisi-tradisi. Sebagian orang mungkin melihat nasi kuning hanya sebagai makanan saja tapi ternyata nasi kuning memiliki makna tersendiri lho!

Makna dari nasi kuning yaitu sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang diberi oleh Tuhan yang maha kuasa. Sedangkan warna kuning pada nasi kuning melambangkas emas yang berarti kemakmuran dan kekayaan. Pada awalnya umat Hindu menyajikan nasi kuning sebagai rasa terimakasih dan meminta kepada dewa-dewi untuk diberikan keselamatan serta dijauhkan dari segala bahaya.

Pada akhirnya nasi kuning diberikan arti sebagai rasa syukur kepada Yang Maha Esa oleh kerajaan Islam yang berdiri di tanah Jawa. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat nasi kuning di rumah. Berikut ada resep nasi kuning lengkap dengan cara membuatnya yang dikasih Chef Nanda pada Live Cooking Masak Yuk! Bareng Chef Nanda.


Bahan Bumbu Halus:

3 Bawang Merah


2 Bawang Putih


1 Ruas Kunyit


1 Kemiri


1 Buah Jeruk Nipis



Bahan:

350 gr Beras, cuci bersih


480 ml air


60 ml Santan Instan


3 batang Sereh


1 ruas besar Lengkuas


4 lembar Daun Salam


5 lembar Daun Jeruk


3/4 sdt Garam


3/4 sdt Kaldu Bubuk

Cara Membuat:

  1. Blender bahan bumbu halus dengan sedikit air, tumis diwajan dengan sedikit minyak hingga harum, tuang air dan santan, rebus hingga hangat setengah mendidih, matikan api.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker, masukkan rebusan bumbu halus dan masukkan juga semua rempah dan bumbu yang belum masuk, aduk rata dan matangkan di dalam rice cooker hingga tanak.



Nasi kuning kurang lengkap tanpa adanya macam-macam lauk seperti ayam goreng, telur iris, sambal, lalapan dan lain-lain. Baca juga Resep Ayam Goreng Sereh Pelengkap Nasi Kuning dan Resep Cara Membuat Telur Iris untuk Nasi Kuning. Masak seru sambil nonton live cooking “Masak Yuk! Bareng Chef Nanda” hanya di Dens Food Channel. Dan jangan lewatkan video on demand (VOD) Masak Yuk! Bareng Chef Nanda di sini.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat