×

L O A D I N G

Resep Ayam Goreng Sereh Pelengkap Nasi Kuning

By: Chef Nanda Young

Ayam goreng menjadi makanan yang sangat populer terutama di Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu menu pelengkap nasi kuning yang disandingkan disekelilingnya. Ayam goreng yang dicampur dengan bumbu sereh membuat rasanya unik dan kaya cita rasa rempah-rempah. Jadi, gak heran kalo ayam goreng khas Indonesia ini bisa mendapat penghargaan internasional sebagai hidangan ayam goreng terbaik di dunia 2023 oleh Taste Atlas dalam rangking “50 Best Chicken Dishes in the World” karena cita rasa ayam goreng yang autentik.

Terdapat dua teknik dalam memasak ayam goreng yaitu dengan diungkep atau dimarinasi dengan direndam dalam bumbu khas kaya akan rempah-rempah atau langsung dimasak dengan bumbu hingga matang. Lebih nikmat jika ditambah dengan parutan kelapa atau serundeng membuat rasa ayam goreng menjadi tambah gurih.

Kamu bisa masak ayam goreng sereh dengan sederhana dan mudah hanya dengan dua cara. Berikut resep yang dikasih Chef Nanda saat Live Cooking Masak Yuk! Bareng Chef Nanda



Bahan :

¼ kg Paha Ayam Fillet



Bumbu halus :

6 batang Sereh


6 siung Bawang Merah


3 siung Bawang Putih


1 ruas Kecil Jahe


1 ruas Kecil Lengkuas


2 sdm Maizena


1 sdm Terigu Serbaguna


Lada, Garam, Kaldu secukupnya

Cara Membuat :

  1. Blender semua bahan bumbu halusnya, campurkan bumbu ke ayam yang telah dibersihkan, marinasi selama 20 menit, lanjut masukkan maizena, terigu, lada, garam dan kaldu, aduk rata kembali.
  2. Panaskan minyak di api sedang, masak ayam hingga golden brown dan bumbu menjadi seperti serundeng, angkat, sajikan.


Nasi kuning dengan ayam goreng sereh siap disajikan makin nikmat jika ditambah dengan telur iris. Baca juga Resep Cara Membuat Telur Iris Untuk Nasi Kuning. Masak-masak sambil nonton live cooking di Dens Food Channel yuk! Karena di sana ada “Masak Yuk! Bareng Chef Nanda” yang memberikan resep-resep masakan enak dan praktis lainnya. Dan jangan lewatkan video on demand (VOD) Masak Yuk! Bareng Chef Nanda di sini. 



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat