×

L O A D I N G

(X)S.M.L, Brand Fesyen Lokal Masuk Tokyo Fashion Week SS2024

Produk (X)S.M.L pakaian ready-to-wear tampil di Tokyo Fashion Week SS2024 di Shibuya Hikarie, Jepang. (X)S.M.L menjadi satu-satunya brand fesyen unisex dari Indonesia yang berhasil masuk di acara fesyen bergengsi tersebut. Kali ini (X)S.M.L mengangkat tema sustainability design berjudul "Be Sustainable Be Fashion". Dengan menampilkan sekitar lebih dari 60 koleksi busana musim gugur dan musim panas, yang desain keseluruhannya mengedepankan konsep sustainable (fesyen berkelanjutan). Konsep tersebut memiliki tiga hal penting yang diperagakan di runway Tokyo Fashion Week SS2024, yaitu penggunaan bahan yang melalui proses alami, desain konsep bertema Mix and Match yang mudah dipadu-padankan dan desain yang versatile atau multi fungsi.


Penggunaan bahan yang ramah lingkungan berasal dari tanaman serat yang ditanam secara berkelanjutan. Selain bahannya, (X)S.M.L juga memberikan pewarnaan kain melalui proses alami secara tradisional dengan menggunakan teknik celup dalam larutan pewarna. Seperti dalam video di atas.


Menurut Lead Creative and Design dari (X)S.M.L, Jun Mardian dan Gerda K, koleksi sustainable (X)S.M.L yang ditampilan dalam Tokyo Fashion Show SS2024 sekaligus mengawali reborn dari brand ini yang mengedepankan ramah lingkungan, dengan kualitas terbaik dan desain-desain yang sifatnya abadi yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama.


Managing Director (X)S.M.L, Berta Guritno, mengatakan, "Bahan yang digunakan untuk koleksi SS2024 ini memang belum sepenuhnya menggunakan proses alami, namun komitmen (X)S.M.L akan terus fokus kepada konsep sustain yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk limbah industri dan menciptakan ekosistem yang berkesinambungan."


(X)S.M.L yang telah didirikan oleh Biyan Wanaatmadja sejak tahun 1999 ini mengajak para produsen fesyen, pengguna dan pecinta fesyen untuk bersama-sama lebih peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya desain pakaian siap pakai yang dapat diakses oleh khalayak unisex dengan konsep sustainable, bahkan kemasan (X)S.M.L dibuat dari kertas kraft. Penggunaan kertas kraft termasuk dari fesyen berkelanjutan, sebab kertas yang didaur ulang ini menggunakan bahan-bahan yang tidak beracun dan dapat terurai secara hayati.


Lebih dari 60 looks (X)S.M.L yang telah diperagakan di runway Tokyo Fashion Week SS2024 akan ditampilkan kembali di Jakarta dan Dens.TV berkesempatan untuk melihat koleksi fesyen berkelanjutan tersebut. Tungguin yaa peragaan busana yang ditampilkan di Tokyo Fashion Week di Channel DensLife&Style dan di sosial media Dens.TV!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat