×

L O A D I N G

Albert Yanuar Tampilkan Busana “Shape Shifter” Di JFW 2024

Ada yang mencuri perhatian di hari pertama acara Jakarta Fashion Week  (JFW) 2024 berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2023 kemarin. Desainer Albert Yanuar tampilkan koleksi busana yang mengusung konsep “Shape Shifter” yang memiliki makna bahwa pentingnya manusia untuk terus bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik untuk diri mereka sendiri. Albert Yanuar mentuangkannya ke dalam sebuah busana yang dirancang dengan menambahkan unsur berubah bentuk atau shape shifting.

Pemilihan unsur teknik lipatan origami yang digunakan oleh Albert Yanuar ini merupakan salah satu mekanisme untuk shape shifting pada rancangannya. Agar bisa terbentuk lipatan, Albert Yanuar menggunakan material kain kaku yang dapat ditarik sehingga terbentuklah lipatan origami.

Perubahan bentuk origami diperlihatkan ketika sang model memakai cape yang berubah menjadi kipas, rok menjadi hiasan tangan, kerah ruff yang diubah menjadi bunga mekar serta ada yang berupa kepakan sayap yang indah.

Albert Yanuar merancang busananya dengan berfokus pada warna putih dan biru yang terinspirasi dari lautan dan pesisir pantai. Pelukis Wanti Amelia pun turut ikut andil dengan melukis motif print di dalam rancangan busana Albert Yanuar pada JFW 2024 ini. 

Selain penampilan dari rancangannya yang memukau di JFW 2024, banyak pencapaian Albert Yanuar yang bisa menginspirasi banyak orang di dunia fesyen Indonesia. Albert Yanuar mendapatkan gelar “The Fashion Designer” terbaik setelah ia menyelesaikan pendidikannya di Esmod Fashion College Jakarta pada tahun 2003. Kemudian ia juga pernah mengikuti Lomba Perancang Mode pada tahun 2009 dan pada 2011 ia mendapatkan juara LPM Entrepreneur Award hingga mendapatkan beasiswa Instituto Marangoni, Milan

Pada tahun 2006 akhirnya ia berhasil membangun label busananya sendiri dengan nama “ALBERT YANUAR” dengan fokus kepada model busana bertema gaun pesta yang mewah dan elegan. Hingga sekarang butiknya bisa ditemui di Jl Gading indah raya kav. 8 blok A no.9, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ciri khas rancangan Albert yaitu ada pada garis rancang yang inovatif dan memiliki sifat fungsional seperti salah satunya yaitu rok yang bisa berfungsi sebagai mantel. Sehingga transformasi busana tersebut ia gunakan di JFW 2024.

Acara Jakarta Fashion Week 2024 masih terus berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2023 dan kamu bisa menyaksikan keseruannya melalui siaran langsung di channel DensLife&Style, DensShowbiz dan Live Streaming 1 yang hanya ada di Dens.TV.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat