×

L O A D I N G

Jelajahi Ragam Busana Koleksi Desainer Ternama Di JFW 2024

Dari hari pertama pembukaan hingga hari ke empat acara Jakarta Fashion Week 2024 yang diselenggarakan di Pondok Indah Mall III masih tetap meriah dan memukau dengan koleksi-koleksi unik dari para desainer ternama. Acara JFW 2024 hadir secara langsung maupun secara virtual membawa semangat “Fashion Continuum: Bridging Generations”.

Lomba Perancang Mode (LPM) 2023

Pembukaan JFW 2024 diawali dengan perayaan 44 tahun LPM bersama parade alumni LPM. Setiap tahunnya para perancang muda diberi kesempatan untuk memamerkan karya mereka. Di hari kedua, LPM 2023 digelar dengan tajuk “Authenticity” dengan menampilkan sepuluh finalis dan memberikan kejutan dengan peragaan busana dari dua alumni LPM yaitu Ansy Savitri dan Frederika. Dari sepuluh finalis, pada akhir acara hari kedua terpilih tiga pemenang LPM 203 yaitu Lutfiana Rusda (Pemenang I), Caroline Devina (Pemenang II) dan Ni Pande Nyoman Ayu (Pemenang III). Ada juga penghargaan istimewa dari APR Award yang jatuh pada Nurfathiyah sebagai perancang yang sukses berkreasi dengan inovasi menggunakan bahan viscose rayon.

Kolaborasi LUX bersama desainer Albert Yanuar, Lisa Ju dan Didiet Maulana

Kolaborasi fesyen ini memanjakan penciuman melalui keharuman wangi LUX yang disebut juga dengan Show multisensori. Karya-karya busana yang ditampilkan pada kolaborasi ini beragam dan memiliki ciri khas tersendiri. Koleksi Albert Yanuar dapat kamu baca di Albert Yanuar Tampilkan Busana “Shape Shifter” Di JFW 2024

Dewi’s Luxe Market

Dewi’s Luxe Market mempersembahkan beberapa peragaan busana. Hari pertama dengan tema "Boundless Style" mengajak tiga desainer Indonesia yaitu Tanah le Saé, Lanivatti, dan Bluesville untuk mempersembahkan busana ready to wear dalam konsep “gaya tanpa batas”. Hari kedua dengan tema “Kisah kain” yang menampilkan busana rancangan dari Adrie Basuki, Tobatenun, dan Sejauh Mata Memandang. Dewi’s Luxe Market membuka acara di hari keempat dalam tema “Tropical Odyssey” dengan menggandeng Nagita Slavina, Cover Me Not, FUGUKU.

Fashionlink

Fashionlink menjadi jembatan interaksi antara para desainer, pelaku industri serta konsumen mode. Kolaborasi Fashionlink akan membangun infrastruktur industri fasyen baik di dalam maupun luar negeri. Konsumen mode mancanegara di ajang JFW dimanfaatkan sebagai titik permulaan dalam memperkenalkan kreasi anak bangsa kepada para perwakilan retail dunia.

Kali ini Fashionlink di JFW 2023 mempersembahkan dua tema peragaan busana. Diawali dengan Fashionlink “A Spectrum of Style” dari koleksi NIR ADA, Glashka dan Starry di hari pertama JFW 2024. Kemudian Fashionlink “The Clean Slate” dengan koleksi shop at velvet, Callie, Homme, SABA.

Ivan Gunawan dan Ernesto Abram dalam pertunjukkan busana “Epic Symphony”

Ivan Gunawan menuangkan warna pastel di 22 koleksi busananya yang bertajuk “Kembang Setaman”. Koleksi siluet gaun yang tertutup, klasik dan elegan diperagakan para model dengan melewati dekorasi kebun bunga seperti di Istana Versailles, Paris, di runway JFW 2024. Sedangkan Erno Abram mengambil tema “The Resurrection” dengan konsep ketangguhan dan semangat perempuan Indonesia. Nuansanya lebih memadukan warna gelap dan terang, seperti krem, metalik, silver dan hitam. Ada 18 koleksi yang hadir dalam bentuk ready-to-wear dengan teknik creative fabric manipulation, seperti laser cut, zipper yang dihias, dan berbagai jenis fabric manipulation.

“Power Up Your Style” Bersama 3Mongkis, COTTONINK, dan IKYK

Bertema “Power Up Your Style” kolaborasi dengan Philips dan jenama 3Mongkis tampil unik dengan pertunjukan lincah para model dengan memakai busana dan permainan tekstur dan potongan kain yang berbeda. Lalu ada dari IKYK (I Know You Know) yang memamerkan karya dengan warna terang dan menawan. Terakhir ada dari COTTONINK yang berkolaborasi dengan Massicot yang mempunyai karakter visual khasnya.

Kolaborasi KOCCA (Korea Creative Content Agency) Indonesia


JFW 2024 berkolaborasi dengan KOCCA (Korea Creative Content Agency) Indonesia di hari ketiga pada tanggal 25 Oktober 2023. Dalam pergelaran mode ini KOCCA mendatangkan dua desainer Korea Selatan yaitu LIE by Lee Chung Chung dengan koleksinya bertajuk “L’heure Entre Chien et Loup (Time between Dogs and Wolves)” yang menggabungkan maskulinitas dan feminitas melalui kombinasi kain dan warna. Dan ada Vegan Tiger yang mengambil tema “RE:WILDING” dengan memilih material non-hewani dan pewarna ramah lingkungan. Ciri khas dari Vegan Tiger yaitu ada pada mix-and-match yang berani.

Fashion Force Award 2023

Ajang penghargaan Fashion Force Award 2023 yang menyertakan delapan nominasi dari dua jenama lokal yaitu kategori busana dan kategori aksesori di hari ketiga JFW 2024. Untuk kategori busana ready to wear ada KALLA rona, saya, Blanc Studio, Acheté de Nous. Sedangkan untuk kategori aksesori ada ISSHU, ØJE Eyewear, Esemu dan Gelap Ruang Jiwa.

Setelah dipilih oleh beberapa juri, JFW menganugerahkan Fashion Force Award kepada ISSHU dalam kategori aksesoris dan saya dalam kategori busana ready-to-wear. ISSHU menyuguhkan koleksinya dengan konsep romantis menggunakan taburan bunga pink ditemani alunan aransemen yang menenangkan. Model berjalan di atas runway sembari membawa tas dengan gemerlap kristal dan kalung yang unik serta baju yang match.

saya menampilkan. konsep “Saudade” yang diartikan sebuah perasaan seseorang yang merasa sedih dan rindu. Busana yang ditunjukan berupa dress panjang menawan dengan warna yang elegan.

Timeless Beauty Bersama Benang Jarum Couture, Nada Puspita dan ARTKEA Stripes x IKYK

Kolaborasi Buttonscarves Beauty bertema “Limitless Beauty” menggandeng empat jenama yakni Nada Puspita yang mengawali penampilan pertamanya di hari keempat JFW 2024 dengan menampilkan koleksi busana hijab cantik dengan konsep “Le Jardin of Fantasy” dress panjang yang dipadukan dengan outer serta sentuhan aksesori ala paris seperti topi baret dan roti baguette yang khas. Berikutnya dari ARTKEA Stripes x IKYK menampilkan busana dengan unsur keceriaan dan menggambarkan kedewasaan dan pertumbuhan kreativitas. Terakhir ada dari Benang Jarum Counture dengan koleksinya bertajuk “Sovereign of Elegance” yang menampilkan kemewahan modern di dunia mode. Terlihat dari busana yang cantik dan elegan dan anggun.

“Nusantara” dari OSCAR LAWALATA CULTURE, Putri Pare Setiawati, EPAJEWEL & FRIENDS

JFW 2024 Hari keempat ditutup dengan persembahan bertemakan “Nusantara” dari OSCAR LAWALATA CULTURE dengan koleksi batiknya yang menawan sentuhan motif bunga dan warna vintage menambah keanggunan para model saat memperagakannya di runway. Serta disuguhkan dengan kemewahan perhiasan mewah dari Indonesia dari jenama EPA Jewel mulai dari tas tangan, anting dan kalung emas dengan liontin-liontin cantik dipadukan dengan busana kebaya khas Indonesia.

Penampilan dari Putri Pare Setiawan yang mempertunjukan seni tari oleh dua orang model wanita dan pria sembari menggunakan busana batik. Lalu dilanjut dengan memamerkan koleksinya yaitu kebaya dan kain batik tulis dengan beragam motif yang dijadikan rok dan selendang lalu dipadukan dengan kebaya polos berwarna cerah.

Masih Ada 3 Hari Lagi Pagelaran JFW 2024

Jangan lewatkan ragam shows JFW 2024 yang masih disiarkan secara langsung di Dens.TV. Antara lain Dekranasda NTT dengan tema “SA’O” bersama Temma Prasetio, Studio jeje, Maya Ratih di hari Jumat, 27 Oktober 2023. Kemudian Dewi Fashion Knights yang diadakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 dan penutup acara JFW 2024 di hari Minggu, 29 Oktober 2023. Saksikan para perancang yang mewarnai panggung JFW 2024 di channel DensLife&Style, DensShowbiz dan Live Streaming 1.




Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat