×

L O A D I N G

Ide Traktiran untuk Rayakan Ulang Tahun saat Tanggal Tua

Ulang tahun menjadi momen spesial yang sering dirayakan bersama orang-orang terdekat, termasuk teman, rekan kerja, sahabat dan keluarga. Membelikan teman-teman makanan atau traktiran saat ulang tahun sudah menjadi tradisi untuk merayakan momen ulang tahun. Bagaimana bila tanggal ulang tahun di akhir bulan, di saat saldo tabungan tersisa sedikit.

Ada beberapa ide makanan yang cukup terjangkau untuk traktiran ulang tahun di tanggal tua dan tetap seru dinikmati bersama-sama.


Dimsum

Dimsum menjadi makanan yang cocok untuk traktiran ulang tahun karena banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut. Dimsum adalah makanan yang terbuat dari daging yang dibungkus kulit atau pangsit. Kuliner yang berasal dari Tionghoa ini punya varian yang beragam dan bisa dipesan sesuai dengan kesukaan. Beberapa varian dimsum diantaranya dimsum siomay, hakau, bakpao, spring roll, angsio ceker, mantau, wan tao dan masih banyak lagi. 

Disantap dalam kondisi panas, dimsum akan terasa makin lezat ketika dicocol dengan saus yang asam, manis, dan pedas. Kini banyak tempat makan yang menawarkan dimsum sebagai salah satu menunya, seperti salah satu restoran di daerah Jakarta yang menyajikan dimsum siomay yang dikunjungi Astriza pada program “Halal Kuliner” Dens.TV yang bisa jadi rekomendasi traktir makan dimsum untuk teman-teman saat rayakan ulang tahun. Nonton Astriza di Video On Demand (VOD) “Halal Kuliner” episode “Jejak Oriental” di sini.


Es Krim

Es krim merupakan makanan penutup yang terbuat dari susu, gula dan bahan lain yang dikocok dan dibekukan. Cocok sebagai ide traktiran ulang tahun untuk teman kantor saat tanggal tua karena selain harganya terjangkau es krim juga dapat ditemukan hampir di mana-mana, mulai dari pinggir jalan, restoran, outlet hingga pusat perbelanjaan.

Selain es krim, gelato juga kini cukup populer karena penampilannya mirip seperti es krim. Meski keduanya memiliki bahan dan bentuk yang mirip, ternyata terdapat perbedaan antara keduanya. Gelato memiliki tekstur yang lebih halus daripada es krim, gelato memakai lebih banyak susu dibanding es krim, es krim lebih berlemak dari gelato, serta gelato biasanya disimpan di suhu yang lebih tinggi daripada es krim. Disajikan dalam berbagai rasa, es krim dan gelato begitu memanjakan lidah apalagi jika dinikmati saat cuaca panas. Keduanya bisa jadi pilihan traktiran ulang tahun untuk teman-teman sekantor karena makan es krim saat berkumpul akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Seperti yang dilakukan oleh Renaga Tahier dan Deirda Tahier yang mengunjungi Pos Bloc saat cuaca panas untuk mencicipi gelato di “Icip Skuy” Episode “Ceriakan Harimu dengan Gelato”. Nonton VOD nya di sini.


Gorengan

Gorengan terbuat dari adonan tepung kemudian digoreng dengan minyak panas. Gorengan memiliki beragam jenis dan rasa. Ada gorengan yang gurih dan gorengan manis. Beberapa macam gorengan diantaranya tahu isi, bakwan, tempe mendoan, cireng, pisang goreng, risol dan masih banyak lagi.

Gorengan jadi pilihan yang sangat tepat untuk traktiran ulang tahun saat tanggal tua, karena berbagai macam gorengan bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau dan tentunya akan mengamankan isi dompet di tanggal tua. Selain itu, gorengan juga bisa ditemukan dengan mudah karena banyak pedagang pinggir jalan yang menjajakan cemilan satu ini.


Pempek

Pempek merupakan makanan khas kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek merupakan hidangan bercita rasa ikan yang disajikan dengan kuah berwarna hitam khas Palembang bernama cuko. Makanan yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini memiliki beberapa variasi, seperti pempek kapal selam, lenjer, lenggang dan lain sebagainya.

Pempek umumnya disajikan dengan potongan timun, mie kuning dan siraman kuah cuko yang segar. Perpaduan dari gurihnya pempek dengan cita rasa pedas, manis, dan asam dari cuko menjadikan pempek disukai oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang enak, harga pempek juga cukup terjangkau untuk traktiran ulang tahun saat tanggal tua. Menjadi makanan favorit bagi sebagian orang, tak heran jika pempek masuk sebagai salah satu jajanan pinggir jalan terbaik di dunia pada tahun 2023 menurut TasteAtlas.


Bakso

Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemui di mana saja. Bakso digemari oleh semua orang karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Apalagi bila dikonsumsi saat udara dingin, kuahnya yang hangat akan terasa makin nikmat.

Untuk traktiran ulang tahun di tanggal tua, Bakso yang dibuat sendiri tentunya akan lebih praktis dan ekonomis dibandingkan dengan membelinya di luar. Kamu bisa cobain resep bakso ayam sayur gurih dan lezat di rumah dengan mengkreasikan sesuai selera sebagai hidangan traktiran ulang tahunmu.


Cupcake

Cupcake merupakan kue berukuran kecil dilapisi kertas yang biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis membuat cupcake disukai oleh banyak orang. Cupcake memiliki varian bentuk, rasa dan topping yang bermacam-macam seperti caramel, whipped cream, cokelat, stroberi serta beberapa jenis buah-buahan lain dan es krim untuk menambah rasa agar semakin lezat.

Cocok untuk momen ulang tahun yang umumnya dirayakan dengan sentuhan manis dari kue, cupcake bisa jadi salah satu alternatif makanan pengganti kue untuk traktiran ulang tahun. Tentunya akan lebih praktis karena ukuran cupcake yang kecil dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Bentuk kecil yang manis dari cupcake akan menghadirkan kebahagiaan saat rayakan momen istimewa.

Karena saat mengonsumsi makanan manis, tubuh dapat merangsang produksi serotonin dalam otak yang dikenal sebagai hormon “bahagia” yang dapat mempengaruhi suasana hati dan memberikan perasaan bahagia dan nyaman. Untuk kamu pecinta makanan manis, akan ada program baru “Sweet Yummy” dari Dens.TV yang akan tayang di tahun ini untuk memberikan kamu rekomendasi kuliner makanan manis, tungguin ya!


Itulah tadi beberapa ide makanan traktiran ulang tahun saat tanggal tua, kira-kira sudah kepikiran mau traktir makanan apa untuk rayakan ulang tahunmu bersama orang-orang terdekat? Nah, dalam rangka perayaan Ulang Tahun yang ke-11 tahun, Dens.TV menghadirkan beberapa kategori VOD baru lho yaitu, 11 Best Hidden Gem dan 11 Most Favorite Recipes. Siapa tahu ada ide lain untuk traktiran ulang tahun kamu dari VOD tersebut.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat