×

L O A D I N G

Perbedaan Tomahawk dan Rib-eye, Daging Steak dari Iga Sapi

Tomahawk dan rib-eye merupakan daging yang diambil dari bagian rusuk dengan daging berselimut iga. Rib-eye merupakan bagian dari tomahawk karena keduanya adalah satu kesatuan. Walaupun berasal dari bagian yang sama, keduanya memiliki cita rasa dan karakteristik yang berbeda.

Penyajian

Perbedaan tomahawk dan rib-eye bisa dilihat dari penyajiannya. Tomahawk biasanya disajikan bersama tulang rusuk besar yang bisa dipegang satu tangan. Potongannya menyerupai kapak tomahawk. Sementara itu, rib-eye biasanya disajikan dalam bentuk potongan daging utuh tanpa tulang.

Potongan

Tomahawk diambil dari daging bagian otot iga sapi kalau bahasa latinnya Longissimus Dorsi. Potongan Daging tomahawk sebenarnya diambil dari rib-eye, tetapi tulangnya tetap dibiarkan menempel. Rib-eye diambil dari bagian tengah Longissimus Dorsi antara ruas tulang rusuk keenam dan kedua belas, namun rib-eye tanpa tulang.

Ukuran

Tulang rusuk yang berada di dalam daging jenis tomahawk membuat daging jenis ini memiliki berat lebih. Biasanya steak jenis ini memiliki berat antara 2 dan 3 pounds dengan ketebalan antara 1,25 inch hingga 1,5 inch tergantung potongannya. Rusuk sapi ini memanjang dan menyisakan daging tomahawk lebar di salah satu ujungnya. Sementara rib-eye memiliki ukuran lebih kecil dari tomahawk yakni ¾ inch dan ketebalannya sekitar 1 inch.

Tekstur

Tomahawk punya marbling yang cantik dan bagian lemak luarnya rata-rata sudah di trim. Jadi, dagingnya akan meleleh dimulut saat dimakan dengan sedikit kekenyalan di bagian daging yang lebih tebal. Sementara rib-eye memiliki keseimbangan antara lemak dan daging yang membuat teksturnya jadi lembut. Karena rib-eye juga terkenal dengan daging yang juicy dan empuk.

Cara Memasak

Jenis daging tomahawk lebih sulit dimasak dengan sempurna karena adanya tulang rusuk dan perlu memastikan seluruh bagian steak matang merata. Sementara memasak rib-eye lebih mudah dan lebih cepat dan mudah untuk mencapai tingkat kematangan yang merata.

Meski keduanya berasal dari tempat yang sama, sudah terjawab ya kalau tomahawk dan rib-eye berbeda. Yuk nonton ”Meat and Great : Worth to Wait” bersama pitmaster Dandy Darmono untuk mendapatkan tips dan trik tentang daging di sini



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat