×

L O A D I N G

Tips Mengolah Daging Sapi Agar Tetap Empuk

Mengolah daging sapi seringkali jadi pilihan untuk menu masakan di rumah. Ada banyak sekali menu santapan populer berbahan dasar daging sapi. Salah satu kunci kelezatan dari ragam menu olahan daging tersebut adalah mendapatkan tekstur daging yang empuk dengan cara mengolah daging dengan baik. Yuk simak tips mengolah daging sapi sebelum hingga sesudah dimasak agar daging tetap empuk!

Perhatikan Jenis Potongan Daging

Sebelum memasak daging, jangan lupa untuk memperhatikan jenis potongan daging. Dikarenakan tiap bagian potongan daging sapi memiliki kualitas dan tekstur yang berbeda beda serta memengaruhi juga proses memasak daging. Beberapa potongan daging lebih cocok untuk dimasak dengan metode tertentu. Misalnya, potongan daging yang banyak mengandung kolagen (seperti bagian di sekitar tulang) lebih baik dimasak dengan metode memasak lambat untuk mendapatkan hasil yang empuk agar kolagen dalam tulang benar-benar meresap pada daging.

Lakukan Proses Thawing

Proses thawing merupakan sebuah proses sebelum memasak daging dengan mengeluarkan daging dari lemari es dan membiarkan daging mencapai suhu ruangan. Penyesuaian suhu daging membantu menghasilkan daging yang matangnya lebih merata. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan pada proses thawing, diantaranya merendam daging yang terbungkus rapat dalam air dingin, memindahkan daging dari freezer ke kulkas pendingin, hingga menggunakan microwave yang memiliki opsi thawing.

Marinasi Sebelum Memasak Daging

Marinasi adalah proses merendam daging dengan campuran bumbu atau garam selama beberapa waktu sebelum memasak daging. Tahap ini tidak hanya memberikan rasa yang lebih baik tetapi juga membantu melembutkan serat daging. Tambahkan bahan asam seperti jeruk, cuka, atau anggur pada marinasi. Bahan asam tersebut dapat membantu melembutkan serat daging, sehingga dapat membantu mengempukkan daging.

Perhatikan Suhu dan Waktu Memasak

Saat memasak daging, sesuaikan suhu dengan jenis olahan daging yang dimasak. Serta pahami waktu memasak yang diperlukan untuk setiap jenis potongan daging. Memasak terlalu lama dapat membuat daging kering, alot, dan keras. Tahap memasak di tingkat kematangan medium rare menjadi andalan para pecinta daging, sebab tekstur yang didapatkan akan pas dan daging lebih juicy.

Tahap Resting

Tahap resting adalah tahap setelah memasak daging dengan mendiamkan daging untuk beristirahat sebentar sebelum dipotong. Proses ini memungkinkan juice dalam daging tersebar merata serta membuatnya tetap juicy. Lama proses resting tergantung dari waktu memasak daging dan ketebalan daging. Biasanya daging perlu diistirahatkan sepertiga dari waktu memasak. Jika langsung memotong daging tanpa melalui tahap resting, bisa membuat juicy dalam daging akan bocor ke piring sehingga daging terasa kering dan lebih alot.

Dengan memperhatikan tips-tips nya, kamu bisa mengolah daging sapi dengan hasil akhir yang empuk, juicy dan lezat untuk olahan berbahan dasar daging sapi di rumah. Yuk nonton ”Meat and Great : Surf & Turf” bersama chef Rayhan untuk mendapatkan tips memasak daging dengan tingkat kematangan yang pas yaitu medium rare. Nonton di sini.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat