×

L O A D I N G

Resep Gurame Sambal Kemangi, Olahan Rumahan yang Lezat

By: Dens.TV Original Production

Ikan gurame menjadi salah satu ikan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan rumahan. Selain asam manis, gurame juga bisa diolah dengan perpaduan sambal kemangi. Sesuai namanya, resep gurame sambal kemangi menggunakan bahan utama daun kemangi. Fungsi daun kemangi untuk menambah aroma sedap dalam sajian sambal, sekaligus memberikan cita rasa yang segar. Perpaduan pedasnya sambal dengan aroma kemangi yang khas membuat hidangan resep gurame sambal kemangi sangat menggugah selera. Yuk simak resep selengkapnya!

Bahan:

1 ekor Gurame


5 sdm Terigu untuk menggoreng


2 liter Minyak Goreng


3 buah Jeruk Nipis


4 siung Bawang Putih


7 siung Bawang Merah


10 buah Cabai Merah Keriting


10 buah Cabai Rawit Merah


1 buah Tomat


1 iris Terasi


½ Gula Merah


1 mangkok Kemangi


Garam secukupnya


Gula secukupnya


Penyedap rasa secukupnya


Lada bubuk secukupnya


Ketumbar bubuk secukupnya

Cara Membuat Gurame Goreng:

  1. Siapkan 1 ikan gurame lalu sayat miring badan ikan dua sampai tiga sayatan, lakukan di kedua sisi ikan gurame.
  2. Berikan perasan lemon. Balur kedua sisinya.
  3. Marinasi ikan gurame dengan taburan garam, penyedap rasa, lada, ketumbar bubuk pada kedua sisi dan balur hingga merata. Diamkan ikan selama 15 menit.
  4. Setelah menunggu 15 menit, berikan terigu di seluruh bagian ikan sampai merata.
  5. Siapkan wajan, panaskan minyak. Goreng ikan gurame sampai matang merata hingga berubah warna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Sambal Kemangi:

  1. Siapkan chopper, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit merah. Tambahkan minyak secukupnya.
  2. Potong gula merah dan tomat.
  3. Panaskan wajan dan minyak, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan potongan tomat dan gula merah. Tambahkan ketumbar bubuk dan daun kemangi.
  4. Tambahkan garam, lada bubuk, penyedap rasa. Aduk rata hingga matang.
  5. Sajikan ikan gurame di piring. Balur dengan bumbu sambal kemangi yang sudah ditumis. Gurame sambal kemangi siap dihidangkan! 

Bagi penggemar masakan dengan olahan sambal, resep gurame sambal kemangi cocok untuk ide masakan pedas yang harus kamu coba. Yuk saksikan tayangan resep gurame sambal kemangi di “Secret Chef” Episode 6 yang akan tayang pada Sabtu, 17 Februari 2024 pukul 19.00 WIB dan ada tayangan ulang pada Jumat, 23 Februari 2024 pukul 11.00 WIB hanya di Dens Food Channel. Bisa nonton juga VOD “Secret Chef” yang tersedia setiap Rabu.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat