×

L O A D I N G

Minuman Pelepas Dahaga, Resep Es Kopyor dari Jelly

By: Dens.TV Original Production

Cuaca panas sangat cocok untuk menyajikan minuman pelepas dahaga yang menyegarkan. Salah satunya resep es kopyor, minuman manis dan segar yang bahan utamanya dari kelapa kopyor. Kelapa kopyor adalah kelapa yang mengalami kelainan genetik sehingga daging buahnya lunak dan tidak menempel pada batok kelapa. Namun, sekarang kelapa kopyor semakin susah ditemukan. Tetapi kamu tetap bisa membuat resep es kopyor tanpa menggunakan kelapa kopyor asli lho, yaitu dengan membuat kopyor sintetis atau buatan dari jelly. Resep es kopyor dari jelly ini bisa jadi alternatif pengganti kopyor asli yang sudah sulit ditemukan sekarang. Yuk simak resep selengkapnya!

Bahan Kopyor:

400 ml Air


15 gram Jelly Bubuk


14 gram Gula Pasir


30 ml Sirup Cocopandan


1 buah Es Batu Balok


Bahan Air Susu:

600 ml Air Mineral / Air Kelapa


90 ml Susu Kental Manis


35 ml Santan Cair


Isian:

100 gram Daging Kelapa


6 sdm sirup Cocopandan


Es Batu

Cara membuat:

  1. Siapkan panci untuk memasak jelly. Tuangkan air, masukkan jelly bubuk. Aduk. Tambahkan gula. Aduk hingga rata.
  2. Nyalakan api. Pastikan jelly tidak menggumpal. Tambahkan sirup cocopandan untuk merubah warna. Aduk kembali hingga mendidih.
  3. Untuk membuat kopyor, siapkan es batu balok. Tuang sedikit demi sedikit jelly di atas es batu untuk membuat tekstur tipis kopyor. Sisihkan jelly.
  4. Siapkan air mineral/air kelapa, tuangkan 6 sdm susu kental manis. Aduk. Tambahkan 2,5 sdm santan. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Siapkan gelas saji. Masukkan kopyor sintetis atau buatan dari jelly dan daging kelapa. Tambahkan 3 sdm sirup setiap gelasnya. Masukkan es batu dan tuang kuah susu creamy yang sudah dibuat.
  6. Es kopyor siap dihidangkan.

Kamu bisa mengkreasikan resep es kopyor dengan tambahan topping lainnya seperti kelapa muda, nata de coco, cendol, buah-buahan atau lainnya. Resep es kopyor bisa jadi ide minuman yang bisa kamu sajikan saat cuaca panas sebagai minuman pelepas dahaga. Kamu bisa saksikan tayangan Resep Es Kopyor di “Masak Bareng” Episode 1 bersama Chef Rayhan dan Inez. Selain itu, kamu bisa nonton Video On Demand (VOD) yang tersedia di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat