×

L O A D I N G

5 Prediksi Film Terbaik Oscar 2024

Ajang penghargaan bergengsi, Academy Awards atau biasa disebut Oscar diselenggarakan setiap tahun sebagai ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman di Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan kepada para pelaku industri film sejak 1929. Para pemenang akan menerima sebuah piala ikonik berbentuk patung manusia yang biasa disebut Piala Oscar. Upacara penghargaan Oscar 2024 akan digelar pada 10 Maret 2024 dari Dolby Theatre di Hollywood, California, Amerika Serikat.

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengumumkan daftar kategori nominasi Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 pada bulan Januari lalu. Salah satu kategorinya adalah Best Picture atau film terbaik. Diantaranya film-film yang masuk dalam nominasi adalah American Fiction, Anatomy of a Fall, Barbie, The Holdovers, Killers of the Flower Moon, Maestro, Oppenheimer, Past Lives, Poor Things dan The Zone of Interest.

Dari kesepuluh judul film yang masuk dalam kategori tersebut, ada lima prediksi film terbaik dari ajang penghargaan Oscar 2024.


Oppenheimer

Film “Oppenheimer” masuk sebagai salah satu nominasi film terbaik Oscar 2024. Film “Oppenheimer” merupakan film karya Christopher Nolan yang mengangkat kisah kehidupan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan teoretis yang berperan penting dalam penciptaan bom atom ketika memimpin penelitian untuk Manhattan Project.

Christopher Nolan bertindak sebagai sutradara dan penulis untuk film tersebut dengan melibatkan istrinya, Emma Thomas sebagai seorang produser. Christopher Nolan menulis naskah film “Oppenheimer” berdasarkan buku berjudul “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer” yang ditulis oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Christopher Nolan dalam film “Oppenheimer” menggabungkan beberapa aspek terbesar dari filmografinya yang luar biasa dan membungkusnya menjadi satu produk film yang kuat dan eksplosif.

Film “Oppenheimer” diperkirakan memakan biaya produksi sebesar US$100 juta. Jumlah ini setara dengan Rp 1,57 triliun (kurs Rp 15.769/US$). Salah satu faktanya adalah Christopher Nolan ternyata tidak menggunakan teknologi Computer-Generated Imagery (CGI) dalam mengambil gambar ledakan bom atom dalam film tersebut.

Berdasarkan laman aggregator Rotten Tomatoes pada Rabu (6/3), film “Oppenheimer” mencetak skor kritikus 93 persen dari 499 ulasan yang telah dirilis. Film tersebut dinilai berhasil mengemas kisah hidup sang fisikawan menjadi cerita yang betah untuk ditonton, didukung audio visual memukau serta akting brilian para pemeran.

Aktor bertabur bintang yang turut dihadirkan, diantaranya Cillian Murphy yang dipercaya sebagai pemeran utama. Serta dibintangi Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., hingga Florence Pugh. Film “Oppenheimer” menjadi sebuah film blockbuster box office 2023 yang menghasilkan hampir 1 miliar dollar di seluruh dunia.

Film “Oppenheimer” berhasil memperoleh nominasi terbanyak di Oscar 2024 dengan mengantongi total 13 nominasi, diantaranya Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Sound, Best Original Score, Best Makeup and Hairstyling, Best Production Design dan Best Film Editing.


Poor Things

Film “Poor Things” masuk sebagai salah satu nominasi film terbaik Oscar 2024. Poor Things merupakan film bergenre black comedy yang merupakan karya dari sutradara asal Yunani, Yorgos Lanthimos yang terkenal dengan film-film unik dan eksentriknya dan penulis naskah Tony McNamara. Film ini diangkat dari novel “Poor Things” karya Alasdair Gray, yang merupakan parodi dari novel “Frankenstein” karya Mary Shelley, yang menceritakan tentang seorang ilmuwan yang menciptakan makhluk hidup dari bagian-bagian mayat.

Yorgos Lanthimos yang terkenal dengan gaya film aneh dan dinginnya, melalui “Poor Things” dia menunjukkan sisi yang lebih lembut dan penuh kegembiraan. Film “Poor Things” mengisahkan seorang wanita muda bernama Bella Baxter (Emma Stone) yang bangkit kembali dari kematiannya setelah mengalami kecelakaan misterius. Ia dibangkitkan atau dihidupkan kembali oleh seorang ilmuwan sangat cerdas bernama Dr. Godwin Baxter (Willem Dafoe).

Emma Stone didapuk menjadi pemeran utama film tersebut. Sedangkan Mark Ruffalo, Willem Dafoe, Ramy Youssef, Christopher Abbott, dan Jerrod Carmichael menjadi lawan mainnya.

Film “Poor Things” bukanlah film yang murah. Film ini membutuhkan biaya produksi sebesar $35 juta, yang sebagian besar digunakan untuk membayar gaji para bintang utama. Jumlah ini setara Rp 550 miliar (kurs Rp 15.769/US$).

Selain itu, film “Poor Things” juga membutuhkan biaya untuk efek khusus, kostum, dan lokasi syuting yang beragam. Film ini syuting di beberapa negara, seperti Hungaria, Portugal, Prancis, dan Inggris. Selain itu, film “Poor Things” juga menggunakan teknologi de-aging untuk membuat para aktor terlihat lebih muda sesuai dengan karakter mereka.

Berdasarkan laman aggregator Rotten Tomatoes pada Rabu (6/3), film “Poor Things” mencetak skor kritikus 93 persen dari 355 ulasan. Film tersebut dinilai sangat imajinatif dan menggembirakan termasuk film yang brilian karya Yorgos Lanthimos dan bintang Emma Stone yang sangat memukau.

“Poor Things” bukan hanya film yang menghibur, tetapi juga merupakan eksplorasi unik tentang kebebasan, perjalanan hidup, dan hak setiap individu untuk mengejar kebahagiaan mereka sendiri. Dengan kombinasi elemen-elemen visual yang menakjubkan, dan penampilan akting yang brilian, “Poor Things” telah menyajikan pengalaman sinematik yang tak terlupakan bagi para penonton.

Film “Poor Things” memperoleh 11 nominasi di Oscar 2024 salah satunya Best Picture beserta 10 nominasi lain diantaranya Best Director, Best Actress, Best Supporting Actor, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Original Score, Best Makeup and Hairstyling, Best Production Design dan Best Film Editing.


Killers of the Flower Moon

Film “Killers of the Flower Moon” masuk sebagai salah satu nominasi film terbaik Oscar 2024. Killers of the Flower Moon merupakan film yang diadaptasi dari novel non fiksi karya David Grann berjudul sama. Film ini disutradarai dan diproduksi oleh Martin Scorsese. Dalam film tersebut, Martin Scorsese menggandeng Eric Roth sebagai penulis skenario.

Cerita film “Killers of the Flower Moon” berlatar tragedi pembunuhan suku Osage pada 1920-an. Tragedi tersebut dikisahkan dari sudut pandang orang kulit putih Ernest Burkhart (Leonardo DiCaprio) dan istrinya, perempuan asli Osage, Mollie (Lily Gladstone). Di balik pernikahan itu, Ernest punya ambisi bersama pamannya yang bernama William K. Hale (Robert De Niro). Mereka berencana untuk menguasai lahan keluarga Mollie yang menjadi sumber kekayaan mereka.

Tragedi pembunuhan berantai terhadap suku Osage pada 1920-an itu lalu disulap menjadi tontonan membuka mata. Durasinya yang panjang sekitar 3 jam 26 menit tersebut sebanding dengan kekuatan cerita yang dihadirkan Martin Scorsese dalam “Killers of the Flower Moon”, yang disempurnakan dengan penampilan gemilang dari Leonardo DiCaprio, Robert De Niro, dan Lily Gladstone.

Proses pembuatan film ini dilakukan di Oklahoma dan menjadi film termahal yang pernah dibuat di tempat tersebut. Biaya produksi film “Killers of the Flower Moon” mencapai $200 juta dollar Amerika. Jumlah ini setara Rp 3,14 triliun (kurs Rp 15.769/US$).

Martin Scorsese mungkin tidak bisa menuturkan cerita secara sempurna karena bukan orang asli Osage. Namun, sebagai sang sutradara dirinya mampu memberikan perspektif terbaik terhadap sejarah kelam yang dialami suku Osage pada masa itu. “Killers of the Flower Moon” juga ciamik dalam urusan visual. Desain produksi film ini cukup detail dalam menggambarkan dunia orang-orang Osage pada 1920-an. Eksekusi visual ini juga membuktikan Martin Scorsese masih terus berkembang walau sudah berkiprah di Hollywood selama '60-an tahun.

Berdasarkan laman aggregator Rotten Tomatoes pada Rabu (6/3), film “Killers of the Flower Moon” mencetak skor kritikus 93 persen dari 459 ulasan. Film tersebut dinilai sangat luar biasa dengan sinematografi yang indah serta akting dan cerita yang kuat meskipun dengan durasi yang cukup lama.

Film “Killers of the Flower Moon” memperoleh 10 nominasi di Oscar 2024 diantaranya Best Picture, Best Director, Best Actress, Best Supporting Actor, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Original Score, Best Makeup and Hairstyling, Best Production Design dan Best Film Editing.


Barbie

Film “Barbie” masuk sebagai salah satu nominasi film terbaik Oscar 2024. Barbie merupakan film garapan Greta Gerwig, sutradara yang terkenal lewat film “Lady Bird” (2017) dan film “Little Women” (2019). Greta Gerwig berkolaborasi dengan pasangannya, Noah Baumbach, yang menjadi penulis naskah untuk film “Barbie”.

Film ini mengisahkan Barbie (Margot Robbie) dan Ken (Ryan Gosling), yang kehidupan sempurnanya di Barbie Land perlahan-lahan berantakan karena manusia yang bermain dengannya di dunia nyata merasa sedih. Kaki Barbie-nya yang melengkung menjadi rata, pahanya menjadi berselulit dan ia mulai terganggu oleh pikiran tentang kematian. Namun, kehadiran Ryan Gosling yang berperan sebagai Ken mencarkan suasana perubahan di dunia nyata. Tingkah konyol Ryan Gosling menambah nilai komedi dalam film tersebut.

Untuk ukuran film berjenis komedi, Barbie menelan biaya cukup besar saat produksi, yaitu 145 juta dollar. Jumlah ini setara dengan Rp 2,27 triliun (kurs Rp 15.769/US$). Beberapa aktor yang terlibat tak tanggung-tanggung, ada Margot Robbie yang juga menjadi produser, Ryan Gosling, Will Ferrel, Emma Mackey, Simu Liu, Michael Cera, America Ferrera, dan masih banyak lagi.

Selain diperankan oleh deretan aktor terkenal, soundtrack Barbie pun diisi dengan musisi ternama. Di antaranya ada Dua Lipa (Dance The Night), Billie Eilish (What Was I Made For?), Nicki Minaj, Ice Spice, Aqua (Barbie World), dan Charli XCX (Speed Drive).

Film “Barbie” juga sarat akan unsur feminisme dan kritik terhadap konsep Barbie. Penonton bisa melihat bagaimana Barbie Land, tempat di mana perempuan dapat menjadi yang mereka inginkan. Bahkan, di Barbie Land perempuan bisa memegang kendali, sebuah fenomena yang terlihat berbeda dibandingkan dengan dunia nyata.

Salah satu situs ulasan terkenal, Rotten Tomatoes telah merilis ulasan Barbie dari sejumlah kritikus terverifikasi. Total penilaian saat ini adalah 88 persen dari 497 ulasan yang masuk pada Rabu (6/3). Tentunya, angka itu fluktuatif, bisa berubah. Namun, salah satu kritikus menilai bahwa film “Barbie” menjadi komedi visual yang mempesona dengan humor yang dilengkapi dengan cerita yang subversif.

Film “Barbie” memperoleh 8 nominasi di Oscar 2024 diantaranya Best Picture, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, Best Original Song, Best Costume Design, Best Production Design dan Best Film Editing.


Maestro

Film “Maestro” masuk sebagai salah satu nominasi film terbaik Oscar 2024. Film yang disutradarai oleh Bradley Cooper ini mengangkat kisah kehidupan romansa seorang komposer Leonardo Bernstein. Bradley Cooper juga menjadi pemeran bersama aktor lainnya seperti Carey Mulligan, Matt Bomer, Maya Hawke, dan Sarah Silverman. Selain itu Bradley Cooper juga menulis naskah bersama dengan Josh Singer.

Film “Maestro” merupakan film biopik yang mengisahkan hubungan komposer Leonard Bernstein (Bradley Cooper) dengan istrinya, Felicia Montealegre (Carey Mulligan). Film ini menampilkan perjalanan awal Leonard saat merintis karier di New York City sekitar 1943-an. Ia kemudian melakoni debut menjadi komposer di New York Philharmonic. Kehidupan Bernstein lantas berubah setelah ia bertemu Felicia Montealegre. Ia jatuh cinta hingga akhirnya menikah dan melanjutkan karier sebagai salah satu maestro Amerika.

Film “Maestro” bukan sekadar sebuah film. Tetapi juga sebuah cerita yang memikat hati dengan sentuhan musikalitas yang tak terlupakan. Ini adalah persembahan audiovisual yang membius dan memperkaya setiap penontonnya. Film ini bukan hanya mendapatkan pujian atas akting luar biasa Bradley Cooper dan Carey Mulligan, tetapi juga meraih kekaguman melalui cerita yang mendalam dan penyutradaraan yang cerdas. Namun ada pula kontroversi mengenai penggunaan hidung palsu oleh Bradley Cooper untuk memerankan Leonardo Bernstein.

Biaya produksi film “Maestro” mencapai $80 juta dollar Amerika. Jumlah ini setara Rp 1,25 triliun (kurs Rp 15.769/US$). Dalam setiap bagian cerita dan musiknya, film “Maestro” membawa penontonnya meresapi keindahan cinta dan kompleksitas manusia, menjadi sebuah perpaduan yang mengaduk sisi emosional.

Berdasarkan laman aggregator Rotten Tomatoes pada Rabu (6/3), film “Maestro” mencetak skor kritikus 97 persen dari 321 ulasan. Film tersebut dinilai menyajikan gambaran yang menggugah tentang kehidupan dan warisan bakat luar biasa dari komposer Leonard Bernstein.

Film “Maestro” memperoleh 7 nominasi di Oscar 2024 diantaranya Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Original Screenplay, Best Cinematography, Best Sound, dan Best Makeup and Hairstyling.

Mau lihat deretan selebriti pemeran film terbaik, seperti Emma Stone, Margot Robbie, Lily Gladstone, Carey Mulligan dan lainnya saat menghadiri Oscar 2024. Yuk saksikan LIVE Red Carpet Oscar 2024 pada hari Senin, 11 Maret 2024, pukul 03.00 WIB di Channel Premium ROCK Entertainment. Serta ada tayangan ulang di hari yang sama pada Senin, 11 Maret 2024 pukul 18.15 WIB.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat