×

L O A D I N G

5 Ide Minuman Segar Pelepas Dahaga untuk Berbuka Puasa

Menjalani ibadah puasa, tak lengkap rasanya jika tidak menyuguhkan minuman yang menyegarkan ketika berbuka. Segelas minuman segar mampu melegakan dahaga setelah seharian berpuasa. Selain itu, minuman segar juga penting untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas di siang hari ketika berpuasa. Ada berbagai macam minuman segar yang dapat menyegarkan dahaga ketika berbuka. Bahkan beberapa minuman segar bisa sekaligus mengenyangkan karena terdapat isian di dalamnya. Berikut lima ide minuman segar yang bisa kamu buat untuk hidangan berbuka puasa!

Es Buah


Es buah menjadi salah satu minuman segar yang biasa dihidangkan saat berbuka puasa. Es buah merupakan es dengan kuah segar dan isian beraneka macam buah. Es buah menjadi salah satu minuman favorit yang selalu dicari orang-orang ketika berbuka puasa. Minuman dingin dan manis ini terbuat dari kumpulan buah-buahan segar yang dipotong-potong.

Es buah memiliki kuah segar yang umumnya terbuat dari campuran sirup, air rebusan gula dan juga susu. Sementara untuk isian buahnya menggunakan buah-buahan yang mengkal atau padat. Beberapa jenis buah yang biasa digunakan untuk membuat es buah ialah buah naga, melon, pepaya, dan aneka buah lainnya. Setelah itu, buah-buahan tersebut dicampurkan dengan es batu dan kuah segar. Ada pula isian lain seperti kolang-kaling hingga jelly bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Terbayang kan betapa segarnya es buah dengan warna warni potongan buah dan isian lainnya untuk disantap ketika berbuka? yuk simak Resep Es Buah dan kreasikan sendiri di rumah sebagai sajian berbuka puasa pelepas dahaga!

Es Timun Serut


Es timun serut menjadi salah satu minuman segar yang bisa dihidangkan untuk berbuka puasa. Es timun serut terbuat dari campuran timun yang diserut lalu ditambah sirup sebagai pemanis sehingga rasanya jadi sangat menyegarkan. Es timun serut adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Aceh. Masyarakat Aceh biasa menyebut es timun serut dengan sebutan “Le Boh Timon”. Penamaan Es “Le Boh Timon” berasal dari bahasa Aceh, Le artinya air, Boh artinya artinya buah, dan Timon artinya mentimun.

Selain menyegarkan, es timun serut juga memiliki banyak manfaat. Mentimun sebagai bahan utama dari es timun serut berkhasiat sebagai antiradang, penyegar tubuh, serta menjadi pelepas dahaga. Mentimun mampu menghidrasi tubuh setelah seharian kekurangan cairan karena menahan haus saat berpuasa. Selain itu, timun juga bisa menurunkan tekanan darah serta mencegah kanker. Serta banyak lagi manfaat timun yang bisa dirasakan oleh tubuh. Simak Resep Praktis Es Timun Serut yang Kaya Manfaat dan buat sendiri es timun serut sebagai sajian minuman segar ketika berbuka puasa.

Es Kopyor

Es kopyor menjadi salah satu minuman segar yang cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa. Bahan utama es kopyor terbuat dari kelapa kopyor. Kelapa kopyor adalah kelapa yang mengalami kelainan genetik sehingga daging buahnya lunak dan tidak menempel pada batok kelapa. Kelapa kopyor memiliki ciri-ciri yakni jumlah air kelapanya sedikit, memiliki aroma khas yang berbeda dari daging kelapa biasa serta timbul suara menyerupai pasir bergerak ketika kopyor digoyangkan batoknya. Es kopyor biasanya disajikan dengan rasa manis dari campuran sirup, gula dan susu. Perpaduan kelapa kopyor dengan campuran sirup inilah yang menjadikan es kopyor memiliki rasa yang begitu menyegarkan.

Tetapi saat ini keberadaan kelapa kopyor semakin susah ditemukan. Saat ini, banyak orang yang membuat es kopyor tanpa menggunakan kelapa kopyor asli, melainkan dengan kopyor sintetis atau buatan dari jelly. Simak Resep Es Kopyor dari Jelly sebagai alternatif pengganti es kopyor yang tidak kalah segarnya untuk disajikan sebagai minuman segar saat berbuka puasa.

Es Kolang Kaling


Selain sebagai bahan pelengkap untuk kolak, kolang kaling juga dapat dijadikan sebagai minuman segar pelepas dahaga untuk berbuka. Kolang kaling merupakan buah dari biji pohon aren yang memiliki ukuran kecil, berbentuk bulat sedikit lonjong dan berwarna putih serta memiliki tekstur kenyal dan manis. Kolang kaling bisa dipadukan dengan sirup atau pun santan yang diberi es batu disulap jadi minuman yang menyegarkan yakni es kolang kaling.

Kolang kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,6%. Selain kadar air, kolang kaling juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat. Kolang kaling sangat bermanfaat bagi tubuh. Saat bulan Ramadan kolang kaling dapat diolah menjadi minuman yang segar ala rumahan. Minuman segar ini tentunya dapat dijadikan sebagai obat penghilang rasa haus untuk menu buka puasa. Kombinasi antara kolang kaling yang kenyal dengan sirup yang manis dan bahan tambahan lainnya membuat minuman ini jadi kaya rasa dan menyegarkan. Simak Resep Es Kolang Kaling untuk Berbuka Puasa.

Es Pisang Ijo


Es pisang ijo dapat disajikan sebagai minuman segar untuk hidangan berbuka puasa. Es pisang ijo adalah sejenis minuman khas Makassar di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Es pisang ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan. Tidak hanya saat bulan Ramadan es pisang ijo disajikan, sepanjang tahun bahan dasar buah tropis itu akan selalu ada.

Setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya. Minuman yang mengenyangkan ini bisa disajikan di mangkuk. Tak sulit untuk membuat es pisang ijo. Bahan-bahannya mudah diperoleh dari warung-warung sekitar rumah. Simak Resep Es Pisang Ijo sebagai sajian berbuka puasa. Sajiannya memang sederhana, tetapi terasa nikmat sebagai pelepas dahaga.

Itulah tadi kelima ide minuman segar pelepas dahaga saat berbuka puasa. Meminum minuman yang segar tentunya membuat kamu kembali bertenaga dan lega, setelah menahan haus seharian. Terlebih beberapa minuman tidak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan. Kamu bisa cari tahu resep hidangan spesial Ramadan lainnya di Dens Food Channel.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat