×

L O A D I N G

5 Ide Menu Takjil Ala Rumahan untuk Berbuka Puasa

Saat bulan Ramadan, berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Tak heran jika banyak orang yang menantikan momen ini dengan penuh antusiasme, terutama untuk menyajikan menu takjil sebagai santapan untuk berbuka. Takjil adalah makanan dan minuman yang disantap untuk berbuka puasa. Kata takjil berasal dari bahasa Arab yang berarti menyegerakan atau mempercepat. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW untuk menyegerakan berbuka puasa apabila sudah tiba waktunya. Biasanya takjil identik dengan makanan manis.

Ada beragam sajian menu takjil ala rumahan yang bisa kamu sajikan untuk mengiringi berbuka puasa. Kamu bisa lho, menghabiskan waktu sambil menunggu maghrib tiba dengan membuat menu takjil! Tentunya akan lebih menghemat dan bisa di sesuaikan dengan selera. Selain itu, dengan membuat sendiri kamu juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang digunakan dan tentunya akan lebih ramah di kantong. Ada berbagai varian menu takjil yang mudah untuk disajikan.

Yuk simak lima ide menu takjil ala rumahan untuk buka puasa!

Kolak


Kolak merupakan salah satu menu takjil ala rumahan yang paling sering dijumpai dan diburu saat bulan Ramadan. Biasanya kolak terbuat dari irisan pisang, ubi dan kolang-kaling dengan kuah yang nikmat. Kuah kolak umumnya terbuat dari santan yang dicampur dengan gula merah. Dan ditambahkan daun pandan agar aromanya semakin harum. Aromanya yang kuat dari pandan, serta kemanisan dan kegurihan gula merah yang melimpah, membuatnya menjadi hidangan yang sangat dinantikan ketika waktu berbuka tiba. Gabungan sempurna antara manis gula merah, lembutnya santan, dan kelezatan pisang menjadikan kolak sebagai sajian yang sangat menggugah selera.

Rasa manis yang dihasilkan kolak juga sangat identik. Wajar saja jika banyak orang yang menyukainya. Kolak juga dapat membantu kita mendapatkan energi baru setelah seharian berpuasa. Dari segi penyajiannya, kolak pun dibagi menjadi beberapa jenis. Seperti kolak pisang, kolak ubi, kolak labu, kolak biji salak, dan masih banyak lagi. Simak Resep Kolak Pisang dan kreasikan kolak sesuai seleramu sebagai menu takjil untuk kamu sajikan di rumah sebagai menu berbuka.

Teh Susu Kurma


Teh susu kurma dapat dijadikan sebagai ide menu takjil yang bisa kamu sajikan sebagai hidangan berbuka puasa. Umat Islam seringkali mendengar anjuran Rasulullah untuk buka puasa dengan kurma yang hukumnya sunnah. Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya untuk membantu pelepasan energi, menjaga kulit dan saraf tetap sehat, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Kurma juga baik dikonsumsi untuk mengembalikan energi saat buka puasa karena minim kandungan lemak, cukup serat, dan tinggi karbohidrat. Selain itu, kurma juga mengandung zat besi, protein, kalium, kalsium dan zinc.

Jika bosan mengkonsumsi buah kurma yang kaya manfaat dengan dimakan secara langsung. Kamu bisa mengkreasikannya menjadi menjadi menu takjil yang menyegarkan. Salah satunya, teh susu kurma. Menyajikan campuran teh susu dan buah kurma yang dihaluskan membuat teh susu kurma memiliki cita rasa baru sebagai minuman segar yang cocok diminum untuk melepas dahaga saat berbuka puasa. Simak Resep Teh Susu Kurma sebagai menu takjil mu saat berbuka puasa.

Bubur Sumsum


Bubur sumsum bisa jadi ide menu takjil yang bisa kamu hidangkan saat berbuka. Bubur sumsum adalah makanan tradisional Indonesia yang populer. Bubur sumsum terbuat dari bahan dasar tepung beras. Bubur sumsum memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta memiliki rasa yang manis dan gurih karena menggunakan santan kelapa. Menyantap makanan manis memang menjadi sunnah nabi untuk buka puasa, maka berbuka dengan bubur sumsum adalah pilihan menu takjil yang tepat.

Dibalik kenikmatan bubur sumsum sebagai menu takjil, ternyata hidangan ini mampu menghangatkan perut, berkat kandungan di dalamnya. Bubur sumsum juga bagus untuk menyerap sari makanan karena bahan gula, air, tepung beras yang mampu mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Dengan mengkonsumsi bubur sumsum perut akan terasa kenyang. Simak Resep Bubur Sumsum sebagai menu takjil yang bisa kamu hidangkan untuk berbuka.

Salad Buah


Salad buah bisa jadi pilihan saat kamu ingin menyiapkan menu takjil sehat yang menyegarkan. Sesuai namanya, salad buah berisi aneka macam potongan buah segar berwarna-warni dengan rasa yang segar dan saus dressing salad yang creamy dan lezat. Saus yang digunakan bisa perpaduan dari yogurt, madu, mayonaise hingga keju. Hal inilah yang membuat salah buah semakin nikmat, apalagi jika dimakan dalam keadaan dingin. Sehingga menu ini cocok disajikan sebagai menu takjil untuk sajian berbuka.

Berbagai buah-buahan bisa dijadikan isian salad buah. Mulai dari buah apel, pear, pepaya, melon, buah naga, anggur, stroberi hingga kiwi. Buah-buahan untuk salad buah juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Salad buah juga bisa ditambahkan dengan nata de coco maupun jelly berbagai rasa. Makan buah dengan menjadikannya salad merupakan cara mudah untuk memperoleh manfaat gizi di dalamnya. Selain itu, makan buah saat perut kosong atau sebelum makan berat dapat mempermudah proses penyerapan nutrisi oleh tubuh. Perpaduan rasa manis dari aneka buah dan creamy dari susu dan yogurt beserta tambahan keju membuat salad buah terasa lezat dan semakin menggugah selera. Cara membuat salad buah ini pun sangat sederhana dan cukup cepat. Simak Resep Salad Buah sebagai ide menu takjil selanjutnya!

Singkong Thailand


Singkong Thailand bisa jadi pilihan ide menu takjil untuk disajikan saat berbuka puasa. Singkong Thailand adalah camilan sederhana yang terbuat dari singkong rebus yang diberi saus santan. Kombinasi singkong yang lembut dengan campuran santan menciptakan rasa yang memikat lidah dengan rasa legit dan gurih jadi satu. Hidangan ini juga dapat mengenyangkan sehingga membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk hidangan berbuka puasa.

Singkong adalah salah satu bahan makanan asli Indonesia yang kaya akan karbohidrat. Ternyata singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam sebuah singkong terkandung aneka nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, mineral, vitamin C dan vitamin A. Karena kandungannya yang beragam, singkong sebagai bahan dasar dalam pembuatan singkong thailand, maka takjil satu ini terjamin sehat dikonsumsi sebagai hidangan berbuka. Simak Resep Singkong Thailand sebagai pilihan menu takjil selanjutnya yang bisa kamu kreasikan di rumah, bisa ditambah topping keju lho agar lebih nikmat!

Itulah tadi kelima ide menu takjil ala rumahan sebagai hidangan berbuka puasa yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengkonsumsi takjil berupa hidangan manis dalam porsi yang sesuai, maka energi yang hilang selama seharian berpuasa akan kembali terisi setelahnya. Kamu bisa cari tahu resep hidangan spesial Ramadan lainnya di Dens Food Channel.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat