×

L O A D I N G

Menu Mewah! Resep Membuat Salmon Lodeh Ala Restoran Hotel Bintang 5

By: Chef Nanda Young

Lodeh merupakan masakan rumahan khas Jawa yang berisi sayuran dengan kuah santan. Lauk pendamping sayur lodeh yang menjadi ciri khas Jawa biasanya menggunakan tempe semangit yaitu tempe yang hampir busuk yang memiliki rasa gurih dan ditambah sambal terasi.

Selain itu, ternyata lodeh bisa lho dikreasikan menjadi menu mewah ala restoran hotel bintang 5 dengan salmon panggang sebagai lauk pendamping lodeh. Daging ikan salmon yang memiliki kualitas bagus menciptakan rasa masakannya menjadi semakin nikmat.

Tips memilih daging ikan salmon yang segar dan berkualitas yaitu dengan melihat warna dagingnya. Kamu harus memilih yang berwarna jingga cerah dengan garis-garis putih halus karena itu menandakan ikan salmon masih segar. Kemudian daging ikan salmon segar tidak memiliki aroma terlalu amis.

Biasanya salmon dihidangkan pada menu makanan barat nah sekarang kita coba kombinasikan dengan menu tradisional Indonesia. Bagaimana ya rasanya? Langsung cobain aja di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini. Berikut resep Pan Seared Salmon dan Lodeh Emulsion.


Pan Seared Salmon


Bahan:

2 pcs Salmon Fillet


1 sdt Garam


1 sdt Lada


1 sdm Margarin


1 sdm Minyak


1 siung Bawang Putih



Cara Membuat:

  1. Bumbui semua permukaan salmon lalu masak di pan anti lengket kedua sisi hingga matang
  2. Sisihkan dan ikan salmon siap disajikan bersama sayur lodeh

Lodeh Emulsion


Bahan:

300 ml Air


50 ml Santan


3 siung Bawang Merah


2 siung Bawang Putih


1 ruas Lengkuas


2 lbr Daun Salam


Garam, Lada, Kaldu secukupnya


1 sdt Xanthan Gum



Cara Membuat:

  1. Rebus air bersama santan, setelah setengah mendidih masukkan semua rempah dan bumbu, rebus hingga harum dan bumbu matang
  2. Saring dan blender bersama dengan xanthan gum
  3. Sisihkan dan lodeh siap disajikan

Untuk isian sayuran lodeh yang dipanggang, resep bisa baca di sini.



Coco Foam

Agar terlihat mewah, menu lodeh salmon ini dihias dengan coco foam untuk menambah keestetikan dari makanan. Coco foam merupakan buih yang terbuat dari santan dan susu uht dan diolah menggunakan teknik molecular gastronomy. Ikuti resep di bawah ini untuk mencoba membuat coco foam ala chef Nanda.


Bahan:

50 ml Santan


50 ml Susu UHT


½ sdt Soy Lechitin



Cara Membuat:

  1. Hangatkan susu dan santan
  2. Masukkan semua bahan ke dalam bowl stainless
  3. Kocok dengan milk frother hingga berbuih
  4. Coco foam siap sajikan


Mau masak-masak sambil ditemenin chef profesional? Langsung nonton Dens Food Channel aja. Karena kamu bakal ditemenin chef Nanda memasak Pan Seared Salmon dan Lodeh Emulsion di live cooking “Masak Yuk! Bareng Chef Nanda”. Dan jangan lewatkan video on demand (VOD) Masak Yuk bareng chef Nanda di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat