×

L O A D I N G

Menyulap Makanan dengan Teknik Molecular Gastronomy

Saat berkunjung ke restoran mewah dan melihat menu yang penuh dengan hiasan yang unik, seperti terdapat buih atau busa yang diletakan di atas makanannya. Mungkin pernah lihat juga makanan yang berbentuk gelembung dengan diberikan asap-asap di sekelilingnya. Pasti kamu bertanya-tanya kok bisa ya? Bagaimana cara buatnya?

Jadi ternyata dalam dunia kuliner ada yang namanya teknik molecular gastronomy yaitu teknik mengolah makanan dengan memanfaatkan ilmu fisika dan kimia yang bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi penikmatnya. Hiasan-hiasan unik yang tadi dijelaskan di atas itu hasil dari penggunaan teknik molecular gastronomy yang digunakan oleh chef untuk mengubah tekstur, rasa, hingga presentasi makanan.

Ilmu fisika dan kimia pada teknik molecular gastronomy tidak akan berbahaya jika dilakukan dengan benar dan pengetahuan yang cukup. Jika sudah menguasai teknik molecular gastronomy, kamu bisa menyulap makanan dengan jenis-jenis teknik molecular gastronomy berikut ini.

Spherification (Sferifikasi)



Teknik spherification ini digunakan untuk membentuk suatu cairan menjadi sebuah bulatan kecil seperti bentuk kaviar atau telur ikan. Bahan yang dapat digunakan pada teknik ini yaitu Natrium Alginat yang bisa kamu temukan pada rumput laut dan Kalsium Klorida yang biasanya ada pada garam khusus untuk membuat keju.


Foam (Busa)

Jangan berpikir jika ini menggunakan busa dari sabun asli ya! Foam yang ini berbeda karena bisa dimakan. Teknik foam atau busa terbuat dari makanan cair seperti jus atau sup yang dicampur dengan stabilisator seperti agar-agar, lemak atau putih telur. Sehingga menciptakan tekstur yang ringan dan lembut.


Molecular Garnishes (Hiasan Molekuler)

Teknik ini menciptakan hiasan gelembung yang dapat dimakan yang terbuat dari cairan atau kristal makanan yang unik. Saat menikmatinya kamu akan mendapatkan pengalaman visual dan sensori saat makan. Contohnya yang pernah dibuat Chef Nanda saat buat sayur lodeh yang menggunakan teknik Molecular cek Resep Membuat Salmon Lodeh Ala Restoran Hotel Bintang 5.


Nitrogen Cair


Teknik molecular gastronomy dengan menggunakan teknik nitrogen cari ini dapat menciptakan efek visual dan tekstur unik pada makanan dan minuman. Seperti memberikan efek asap dingin yang dramatis pada makanan atau bisa juga sebagai pemecahan bahan yang nantinya dijadikan sebagai hiasan pada hidangan seperti coklat diberikan nitrogen cair lalu dipecahkan sehingga menjadi partikel-partikel yang sangat halus.



Itu dia jenis-jenis teknik molecular gastronomy. Pengen liat teknik teknik Molecular Gastronomy lainnya? Nonton "The Kitchen Musical" episode 7 dimana Alex dan Maddie berkreasi membuat menu eksperimental dengan teknik Molecular Gastronomy.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat