×

L O A D I N G

Eksplorasi Ragam Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Asupan makanan sehat dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Salah satu makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu tomat. Tomat kaya akan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan gizi yang ada di dalam tomat juga beragam yakni terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin K, antioksidan, serat, kalium, dan kalium. Ada beberapa cara mengonsumsi tomat agar kandungan gizinya tidak hilang, berikut uraiannya.

Masak Tomat dengan Waktu Singkat

Jika ingin menjadikan tomat sebagai bahan olahan masakan perhatikan kematangan tomatnya dengan memasak dengan waktu yang singkat. Karena kadar nutrisi pada tomat akan berkurang ketika terlalu lama pada panas yang berlebih.

Mengkonsumsi Tomat Mentah

Tomat segar bisa kamu konsumsi mentah tanpa dimasak dengan dikombinasikan dengan salad, sandwich atau sebagai cemilan yang sehat. Sebelum makan tomat mentah pastikan tomat dalam keadaan bersih dengan dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir.

Jangan Hilangkan Kulit Tomat

Kulit tomat memiliki banyak kandungan nutrisi dan serat. Oleh karena itu jangan hilangkan kulit tomat saat akan mengkonsumsinya agar kamu dapat manfaat nutrisi tomat lebih banyak dan optimal. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ternyata tomat memiliki fakta yang ga banyak orang tahu lho!

Banyak orang masih mengira bahwa tomat adalah sayur. Tapi ternyata faktanya tomat adalah buah. Berdasarkan ilmu pengetahuan botani ciri yang menyatakan bahwa tomat adalah buah adalah tomat memiliki biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Hal itu merupakan ciri-ciri buah. Namun berdasarkan dunia kuliner tomat merupakan sayuran karena tomat disandingan dengan sayuran lain untuk menjadi suatu hidangan.


Buah tomat memiliki banyak jenis dari yang bentuknya besar hingga kecil seperti ada tomat anggur, tomat ceri, tomat roma, tomat bistik, tomat pusaka, tomat hijau, dll. Dengan tomat-tomat berikut bisa dijadikan berbagai macam jenis hidangan masakan yang lezat seperti masakan khas Afrika yaitu shakshuka yang menggunakan tomat ceri dipadukan dengan roti gandum / roti sourdough yang nikmat.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat