×

L O A D I N G

4 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Kota Batu Jawa Timur

Potensi keindahan alam kota Batu membuat kota ini dikenal sebagai kota wisata yang memiliki banyak destinasi alam yang harus kamu kunjungi saat berlibur bersama keluarga atau teman. Kota Batu merupakan sebuah kota kecil di Gunung Arjuna, Jawa Timur yang memiliki pemandangan alam yang indah.

Banyak orang mengetahui bahwa kota Batu merupakan bagian dari kota Malang. Namun, sebenarnya sejak 17 Oktober 2001 kota Batu resmi terpisah dari kabupaten Malang dan menjadi kota otonom. Kota Batu dinobatkan sebagai kota wisata yang jumlah kunjungan wisatawan terbesar bersamaan dengan Bali dan Yogyakarta.

Selain wisata alam, kota Batu juga memiliki banyak wisata lainnya seperti wisata perkemahan, wisata keluarga, wisata pendidikan, dll. Berikut 4 rekomendasi tempat wisata paling populer di kota Batu, Jawa Timur.

Memacu Adrenalin di Kaliwatu Rafting

Kaliwatu rafting merupakan wisata arung jeram yang memacu adrenalin dengan menyusuri derasnya arus sungai Brantas. Sebelum menuju titik sungai arung jeram pengunjung harus menempuh 10 menit perjalanan dengan berjalan kaki melewati persawahan dengan pemandangan Gunung Panderman yang indah.

Saat rafting pengunjung akan merasakan berbagai macam rintangan mulai dari batu-batuan sungai yang besar, arus deras, serta ada trik dari instruktur yang membalikan perahu karet secara tiba-tiba ke dalam air yang agak dangkal bertujuan agar rafting lebih menyenangkan. Lokasi Kaliwatu rafting ini berada di Jalan Raya Pandanrejo No.19, Bumiaji, Kecamatan Batu, Jawa Timur.

Air Mancur Ikon Alun-Alun Kota Batu

Destinasi wisata selanjutnya yaitu alun-alun kota Batu yang memiliki banyak fasilitas yang menunjang kegiatan para wisatawan khususnya anak-anak. Pengunjung bisa menikmati keindahan kota Batu dari ketinggian dengan menaiki bianglala.

Di sana terdapat bianglala besar dengan gemerlap lampu yang indah pada malam hari. Selain bianglala, alun-alun kota Batu menyediakan area bermain anak lho! Pengunjung juga bisa bersua foto di spot-spot menarik yang ada di alun-alun kota Batu, seperti air mancur dengan ikon apel dan stroberi.

Melepas Penat di Air Terjun Coban Putri

Keluar dari hiruk pikuk perkotaan dan melepas penat dengan mengunjungi air terjun Coban Putri yang sejuk dan menenangkan. Air terjun ini berlokasi di lembah gunung Panderman Batu yang memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Rute menuju air terjun masih bisa ditempuh menggunakan kendaraan sekitar 400 meter dari pintu masuk. Air terjun Coban Putri terletak di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Selain pemandangan air terjun yang sangat indah pengunjung juga bisa melakukan aktivitas yang seru yakni dengan bermain rock climbing merasakan pengalaman menaiki tebing batu hingga bermain flying fox yang melewati sungai Coban Putri dan menikmati pemandangan dari atas lintasan flying fox. Jika kamu menyukai tantang, di sekitar air terjun Coban Putri juga terdapat kegiatan offroad dengan menggunakan mobil jeep dan menyusuri hutan pinus Coban Putri sejauh 2 km.

Hamparan Bunga di Taman Selecta Batu

Wisata populer selanjut ada Taman Selecta Batu yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Batuaji, Kabupaten Bumiaji, Kota Batu. Taman ini memiliki luas 18 hektar dan berada di ketinggian 1.100 mdpl tentu saja dengan udara sejuk khas dataran tinggi. Pesona taman bunga yang warna warni dan wahana yang menarik membuat destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota dan daerah.

Taman Selecta Batu sudah berdiri sejak 1928 oleh pemerintah Belanda yang dulunya dijadikan tempat peristirahatan. Selain itu, di taman Selecta Batu terdapat wahana sepeda udara, bianglala, flying fox, sepeda air, bahtera ayun, dll. Wahana-wahana tersebut bisa pengunjung nikmati bersama keluarga atau teman.


Itulah ke empat wisata populer di kota Batu yang wajib kamu kunjungi saat berlibur bersama keluarga. Masih ragu-ragu dengan pemandangan kota Batu? Yuk, nonton Batu Escape dan rasakan keseruan Abi seorang backpacker yang menjelajah wisata alam populer dan mencicipi Ragam Kuliner di Balik Pesona Alam Kota Batu.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat