×

L O A D I N G

Resep Sate Ayam Pedas Manis, Menu Bakar-Bakar Tahun Baru

By: Dens.TV Original Production

Malam tahun baru sering dirayakan dengan acara bakar-bakar bersama. Biasanya sate ayam menjadi menu favorit untuk hidangan saat momen pergantian tahun. Resep sate ayam pedas manis bisa jadi pilihan untuk menu bakar-bakar edisi malam tahun baru. Dengan bahan yang mudah didapat dan proses memasak yang bisa dilakukan bersama-sama, resep sate ayam pedas manis menjadi menu yang cocok untuk menambah kehangatan dan kebersamaan. Yuk simak resep selengkapnya!

Bahan :

Marinasi :

500 gr Paha Ayam fillet


1 buah Jeruk Nipis ukuran kecil


½ sdt Garam



Bumbu halus :

3 siung Bawang Putih


5 siung Bawang Merah


3 butir Kemiri


5 cm Lengkuas


5 buah Cabe Merah Keriting


3 buah Cabe Rawit


2 sdt Ketumbar Butir


2 sdm Kecap Manis


1 sdm Saus Tiram


1 sdm Kecap Ikan


1 sdt Kaldu Jamur


½ sdt Merica


2 sdm Air



Pelengkap :

Jeruk Limau


Margarin untuk olesan


Sambal Kecap


Cara membuat :

  1. Potong daging ayam memanjang lalu potong dadu membentuk potongan untuk sate. Pindahkan ke dalam wadah dan marinasi potongan ayam dengan kaldu jamur, garam, lada dan perasan jeruk nipis. Aduk rata lalu diamkan.
  2. Tusukkan potongan ayam yang sudah dimarinasi.
  3. Untuk membuat sambal sate, potong cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah. Lalu berikan garam, kaldu jamur dan kecap manis. Aduk rata
  4. Haluskan kemiri, bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, cabe rawit merah, lengkuas, ketumbar dan air di dalam blender.
  5. Panaskan wajan, lalu masukkan bumbu halus, kecap manis, kecap ikan dan saus tiram. Tambahkan garam, kaldu jamur, lada dan gula. Tumis hingga matang.
  6. Campurkan bumbu dengan potongan ayam yang sudah ditusuk hingga merata.
  7. Oleskan grill pan dengan mentega.
  8. Panggang dan bolak balik sate hingga matang
  9. Sajikan sate ayam di piring. Tambahkan potongan jeruk nipis di atas sate ayam.
  10. Sate ayam siap dinikmati dengan sambal pedas manis.

Sudah menjadi tradisi banyak masyarakat, untuk berkumpul bersama teman atau keluarga untuk menikmati perayaan tahun baru dengan agenda bakar-bakar dengan hidangan spesial malam tahun baru, salah satunya resep sate ayam pedas manis. Yuk saksikan tayangan Resep Sate Ayam Pedas Manis di Secret Chef Spesial Tahun Baru yang akan tayang pada Minggu, 31 Deember 2023 pukul 10.00 WIB hanya di Dens Food Channel. Jangan lewatkan VOD nya di sini.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat