×

L O A D I N G

4 Makanan Hits Jepang pada Pagelaran (X)S.M.L di Jakarta

(X)S.M.L menyelenggarakan pagelaran fashion show di tiga kota mode global dunia salah satunya di Jakarta, pada 26 Januari 2024 yang berlokasi di Kuningan City Mall. Dalam pagelarannya di Jakarta, tak hanya jadi ajang tampil dari koleksi-koleksi terbaik (X)S.M.L saja, tetapi ada hidangan yang bisa disantap oleh pengunjung yang datang sambil menikmati fashion show berlangsung. Pengunjung disuguhi beberapa makanan hits dari Jepang.

Peragaan busana yang juga menyajikan makanan hits dari Jepang tersebut diselenggarakan di food court Kuningan City Mall. Area food court seluas 300 meter persegi, diproyeksikan oleh Ohtani Design lab. Inc dengan teknologi digital, disulap menjadi sebuah perayaan komunitas lokal dalam budaya Jepang yaitu Festival Matsuri. Lengkap dengan lampion-lampion khas Jepang yang menggantung dan menghiasi sekitar area panggung peragaan, memberikan sensasi bagi para pengunjung seperti berada di tengah-tengah festival Jepang sungguhan.

Baca juga : Batik dan Kimono (X)S.M.L tampil di Tokyo hingga Paris

Selain memanjakan mata dengan pertunjukan proyeksi dari festival Jepang, ruang ini juga memberikan pengalaman menyenangkan sekaligus mengaktifkan indera perasa dengan menghadirkan beberapa makanan hits dari Jepang yang disajikan langsung oleh restoran SUMIBI dari Grup Astowa Food Indonesia yang merupakan salah satu restoran Jepang yang populer di Jakarta.

Oden

Oden merupakan salah satu masakan khas jepang jenis nabemono (makanan rebusan dalam panci ala Jepang) yang populer. Oden terdiri dari campuran beberapa bahan yang direbus di dalam kuah kaldu dasar masakan Jepang, dashi dan kecap asin. Cita rasa dari kuah oden bergantung pada selera orang yang membuat, ada yang suka dengan kuah lebih pekat dan lebih asin begitupun sebaliknya ada yang menyukai oden dengan kuah tidak terlalu asin.


Dalam seporsi oden yang disajikan dalam pagelaran (X)S.M.L terdapat beberapa bahan diantaranya chikuwa (olahan daging ikan berbentuk tabung), konnyaku (makanan Jepang dari umbi porang), tahu oden dan sosis. Disajikan hangat-hangat, pengunjung dapat menikmati lezatnya oden sambil menyaksikan peragaan busana dari (X)S.M.L lengkap dengan nuansa jepang yang disuguhkan. Selain itu, oden juga merupakan salah satu makanan hits dari Jepang yang disantap saat musim dingin tiba.

Onigiri

Onigiri yang berarti nasi kepal merupakan nama untuk makanan Jepang berupa nasi yang dipadatkan dengan membentuk segitiga. Secara tradisional, onigiri diisi dengan acar, salmon, mentaiko (telur ikan pollock), katsuobushi (serpihan ikan bonito yang tipis) yang berada di tengah-tengah nasi. Onigiri bisa dinikmati tanpa sumpit atau bisa langsung dimakan dengan tangan.


Awalnya onigiri digunakan sebagai cara untuk memanfaatkan nasi yang tersisa. Namun kini onigiri populer ada di mana-mana. Banyak toko serba ada dan supermarket Jepang yang menyediakan onigiri dengan berbagai isian rasa. Menjadi makanan hits dari Jepang, kini onigiri telah menjadi makanan yang sangat populer di dunia, salah satunya di Indonesia yang kini turut menjajakan onigiri di beberapa toko dan supermarket.

Sambil menyaksikan peragaan busana dari (X)S.M.L, pengunjung dapat merasakan kenikmatan dari setiap gigitan pada onigiri yang disajikan. Terdapat 3 varian onigiri yang dihidangkan diantaranya onigiri dengan saus mentaiko salmon (dari telur ikan pollock), onigiri smoke salmon yang menghadirkan rasa smokey dan onigiri dengan unagi (ikan sidat dari Jepang mirip belut).

Fruit Candy

Fruit candy merupakan permen buah yang ditusuk-tusuk layaknya sate kemudian dilapisi dengan gula cair. Terdiri dari berbagai macam buah, diantaranya anggur hijau, nanas, stroberi, dan jeruk baby. Fruit Candy disajikan sebagai salah satu dessert dalam beberapa deretan makanan hits dari Jepang yang disajikan pada pagelaran busana (X)S.M.L di Jakarta.


Memiliki bentuk yang cantik dari warna-warni buah yang menggoda, membuat fruit candy menjadi incaran pengunjung yang datang. Fruit candy memiliki rasa manis dan renyah pada bagian luar serta rasa asam manis dan empuk yang berasal dari buah pada bagian dalam.

Donat

Donat terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat dengan bentuk seperti cincin dan ada lubang ditengahnya. Namun pada pagelaran busana (X)S.M.L di Jakarta, disajikan donat berukuran mini dengan berbagai rasa sebagai dessert.


Masing-masing pengunjung dipersilakan untuk mencicipi donat mini dengan 5 varian topping. Terdapat topping cheese almond, matcha, stroberi, coklat dan tiramisu. Dapat dinikmati dengan satu kali suapan, donat mini memiliki rasa manis dan empuk yang menyatu dengan topping di atasnya.



Sambil menikmati makanan hits dari Jepang yang tersedia dilengkapi dengan nuansa ala Jepang, pengunjung dapat menyaksikan peragaan busana dari model-model yang melenggang di atas catwalk dengan 40 koleksi (X)S.M.L yang dipamerkan di Jakarta. Kali ini, (X)S.M.L mengusung konsep “Upcycled Fashion” menggunakan bahan-bahan seperti Kimono, Denim, Kulit dan Batik yang akan dikombinasikan melalui proses daur ulang. Salah satunya, kombinasi Batik dengan Kimono yang akan menyatukan antara dua kain yang kaya akan budaya, Kimono yang lekat dengan budaya Jepang dan Batik yang lekat dengan budaya Indonesia.

Baca juga : Fakta Menarik Mengenal Kimono, Pakaian Tradisional Jepang

Namun dalam proses mengkombinasikan kimono dan batik untuk koleksi terbaru (X)S.M.L terutama dalam pemilihan bahan dan motif hanya disesuaikan untuk tampilan natural look saja, tidak ditentukan secara spesifik dalam pemilihan motif batik. Hal ini sejalan dengan konsep upcycled fashion yang diusung. Yang mana bahan-bahan yang digunakan adalah kain-kain sisa yang sudah tidak terpakai. Kemudian kain-kain sisa tersebut disulap menjadi sebuah pakaian yang baru kembali. Dengan mengedepankan sustainability, setiap koleksi dibuat sesederhana mungkin tetapi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama dengan desain-desain yang unik dan menarik.

Nantikan juga keseruan bareng Dens.TV pada pagelaran (X)S.M.L di Dens Life&Style!


Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat