×

L O A D I N G

Tips Marinasi Agar Daging Empuk dan Bumbunya Meresap

Marinasi daging sudah dikenal sebagai salah satu langkah penting dalam mengolah. Marinasi merupakan sebuah proses merendam bahan makanan bersama dengan bumbunya. Melakukan marinasi dapat membuat daging menjadi lebih empuk karena dapat melunakkan tekstur protein pada daging dan memberikan cita rasa yang kuat serta membuat bumbu lebih meresap pada daging. Berikut tips marinasi daging menjadi lebih empuk!

Siapkan Bumbu Marinasi

Tips marinasi daging paling dasar adalah garam dan lada. Garam menjadi salah satu bumbu paling dasar yang selalu ada dalam berbagai teknik marinasi. Ketika daging dilumuri dengan garam, struktur protein dalam daging membuka celah kecil yang mengeluarkan cairan. Cairan ini akan meresap kembali ke dalam celah dalam daging bersama bumbu-bumbu marinasi yang ditambahkan. Hal ini dikarenakan fungsi utama garam dalam proses marinasi adalah membuat bumbu-bumbu lainnya terserap sempurna ke dalam daging.

Kecap asin juga bisa digunakan untuk alternatif marinasi pengganti garam. Hal ini dikarenakan kedelai dari kecap mengandung asam glutamat yang akan memperkuat rasa daging. Selanjutnya, membaluri permukaan daging dengan minyak akan membuat bumbu yang sudah dimarinasi akan makin keluar aroma beserta rasa khasnya jika bersentuhan dengan minyak.

Selain garam, bisa tambahkan bumbu marinasi daging lain untuk memberi efek rasa dan aroma. Bahan-bahan umumnya antara lain lada bubuk, gula, madu, bawang putih, wijen, dan sebagainya.

Sayat Daging Agar Bumbu Meresap

Tips marinasi daging kedua sebelum memberikan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, berikan sayatan-sayatan tipis pada beberapa bagian daging. Gunakan pisau untuk memberi sayatan pada permukaan daging. Cara ini dilakukan untuk memberikan celah yang lebih besar untuk membantu bumbu marinasi agar meresap lebih mudah ke dalam daging.

Selain membuat sayatan, bisa juga dilakukan dengan menusuk-nusuk permukaan daging dengan menggunakan garpu. Fungsinya sama yakni agar bumbu marinasi dapat lebih mudah menyerap melalui lubang-lubang pada permukaan daging sampai masuk ke bagian dalam daging. Selain itu dapat dilakukan juga dengan cara menggepuk daging, dengan cara memukul-mukul daging untuk membuat daging menjadi lebih empuk.

Hindari Wadah Berbahan Logam

Tips marinasi daging yang ketiga adalah melumuri daging dengan bumbu marinasi. Pastikan seluruh bagian daging terkena lumuran bumbu secara merata. Selanjutnya, bungkus daging yang sudah dimarinasi dengan plastik pembungkus makanan berbahan aman. Kemudian simpan daging yang sudah dimarinasi, bungkus daging harus tertutup agar bumbu meresap sempurna dan daging akan terasa lebih empuk.

Wadah berbahan logam sangat tidak dianjurkan sebagai wadah simpan marinasi karena kandungan logam dapat mengubah rasa daging yang dimarinasi. Gunakanlah wadah berbahan kaca, stainless steel, atau plastik ziplock. Pastikan bahan plastik yang aman untuk makanan, biasanya berbahan PE (Polietilena).

Diamkan dan Simpan Daging Marinasi di Lemari Es

Tujuan utama dari proses marinasi adalah untuk menambah cita-rasa ke seluruh bagian daging. Oleh karena itu, harus menunggu beberapa waktu agar bumbu marinasi benar-benar terserap ke seluruh bagian daging. Butuh waktu paling cepat 30 menit untuk menunggu bumbu marinasi meresap ke dalam daging.

Dalam rentang waktu tersebut, hal yang beresiko terjadi jika membiarkan daging berada di dapur atau tempat terbuka lain adalah membuka peluang bakteri berkembang pada daging yang telah dimarinasi. Jadi, tips marinasi yang terakhir yaitu simpanlah daging di lemari es dengan suhu di bawah 5°C. Karena bakteri tidak berkembang pada suhu tersebut. Selanjutnya berikan alas piring pada daging marinasi untuk mencegah kebocoran pada daging yang sudah dibungkus dengan plastik. Baca Juga: Cara Sederhana Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tetap Segar

Lamanya waktu marinasi relatif berbeda-beda tergantung jenis potongan daging yang digunakan. Untuk jenis potongan daging yang sudah bertekstur empuk seperti tenderloin atau sirloin, waktu 30 menit sudah cukup. Namun untuk potongan daging yang keras, perlu waktu 3 sampai maksimal 24 jam marinasi. Tetapi juga jangan biarkan proses marinasi terlalu lama karena berpotensi akan merusak tekstur daging dan membuat daging terlalu lembek.

Kesempurnaan marinasi yang berpadu dengan ketepatan eksekusi daging akan menghasilkan daging sapi yang benar-benar lezat. Yuk nonton ”Meat and Great : Meat Platter”  bersama chef Rayhan untuk mendapatkan tips marinasi daging.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat