×

L O A D I N G

Resep Japchae, Kreasi Sohun Tumis Khas Korea

By: Dens.TV Original Production

Japchae merupakan salah satu makanan khas Korea berupa sohun yang ditumis dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Japchae menjadi salah satu hidangan Korea paling populer. Resep japchae dibuat dari sohun berupa mie khusus berwarna bening seperti kaca bernama dangmyeon. Dangmyeon adalah sohun yang terbuat dari ubi jalar khas Korea yang memiliki tekstur kenyal dan lembut. Dangmyeon ditumis bersama banyak sayuran seperti wortel, jamur, bayam, paprika dan lain-lain. Kamu bisa mengkreasikan resep japchae sesuai selera dengan bahan-bahan yang ada. Yuk coba masak sendiri resep japchae di rumah!

Bahan:

250 gram Daging Sapi


300 gram Dangmyeon (Sohun Ubi)


1 buah Paprika Hijau. Potong Memanjang


1 ikat Bayam


1 buah Wortel besar. Potong serong balok


7 buah Jamur Kancing. Potong.


Daun Bawang secukupnya. Potong Bulat Tipis.


Bumbu Marinasi :

1 siung Bawang Putih. Cincang


1 sdm Kecap Asin


1 sdm Gula


1 sdm Minyak Wijen


1⁄2 sdt Lada Bubuk


Saus:

10 sdm Kecap Asin


9 sdm Gula


4 sdm Minyak Wijen


Biji Wijen Sangrai secukupnya


Cara membuat:

  1. Siapkan daging sapi. Potong daging menjadi tiga bagian. Potong kembali daging jadi potongan memanjang.
  2. Masukkan potongan daging ke dalam mangkuk. Marinasi dengan gula, lada bubuk, minyak wijen, kecap asin dan bawang putih. Aduk rata. Diamkan.
  3. Siapkan air dalam wajan. Tunggu hingga mendidih.
  4. Masukkan soun ubi. Rebus hingga tekstur sohun menjadi kenyal dan matang. Tiriskan.
  5. Panaskan wajan dan minyak wijen. Tumis wortel sebentar. Sisihkan. Tumis jamur kancing. Sisihkan. Tumis paprika hijau. Sisihkan. Lalu tumis sayur bayam. Sisihkan.
  6. Kemudian tumis daging yang sudah dimarinasi hingga mengeluarkan wangi harum dan matang merata. Sisihkan.
  7. Masukkan kecap asin, minyak wijen, gula ke dalam soun ubi yang sudah direbus. Aduk. Campurkan wortel, paprika hijau, jamur dan sayur bayam. Aduk rata.
  8. Sajikan Japchae di piring saji. Masukkan daging. Tambahkan daun bawang sebagai garnish. Taburkan biji wijen di atasnya.
  9. Japchae siap disantap!

Japchae kerap muncul dalam drama korea atau drakor. Bagi kamu pecinta drakor yang sudah tidak asing lagi dengan menu tersebut yuk kreasikan resep japchae sendiri di rumah. Kamu bisa saksikan tayangan resep japchae di “Secret Chef Season 2 Episode 9 : Comfort Food” yang akan tayang pada Sabtu, 9 Maret 2024 pukul 19.00 WIB dan ada tayangan ulang pada Jumat, 15 Maret 2024 pukul 11.00 WIB hanya di Dens Food Channel. Kamu bisa nonton VOD “Secret Chef” yang tersedia setiap Rabu.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat