×

L O A D I N G

Resep Viral Milk Bun Es Teler, Cocok sebagai Sajian Berbuka

By: @evisopiah_zv

Akhir-akhir ini kehadiran milk bun atau roti susu lembut asal Thailand viral di media sosial. Milk bun sekilas tampak seperti roti sobek pada umumnya. Hanya saja tampilan rotinya begitu lembut berisi krim susu dan diberi taburan bubuk putih di atasnya. Bubuk putih yang ditambahkan adalah susu bubuk untuk menambah rasa manis, gurih dan sensasi unik saat menyantap milk bun. Selain itu, milk bun juga bisa dikreasikan dengan tambahan es teler di atasnya. Resep milk bun es teler sangat cocok disajikan sebagai takjil untuk menu berbuka puasa. Penasaran dengan cita rasa dari resep milk bun es teler? Untuk kamu yang sudah menyaksikan tayangan live cooking Ngabuburit Yuk! Masak Asik Bareng Chef Nanda pada Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 14.00 WIB di Dens Food Channel, berikut resep milk bun es teler dari pemenang utama cooking challenge @evisopiah_zv yang bisa kamu coba di rumah. Yuk simak resep selengkapnya!

Bahan :

180 gram Tepung Terigu (protein tinggi)


75 gram Tepung Terigu (protein sedang)


4 gram Ragi Instan


20 gram Gula


18 gram Krim Kental Manis


20 gram Susu Bubuk


20 gram Whipped Cream Cair


38 gram Butter


4 gram Garam


80 ml Air Dingin


70 ml Susu Evaporasi


½ sdt Pasta Pandan


Diplomat Cream Alpukat:

200 ml Susu UHT


100 ml Susu Evaporasi


40 gram Krim Kental Manis Putih


20 gram Gula Putih


20 gram Tepung Maizena


2 butir Kuning Telur


10 gram Butter


300 gram Whipped Cream Cair. Kocok Kental.


100 gram Pure Alpukat


Topping Es Teler :

Gula Donat


Susu Bubuk


Alpukat


Nangka


Kelapa muda


Stroberi

Cara Membuat Milk Bun:

  1. Campur kedua tepung terigu, ragi, krim kental manis dan gula. Aduk rata. Tuang susu dan air dingin. Aduk hingga setengah kalis. Masukan butter, pasta pandan dan garam. Aduk kembali hingga adonan kalis. Diamkan selama 30 menit .
  2. Kempiskan adonan. Bagi adonan masing-masing berukuran 31 gram. Bulatkan adonan. Proofing selama 10 menit.
  3. Kempiskan dan bulatkan lagi. Tata adonan di loyang. Diamkan selama +/- 60 menit sampai adonan mengembang. Lalu oven selama +/- 20 menit hingga matang. Angkat lalu dinginkan.

Cara Membuat Diplomat Cream Alpukat:

  1. Campur tepung maizena, krim kental manis, gula dan kuning telur. Aduk rata.
  2. Hangatkan susu UHT dan susu evaporasi. Tuang beberapa sendok ke adonan diplomat cream. Aduk rata. Tuang ke sisa susu hangat. Aduk sampai mendidih. Masukkan butter. Aduk kembali. Tutup dengan plastik. Dinginkan.
  3. Kocok whipped cream dengan whisk hingga kental. Tuang adonan krim dan pure alpukat. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Isi roti milk bun dengan diplomat cream alpukat. Oleskan juga di atasnya. Lalu taburi dengan susu bubuk dan gula donat. Kemudian berikan potongan buah alpukat, nangka, kelapa muda dan stroberi sebagai topping es teler.
  5. Milk bun es teler siap dihidangkan!

Resep milk bun es teler menyajikan perpaduan tekstur roti yang lembut dengan kesegaran topping es teler yang cocok disajikan sebagai hidangan berbuka puasa. Yuk lihat juga “Resep Kari Ayam India dengan Roti Jala sebagai Menu Berbuka” dari Chef Nanda yang dibuat juga saat live cooking Ngabuburit Yuk! Masak Asik Bareng Chef Nanda di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat