×

L O A D I N G

Tips Berkarir di Dunia Esports untuk Menjadi Pro Player Sukses

Berkarir di dunia esports dan menjadi pro player banyak diidam-idamkan semua orang terutama bagi para gamer yang hobi bermain game online. Ternyata terdapat perbedaan antara pro player dengan gamer lho meskipun keduanya pemain game handal.

Pro player merupakan atlet esports profesional yang terikat kontrak pada suatu tim esports tertentu dan hanya memainkan satu game dengan genre tertentu karena untuk mengikuti kompetisi. Sedangkan gamer hanya bermain game berdasarkan hobi saja dan tidak terikat dengan tim esports tertentu dan tidak memiliki hak dan kewajiban untuk turun dalam kompetisi esports.

Selain itu pro player diharuskan untuk berlatih secara mental dan fisik untuk performa saat berkompetisi semakin maksimal. Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai karir menjadi atlet esports atau pro player handal.

Kuasai Salah Satu Genre Game

Langkah pertama untuk menjadi pro player yaitu harus bisa menguasai salah satu genre game yang akan nantinya akan difokuskan untuk berkompetisi. Ada 5 Game Populer Andalan Para Pro Player Saat Turnamen Esports di antaranya yaitu First Person Shooter (FPS), Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Battle Arena Online (BOA), dll.

Konsisten dalam Latihan Bermain Game

Setelah memilih genre dan game yang kamu suka selanjutnya yaitu harus berlatih dengan konsisten. Atur waktu dan buatlah jadwal latihan agar lebih memotivasi untuk lebih disiplin. Hal itu dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam bermain game. Menentukan strategi dan taktik permainan menjadi hal yang diutamakan dalam latihan.

Menjalin Relasi dengan Bergabung dengan Komunitas

Dalam komunitas kamu bisa berkenalan dengan gamer lainnya dan saling bertukar informasi sehingga mendapatkan wawasan yang bermanfaat dalam dunia game. Lebih banyak relasi lebih berpeluang untuk sedikit lebih dekat menjadi pro player. Selain itu melalui komunitas kamu bisa membentuk tim sendiri dan berlatih bersama.

Mampu Bekerja Sama dengan Tim

Untuk menjadi pro player diperlukan kerja sama tim yang baik karena itu menjadi kunci sukses dalam esports. Hal utama untuk membangun kerja sama tim adalah dari komunikasi dan kedisiplinan dari masing-masing individu.

Belajar dari Pemain Pro

Selanjutnya kamu bisa belajar mengenai dunia esports dengan melihat langsung pemain pro player bermain. Dengan menonton pertandingan esports kamu bisa belajar bagaimana taktik dan strategi yang digunakan para pemain profesional, serta perhatikan cara mereka berkomunikasi dengan tim.




Itulah beberapa tips untuk bisa berkarir di dunia esports dan menjadi pro player! Tentu tidak mudah dan butuh proses panjang untuk menjadi seorang atlet esports. Seperti seorang pro player Mobile Legends yaitu EVOS Clover yang telah menghadapi manis pahit dunia esports dan hambatan yang tidak terduga. Dengarkan kisah EVOS Clover dalam Podcast CURIGA "Curhat Bareng Renaga" yang akan ada di Dens.TV pada hari Jumat, 15 September 2023, pukul 19.00 WIB.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat