×

L O A D I N G

Peristiwa-Peristiwa Buruk Yang Terjadi Saat Friday The 13th

Asal usul terciptanya Friday the 13th ini yaitu dari perjamuan terakhir Yesus Kristus dan 12 muridnya pada Kamis Putih tepatnya malam sebelum penyaliban Yesus oleh tentara Romawi pada Jumat Agung. Pada saat itulah muncul takhayul Kristen akibat pengaturan tempat duduk di Perjamuan Terakhir yang memiliki 13 tamu di meja adalah pertanda buruk.

Sampai saat ini banyak masyarakat yang mempercayai mitos bahwa tanggal 13 di hari Jumat mendatangkan kesialan, nasib buruk, dan ketidak beruntungan. Bahkan hingga pernah ada peristiwa-peristiwa buruk yang terjadi saat Friday the 13th, berikut uraiannya.

Pemboman Istana Buckingham oleh Jerman

Pada hari Jumat tanggal 13 September 1940 tepatnya pada Perang Dunia II Istana Buckingham dihancurkan oleh Jerman melalui serangan bom. Pada saat itu, Istana Buckingham menjadi tempat tinggal Raja George VI dan Elizabeth The Queen Mother.

Lima bom dijatuhkan di beberapa titik istana yaitu dua bom meledak di dalam wilayah kerajaan, bom ketiga menghantam kerajaan di bagian selatan, bom keempat meledak di halaman depan dan yang bom terakhir di wilayah Queen Victoria Memorial. Bom tersebut tidak melukai Raja dan Ratu tapi hanya melukai beberapa pekerja istana.

Tragedi Jatuhnya Pesawat Angkatan Udara Chili di Andes

Selanjutnya ada tragedi jatuhya pesawat angkatan udara Chili di pegunungan Andes pada hari Jumat, 13 Oktober 1972. Pesawat ini mengangkut 45 penumpang dan sebanyak 12 penumpang tewas seketika, sedangkan penumpang lainnya selamat dengan luka-luka.

Namun tiga minggu setelah kecelakaan, beberapa penumpang yang selamat perlahan-lahan kehilangan nyawanya karena suhu udara di pegunungan Andes yang dingin dan longsoran salju. Tersisa 16 orang yang selamat dan mereka harus bertahan hidup dengan terpaksa melakukan kanibalisme terhadap mayat para penumpang lain yang sudah tewas.

Hingga akhirnya korban yang masih hidup berhasil diselamatkan pada tanggal 23 Desember 1972 setelah dua orang diantara mereka yaitu Nando Parrado dan Roberto Canessa memberanikan diri untuk mencari bantuan dengan mendaki puncak gunung setinggi 4.650 meter tanpa alat bantu.

Tenggelamnya Kapal Pesiar Mewah Costa Concordia di Italia

Kapal pesiar mewah Costa Concordia yang mengangkut lebih dari 4.229 penumpang ini tenggelam di wilayah Tuscan Pulau Giglio, Italia pada Jumat, 13 Januari 2023 yang diakibatkan karena kelalaian kapten kapal bernama Schettino.

Kronologi kejadian peristiwa tenggelamnya kapal pesiar mewah ini yaitu ketika sang kapten merubah rute pelayaran dengan alasan ingin memukau kekasihnya yang berada di kapal yang sama. Hal tersebut mengakibatkan kapal oleng ke kiri dan bagian bawah kapal menabrak karang.

Mirisnya kapten Schettino menyelamatkan dirinya terlebih dahulu dan meninggalkan penumpang sebanyak 300 orang yang kesulitan untuk menyelamatkan diri karena kemiringan kapal. Akibatnya dilaporkan sebanyak 32 penumpang tewas dan akhirnya kapten ditetapkan sebagai tersangka.


Mau dengerin kisah-kisah seru yang bikin merinding? Langsung aja ke Podcastis (Podcast Kisah Mistis) season 2 yang Rilis Tepat di Friday The 13th. Kalo penasaran gimana seremnya saat praktisi supranatural berinteraksi dengan arwah, kamu bisa nonton VOD nya di sini.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat